Sunday, July 9, 2017

Cara Mengganti Logo dan Favicon di Blogspot

Logo dan Favicon blog mungkin adalah hal yang terlihat kecil bagi seorang pengunjung blog. Tapi bagi pemilik blog tersebut, logo dan Favicon blog sangat lah penting, karena kedua hal tersebut akan menjadi Ikon atau ciri khas blog mereka masing-masing. Sebuah blog yang memiliki icon dan favicon yang unik dapat menarik perhatian pengunjung karena blog yang mereka kunjungi terlihat lebih profesional. Karena itu, jelas mengganti logo dan favicon menjadi kewajiban tersendiri bagi kalangan blogger, khususnya pemula.

Di artikel kali ini saya akan share Cara Singkat Mengganti Logo dan Favicon di Blogspot. Tapi sebelumnya, kita kenali apa perbedaan Logo dan Favicon di blogspot?

Saya sendiri menyebut logo adalah gambar atau icon utama yang ada di sebuah blog, biasanya ada di bagian Header blog. Sedangkan Favicon adalah icon kedua yang biasanya ukurannya lebih kecil dari logo dan akan terlihat di dekat address bar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat kedua gambar di bawah ini.


Sudah mengerti kan perbedaan dua hal tersebut? Nah sekarang kita akan lanjut ke tutorial cara mengganti Logo dan Favicon di Blogspot. Simak tutorialnya di bawah ini:

Cara mengganti Favicon
  1. Masuk ke Dashboard lalu pilih tata Letak.
  2. Klik edit pada bagian Favicon, dan klik Choose File untuk memilih gambar mana yang ingin kalian jadikan Favicon. Ukuran file Favicon harus kurang dari 100kb dan berbentuk Square (Persegi) ya.
  3. Jika sudah, klik Simpan lalu Simpan setelan.
  4. Selesai
Cara mengganti logo Blog
  1. Masuk ke Dashboar lagi, lalu pilih tata letak.
  2. Kali ini, klik edit pada bagian Header.
  3. Seperti biasa, klik Choose File dan silahkan cari gambar yang ingin dijadikan Logo Blog Anda. Jika sudah ketemu, klik Simpan. Jangan lupa ceklis pada bagian 'Susutkan Agar Sesuai' agar ukuran logo Anda disesuaikan secara otomatis dengan header Anda.
  4. Jika sudah, klik Simpan dan Simpan Setelan.
  5. Selesai.
Nah itu dia Cara Mengganti Logo dan Favicon di Blogspot. Anda bisa mengganti keduanya berapa kalipun, tapi saran saya jangan terlalu sering, karena jika terlalu sering mengganti logo atau favicon, itu tidak mencerminkan blog Anda sebagai blog yang Profesional. Sekian artikel kali ini, Semoga bermanfaat dan jangan ragu bertanya pada kolom komentar jika masih ada yang kurang dimengerti.
Bagikan Artikel Ini :

Dapatkan Artikel Terbaru dari Seciko ID

Gratis setiap harinya dengan cara tekan CTRL+D atau Masukan email Kamu di sini:

Cari Artikel Menarik Lainnya di Seciko ID

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

0 komentar: