Friday, July 7, 2017

Cara Menonaktifkan Auto Update dan Menghemat Kuota di Windows 10 Pro



Di artikel kali ini saya akan share cara menonaktifkan Auto Update dan Menghemat Kuota di Windows 10 Pro. Kebetulan saya tidak lama ini baru-baru saja mengupdate windows 7 ultimate ke Windows 10 Pro. Banyak sekali perubahan yang saya rasakan, dan harus saya akui Kinerja windows 10 lebih baik daripada windows 7. Namun ada satu hal yang membuat saya kaget, kebetulan saya menggunakan Hotspot dari Hp saya ke Pc untuk bisa terkoneksi dengan Internet. Sejak menggunakan Windows 10, kuota di HP saya sangat boros. Bahkan yang biasanya hanya menghabiskan sekitar 200MB perhari kini sampai 2Gb perhari. Apa yang terjadi?

Saya sempat mencoba mengubah pengaturan yang ada di menu Setting windows 10 itu sendiri, namun hasilnya tetap saja sama. Saya sempat berfikir untuk mendowngrade windows 10 saya ke windows 7 kembali karena merasa putus asa dengan kuota saya yang semakin sini semakin boros. Sampai akhirnya saya mencoba untuk browsing di bang google, dan ternyata ada beberapa pengaturan yang harus kita ubah agar kuota kita di windows 10 bisa hemat.

Hal yang menyebabkan kuota boros ketika memakai windows 10 adalah fiture Auto Update Windows yang disediakan oleh Microsoft. Sebenarnya hal itu bukanlah masalah bagi pengguna Indihome, namun bagi saya yang menggunakan Hotspot dari HP tentu masalah besar. Seperti yang kita ketahui, update windows tidak hanya membutuhkan kuota 100-200mb saja, bahkan bisa lebih banyak dari itu.

Karena itu, sekarang saya akan share cara Menonaktifkan Auto Update dan Menghemat Kuota di Windows 10 Pro. Berikut Langkah-langkahnya:

Cara Pertama:
  1. Klik Windows, lalu masuk ke menu setting. Pilih Update & Security
  2. Klik Advanced Options
  3. Klik Choose How Updates Are Delivered
  4. Jadikan Off
  5. Selesai
Cara Kedua
  1. Klik WIndows lalu Search 'Service' dan klik 'View Local Service'
  2. Cari 'Windows Update' lalu klik kanan, dan klik Stop.
  3. Klik kanan lagi Windows Update, lalu klik Properties, ubah Start Up type menjadi Disable.
  4. Selesai
Nah itulah dia cara Menonaktifkan Auto Update dan Menghemat Kuota di Windows 10 Pro. Perlu diketahui bahwa Microsoft sekarang menempatkan windows 10 sebagai layanan dan bukan software. Itu berarti bahwa microsoft akan selalu mengupdate windows 10 begitu telah rilis update selanjutnya. Untuk menginstal window 10 terbaru, akan membutuhkan Update-an sebelumnya. Karena itu, tips dari saya bagi kalian yang merasa memiliki kuota yang berlimpah tidak perlu menonaktifkan fiture Auto Update ini agar Windows 10 kalian tetap aman dan nyaman ketika digunakan. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Bagikan Artikel Ini :

Dapatkan Artikel Terbaru dari Seciko ID

Gratis setiap harinya dengan cara tekan CTRL+D atau Masukan email Kamu di sini:

Cari Artikel Menarik Lainnya di Seciko ID

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

0 komentar: