Sunday, August 20, 2017

Daftar Insiden Tak Terduga Paskibraka ini Membuktikan Bahwa Menjadi Paskibraka itu Tidak Mudah!

Tugas yang mungkin terlihat mudah dilaksanakan oleh orang-orang awam namun sebenarnya Tugas ini cukup berat dan tidak semua orang bisa melakukannya. Yap, tugas itu adalah tugas mengibarkan Sang Merah Putih ke Tiang tertinggi di Tanah air tercinta ini. 'Paskibraka', kata itu lah yang biasanya terlintas pada pikiran kita ketika mendengar kata '17 Agustus', 'Bendera', dan 'Merah Putih'. Paskibraka lah yang biasanya ditunjuk untuk mengemban tugas yang mulia tersebut yaitu Mengibarkan Sang Merah Putih pada tanggal 17 Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia.

Di bawah ini, saya sebutkan daftar Insiden Tak Terduga yang pernah dialami Paskibraka pada saat bertugas dari Tahun ke tahun, semoga semua ini bisa dijadikan pelajaran bagi Generasi Penerus Paskibraka yang lain agar lebih serius dan semangat dalam berlatih. Menjadi Paskibraka hanyalah 1 hari yaitu pada tanggal 17 Agustus saja, selebihnya kalian adalah purna dan sebelumnya kalian adalah capaska, karena itu manfaatkan momen tersebut untuk mengerahkan semua kemampuan yang kalian miliki untuk Indonesia Tercinta.
  1. Peci Tersangkut pada saat Proses Pengibaran (Sitinji, Kabupaten Dairi, Kamis 17 Agustus 2017)
    Kejadian ini terjadi pada tahun 2017, Peci seorang paskibraka tersangkut hingga lebih dari setengah tiang dan akhirnya terjatuh setelah cukup lama bendera dihembus oleh Angin. Hal ini terjadi karena Kain Bendera tersangkut pada Pin garuda yang ada di Peci sang Paskibraka Tersebut.
  2. Paskibraka Pingsan Setelah Gagal Mengibarkan Bendera (Lapang Pagelaran, Kab. Cianjur, Kamis 2017)
    Awalnya, semua proses pengibaran berjalan dengan baik. Namun pada saat pelaksanaan pengibaran, terjadi kesalahan teknis yaitu Tali dan Katrol pada tiang Bendera tidak berfungsi sehingga Bendera tidak bisa naik. Hingga akhirnya, bendera pun hanya dikibarkan secara simbolis dengan cara dipegang ke empat ujungnya oleh 4 Paskibraka di Kecamatan Pagelaran.
  3. Bendera Terbalik (Manokwari, Provinsi Papua Barat, 17 Agustus 2010)
    Peristiwa ini terjadi pada tahun 2010, dimana Bendera yang berusaha dikibarkan oleh para Paskibraka ternyata terbalik pada saat Proses Pengibaran di Manokwari, Provinsi Papua Barat. Hal ini pun membuat Gubernur Papua Barat pada saat itu menjadi Kecewa.
  4. Sepatu Lepas (Bima, Nusa Tenggara Barat)
    Salah satu Paskibraka terlepas sepatunya pada saat Proses Pengibaran Bendera Merah Putih di Bima, Nusa Tenggara Barat. Tapi walaupun begitu, hal ini tidak mengganggunya. Paskibraka tersebut terus fokus hingga proses Pengibaran Bendera Merah Putih selesai.
  5. Paskibraka Hampir Jatuh (Istana Negara, 2014)
    Kejadian ini terjadi pada saat Proses Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara, salah satu Paskibraka hampir saja jatuh karena menginjak kakinya sendiri.
  6. Paskibraka Pingsan (Binjai, Sumatera Utara, 2014)
    Kejadian ini sama sekali tidak diduga oleh siapapun, salah satu Paskibraka di Binjai, Sumatera Utara ini Pingsan saat Bendera Merah Putih belum dikibarkan di Binjai, Sumatera Utara 2014 lalu.
Itulah beberapa Daftar Insiden Tak Terduga Paskibraka Saat Mengibarkan Bendera. Semua insiden diatas bukanlah bahan tertawaan, tapi bahan pelajaran bagi kita semua. Menjadi Paskibraka bukanlah hal yang mudah. Karena itu, kita harus tetap menghargai mereka. Semoga semua insiden itu tidak terulang lagi dan bisa dijadikan pelajaran oleh para Pelatih maupun Paskibraka yang akan mendatang. Terimakasih, semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon