Tuesday, August 8, 2017

Cara Cepat Mendapatkan Sitelinks di Hasil Pencarian Google dengan Mengganti Kode Navigasi


Sebelum masuk ke Tutorial Cara Cepat Mendapatkan Sitelinks di Hasil Pencarian Google, saya akan coba menjelaskan sedikit pengertian dari Sitelinks itu sendiri. Sitelinks merupakan hasil pencarian yang mempunyai karakter yang berbeda. Maksudnya, apaabila kita mengetikan keyword/kata kunci tertentu (Biasanya nama di web atau blog itu sendiri) akan muncul web atau blog yang dimaksud dalam urutan paling atas dan ada beberapa link yang ditampilkannya seperti link menuju halaman 'About', 'Privacy Policy', 'Kontak', dan lain-lain.

Blog saya sendiri baru berhasil mendapatkan Sitelinks dari google setelah berumut 10 bulan. Mungkin blogger yang lainnya bisa mendapatkan lebih cepat dari saya. Saya sendiri sebenarnya belum terlalu mengerti bagaimana caranya bisa mendapatkan sitelinks dari google. Namun berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya mendapatkan Sitelinks dari google setelah satu hari yang lalu mengganti Script atau Kode Navigasi yang ada di blog saya.

Pertanyaannya, apa fungsi dari sitelinks sendiri dan apa keuntungan bagi sebuah blog apabila sudah memiliki Sitelinks dari google? Saya akan coba menjawabnya. Apabila situs Anda berhasil mendapatkan minimal 2 sitelinks dari google maka kesempatan blog Anda mendapatkan pengunjung akan semakin besar. Selain itu, sitelinks pasti akan menarik perhatian pengunjung, apalagi jika situs Anda berada di urutan pertama saat dimasukan kata kunci tertentu, hal tersebut akan membuat situs Anda terlihat lebih Profesional.

Ada banyak sekali cara agar bisa mendapatkan Sitelinks di Hasil pencarian google. Namun yang akan saya share kali ini adalah cara yang saya dapatkan dari pengalaman sendiri dan cara ini telah saya terapkan dan berhasil. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca tutorialnya di bawah ini.

