Wednesday, October 18, 2017

Tes Masuk Paskibraka 2018

Apa saja yang akan dites jika Saya mau jadi Paskibraka?
Setelah kemarin Ciko bagiin info bagaimana tahapan seleksi Paskibraka, sekarang Ciko akan memberitahu kalian Tes apa saja yang ada ketika kita mau jadi Paskibraka. Cekidot.


1. Tes Potensi Akademik (TPA)

Sama sepertia halnya ketika kita masuk ke Polri/Tni kita akan dites untuk mengetahui seberapa besar Potensi Akademik yang kita milikki, biasanya Tes Potensi Akademik yang ada di Paskibraka hanya mencakup 4 Mata pelajaran, dan sebagian besarnya adalah pelajaran saat kalian SMP. 4 Mata pelajaran itu sendiri adalah Matematika, Bahasa Inggris. Bahasa Indonesia, dan IPA. Ke 4 Mata pelajaran tersebut digabungkan dalam 100 soal, bila dibagi rata, permata pelajarannya ada 25 soal. 100 Soal itu berupa pilihan ganda dan kita diberikan waktu 120 menit untuk bisa menyelesaikan semua soal itu.

2.Psikotes
Kalian semua pasti tau apa itu Psikotes. Tes psikotes adalah sebuah jenis tes yang dilaksanakan oleh tim penguji atau psikolog. Tujuan dari tes psikotes adalah untuk mengetahui kondisi psikolog atau karakter seseorang. Pelaksanaan tes psikotes dilakukan biantara rentetan kegiatan seleksi pegawai atau karyawan. Dalam hal ini Paskibraka pun melakukan Tes ini kepada para calon Paskibraka, tes ini pun terdiri atas 100 soal yang harus kalian kerjakan hanya dalam 60 menit.

3. Tes Kesenian
Tes kesenian yang ada di Paskibraka yaitu Tes bakat dan kemampuan yang kalian milikki, kalian bebas memilih Bakat dan kemampuan apa yang kalian ingin tunjukkan kepada Testor nya sendiri, bisa bernyanyi, memainkan alat musik, beladiri, menari, dan sebagainya. Biasanya kalian akan dites Bakat dan kemampuan kalian dihadapan saingan-saingan kalian beserta Testornya sendiri. Disitulah mental kalian akan diuji.

4. Tes Fisik

Tes yang ketiga adalah Tes fisik, dimana tes ini adalah tes yang sangat menentukan sekali bagi kalian yang ingin masuk menjadi Paskibraka. Karena seorang Paskibraka harus memiliki fisik yang kuat agar dapat mengibarkan dan menurunkan Sang Merah Putih dengan selamat. Tes Fisik sendiri biasanya kalian akan dites kecepatan dan ketahanan lari kalian, maksudnya kalian akan dites seberapa cepat kalian bisa berlari dan seberapa lama kalian bisa berlari tanpa berhenti. Selain itu, Sit Up, Scout Jump dan Push Up pun tidak luput dari Tes fisik tersebut.

5. Pantauan Akhir
Pantauan Akhir atau sering disebut juga Pantohir biasanya dilakukan diakhir semua tes untuk meyakinkan para Testor apakah orang yang mereka pilih benar-benar sesuai dengan kriteria Paskibraka. Pantohir yang penulis alamipun sangat melelahkan dimana kita akan dites berdiri selama beberapa jam tanpa gerakan tambahan, ditambah aba-aba maju jalan, jalan ditempat, dan hormat grak tentu akan sangat melelahkan dan hanya siswa-siswa tertentu saja yang bisa kuat dalam Tes Pantohir ini. Tak sedikit siswa yang gagal pada saat melaksanakan Pantohir ini dikarenakan mereka Pingsan atau bahkan mengundurkan diri dengan sendirinya.

[Info Lomba Paskibra Indonesia]
Anda diundang untuk bergabung dengan sebuah Square LINE.
Join ya buat Share Info Lomba Paskibra di Seluruh Indonesia, Target 10 rb Anggota semoga tercapai, tinggal klik dan share link nya ya akang/teteh biar penyampaian informasi lombanya mudah hehe

Sekian Artikel tentang Tes Masuk Paskibraka yang Ciko bagikan, buat kalian yang mau tau bagaimana Tahapan Seleksi Masuk Paskibraka bisa mampir disini.
Jangan lupa Like dan Share ya akang teteh.


EmoticonEmoticon