Cara Mengetahui Situs/Blog Kita Mobile Friendly atau Tidak


Mobile Friendly adalah bahasa yang tidak asing lagi kini di kalangan para Blogger, seperti yang kita ketahui istilah Mobile Friendly Mengacu pada hal yang mendukung kenyamanan akses menggunakan Mobile/Handphone yang mencakup penyajian konten di website yang mendukung perangkat Mobile seperti Smartphone, tablet dan lainnya.

Intinya, mobile friendly yaitu blog/situs yang menampilkan konten bagi pengguna perangkat mobile dengan cukup baik, dan tidak ada batasnya pada kemampuan sebuah template blog/situs tersebut untuk merespon perangkat mobile saja.  

Tidak semua website responsif teruji dengan baik pada saat diakses melalui mobile.. Pada beberapa template Blogger khususnya, masih banyak yang cukup berat saat diakses via browser perangkat mobile. Karena itu, tidak heran bila sebagian pengguna Blogger lebih memilih menggunakan versi mobile daripada menggunakan template responsif dan mematikan fitur mobile version-nya.

Nah sekarang, kita kembali ke Tema Utamanya yaitu, Bagaimana Cara Mengetahui Situs/Blog Kita Mobile Friendly atau Tidak?

Caranya sangat mudah sekali.
  1. Pertama, silahkan kunjungi https://search.google.com/test/mobile-friendly?utm_source=mft&utm_medium=redirect&utm_campaign=mft-redirect
  2. Masukan URL Blog/Situs Anda pada Kotak yang disediakan.
    Jika sudah, klik Jalankan Pengujian.
  3. Proses akan memakan waktu beberapa detik.
  4. Jika Situs/Blog Anda Mobile Friendly maka tampilannya akan seperti ini.
  5. Jika laman Anda tidak Mobile Friendly, biasanya prosesnya sedikit agak lama dan memakan waktu sampai beberapa menit. 
  6. Dan ini contoh apabila laman Anda tidak Mobile Friendly.
Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang Anda bisa mengetahui apakah situs/blog Anda Mobile Friendly atau tidak, dan apabila masih belum Mobile Friendly, saya sarankan agar segera berganti menjadi Mobile Friendly, Sekian dan Semoga Bermanfaat, sampai bertemu lagi di artikel saya Selanjutnya yang insyaallah akan membahas Bagaimana cara membuat sebuat situs/blog menjadi mobile friendly.
Disqus Comments