Pengalaman Pribadi
Seperti judulnya, cara pertama ini saya dapatkan dari pengalaman Pribadi saya, saya tidak menjamin cara ini bisa berhasil di blog agan-agan semua. Tapi di blog saya sendiri langsung berhasil setelah satu hari menerapkan cara ini, silahkan simak tutorialnya di bawah ini.
  1. Pertama, saya sarankan agan-agan untuk Back Up template blognya terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Selanjutnya, di halaman Dashboard Blogspot, klik Tema dan klik Edit HTML
  3. Cari kode navigasi pada blog Anda, contohnya seperti di bawah ini.
    <nav id='main-nav' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/SiteNavigationElement' role='navigation'>
    <div class='menu-main-nav-container'>
    <ul class='menu' id='menu-main-nav'>
    <li class='menu-item current-menu-item'><a href='/'><i class='fa fa-home'></i>Kyher ID</a></li>
    <li class='menu-item'><a href='#'>Pelajaran<i aria-hidden='true' class='fa fa-angle-down'></i></a>
    <ul class='sub-menu'>
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/matematika?&max-results=8'>Matematika</a></li>
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/indonesia?&max-results=8'>Bahasa Indonesia</a></li>
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/pkn?&max-results=8'>PKN</a></li>
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/sejarah?&max-results=8'>Sejarah</a></li>
    </ul>
    </li>
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/pengetahuan umum?&max-results=8'>P. Umum</a></li>
    <li class='menu-item'><a href='https://kyher.blogspot.com/p/kontak.html'>Kontak</a></li>
    <li class='menu-item'><a href='https://kyher.blogspot.com/p/tentang-saya.html'>Tentang Saya</a></li>
    <li class='menu-item'><a href='#'>Partner<i aria-hidden='true' class='fa fa-angle-down'></i></a>
    <ul class='sub-menu'>
    <li><a href='http://www.cikoapk.blogspot.com'>Ciko Apk ID</a></li>
    <li><a href='http://www.seciko.id'>Seciko ID</a></li>
    </ul>
    </li>
    </ul>
    </div>
    </nav>
  4. Sudah ketemu kode Navigasinya? Nah apabila kode navigasi di blog agan-agan mirip atau gayanya sama seperti kode navigasi di atas, maka kode navigasi tersebut harus diganti dengan gaya yang baru. Jangan khawatir, tampilan dari navigasi di blog agan tidak akan rusak kok. Kenapa harus diganti? Setelah saya coba dalami, ternyata kode navigasi tersebut tidak berhasil saat dicoba di Alat Pengujian Data Terstruktur. Maksudnya tidak berhasil, di Alat Pengujian Data Terstruktur tersebut hanya membaca bahwa di blog Anda berisi Navigasi tapi tidak dengan link yang ada pada navigasi tersebut,
  5. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat hasil pengujian data tersturktur di bawah ini.
    Di gambar tersebut hanya terbaca ada elemen Navigasi namun tidak disebutkan ada link apa saja yang ada pada navigasi tersebut. Karena itu agan harus ganti Navigasinya, caranya lirik di langkah ke 5.
  6. Nah sekarang agan tinggal ganti Kode navigasi agan dengan cara menambahkan kode itemprop='url'> setelah Url pada navigasi Anda, dan tambahkan kode <span itemprop='name'> sebelum Nama dari tampilan Url navigasi Anda dan jangan lupa di tambah kode </span> di belakang nama dari tampilan Url navigasi Anda.
  7. Untuk lebih jelasnya saya akan berikan contohnya seperti di bawah ini.
    Saya akan ganti kode :
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/matematika?&max-results=8'>Matematika</a></li>Dan hasilnya jadi seperti ini :
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/matematika?&max-results=8'itemprop='url'><span itemprop='name'>Matematika</a></li></span>Dan apabila saya ganti kode :
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/indonesia?&max-results=8'>Bahasa Indonesia</a></li>maka hasilnya akan seperti di bawah ini:
    <li><a href='https://kyher.blogspot.com/search/label/indonesia?&max-results=8'itemprop='url'><span itemprop='name'>Bahasa Indonesia</a></li></span>

    Menurut asumsi saya, penambahan kode tersebut berfungsi agar google dapat memahami yang mana saja bagian dari URL pada navigasi Anda, dan apa saja namanya.
  8. Nah sekarang ubah semua link yang ada di navigasi Anda dengan cara di atas, jika sudah dilakukan semuanya tinggal klik Simpan Template Anda, dan silahkan cek di Alat Pengujian data Terstruktur, maka seharusnya tampilan Elemen Navigasi pada blog Anda akan seperti di bawah ini.
  9. Selanjutnya agan tinggal nunggu deh sampai google mengekstrak semua Url pada blog agan, pengalaman saya sih, sitelinks langsung muncul setelah satu hari melakukan cara ini.
Saya tidak menjamin blog agan akan mendapatkan sitelinks yang sama dengan blog saya dalam waktu satu hari setelah memasang trik ini, tapi tidak ada salahnya jika dicoba, Semoga Bermanfaat! Jangan sungkan bertanya apabila ada yang kurang atau sulit dipahami, karena saya adalah blogger awam dan memang harus diakui cukup sulit untuk bisa menjelaskan sebuah tutorial melalui Media tulisan, Sampai jumpa!
Bagikan Artikel Ini :

Dapatkan Artikel Terbaru dari Seciko ID

Gratis setiap harinya dengan cara tekan CTRL+D atau Masukan email Kamu di sini:

Cari Artikel Menarik Lainnya di Seciko ID

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

Ditulis oleh:

0 komentar: