Tuesday, August 22, 2017

Konfilk atau Masalah yang Sering Terjadi di dalam Organisasi Ekstrakurikuler Sekolah dan Cara Mengatasinya

Pada artikel kali ini, saya akan share kembali artikel tentang Ekstrakurikuler. Seperti yang kita ketahui, di setiap organisasi sering terjadi permasalahan-permasalahan yang dapat membuat sebuah organisasi tersebut menjadi tidak jalan atau bahkan bisa menjadi bubar. Tidak terkecuali pada Ekskul di sekolah. Sebelum kita masuk ke konflik atau masalah yang sering terjadi di dalam sebuah ekskul, saya akan jelaskan dulu apa itu arti dari sebuah konflik dalam sebuah Organisasi.

Konflik dalam organisasi berarti sebuah masalah yang ditimbulkan dalam sebuah organisasi karena perbedaan pendapat, perbedaan sumber daya yang mereka dapatkan, dan perbedaan posisi yang ada dalam sebuah organisasi tersebut.

Untuk Perbedaan Pendapat mungkin tidak usah saya jelaskan lebih jauh lagi karena saya yakin para pembaca semua pasti sudah paham perbedaan pendapat yang ada  di sebuah organisasi, dan biasanya perbedaan pendapat itupun terjadi karena kedua pihak ingin memberikan yang terbaik untuk organisasi tersebut.


Perbedaan sumber daya maksudnya adalah setiap orang yang ada dalam sebuah organisasi pasti memiliki tugas dan kegiatan yang berbeda seperti yang sudah di setujui dari awal, hal ini terkadang membuat kecemburuan pada salah satu pihak yang merasa tidak terperhatikan.

Sedangkan untuk perbedaan Posisi sudah jelas, seperti yang kita ketahui di dalam sebuah organisasi terdiri beberapa Struktur keanggotaan yang di dalamnya ada seorang ketua, sekretaris, bendahara dan lain-lain. Hal tersebut pun bisa memicu datangnya konflik karena terkadang seorang anggota kelompok merasa iri kepada teman dalam satu organisasinya memiliki posisi yang lebih baik di dalam organisasi tersebut.


Selain beberapa penyebab di atas, di bawah ini saya tuliskan beberapa macam penyebab konflik yang ada dalam sebuag organisasi.

  1. Situasi dimana sebuah tujuan tidak berhasil dicapai.
  2. Peralatan dan Sumber daya tidak sesuai.
  3. Perbedaan Pendapat.
  4. Adanya aspirasi yang tidak diperhatikan atau tidak dianggap.

Ke empat penyebab dan contoh konflik di atas saya ambil dari beberapa masalah yang terjadi pada organisasi pada umumnya, nah kali ini saya akan coba tuliskan beberapa penyebab yang biasanya menjadi masalah di ekstrakurikuler di Sekolah. Penyebab masalah yang ada di ekstrakurikuler sekolah ini sedikit berbeda dengan yang saya tulis di atas, berikut beberapa penyebab dan contoh konflik tersebut.

  1. Masalah Individu
    Setiap orang mungkin memiliki masalah individunya masing-masing, namun apabila masalah individu itu terjadi pada dua orang yang ada dalam sebuah organisasi, hal tersebut akan sangat berbahaya. Akan terjadi banyak perbedaan pendapat dan bisa dipastikan organisasi tidak akan bisa berjalan jika kedua orang yang bermasalah tersebut belum menyelesaikan masalahnya atau belum keluar dari organisasi tersebut. Masalah individu yang sering terjadi di kalangan Anak Ekstrakurikuler sekolah biasanya adalah Pacaran dengan teman se-organisasi.
  2. Adanya status senioritas
    Senioritas sangat sering terjadi di Organisasi manapun, sebenarnya status senioritas ini memiliki banyak sisi positif diantaranya adalah mengajarkan sopan santun kepada orang yang lebih tua dan mengajarkan kedisiplinan. Namun sayangnya hal ini sering kali disalah artikan oleh para Anggota Ekskul di sekolah dan sering menjadi penyebab awal terjadinya sebuah konflik.
  3. Konflik antar individu dan kelompok
    Hal ini seringkali terjadi pada saat sebuah kelompok sering menghadapi tekanan-tekanan dengan cara individu agar mencapai konformitas yang ditekankan pada mereka.
  4. Percintaan
    Nah kasus ini sering kali tejadi pada ekskul di sekolah, tidak sedikit orang-orang yang masuk kedalam sebuah organisasi justru jatuh cinta pada teman se-organsisasinya. Masalahnya adalah, dalam kalangan Anak sekolah, hubungan yang akan mereka jalin masih rawan karena anak sekolah kebanyakan masih kurang dewasa. Sehingga apabila terjadi konflik diantara keduanya, akan sangat berbahaya apabila dibawa-bawa ke dalam organisasi tersebut. Maka tak aneh apabila ada organisasi yang biasanya melarang anggotanya berpacaran dengan teman se-organisasinya.

Nah itu di atas saya tuliskan beberapa penyebab dan masalah yang biasanya terjadi dalam sebuah ekskul, bagaimana cara mengatasinya? Oke saya akan berikan beberapa tips cara menyelesaikan Maslah yang sering terjadi di Ekstrakurikuler tersebut.

  1. Mengeluarkan Unek-unek dan berbicara saat Mengalami kesulitan
    Jika ada sebuah masalah yang Anda rasakan di dalam organisasi, jangan ragu untuk membicarakannya kepada rekan organisasi Anda, dengan begitu rekan Anda akan membantu Anda dalam menyelesaikan Masalah yang Anda alami tersebut.
  2. Menghindari kesulitan dalam sementara Waktu
    Jika Anda menemukan kesulitan yang sangat sulit dihadapi, ada baiknya Anda melupakannya untuk sementara waktu, karena apabila dipaksakan, hal tersebut akan menjadi beban untuk Anda dan Kesulitan tersebut tidak akan bisa diatasi dengan baik.
  3. Menahan Amarah
    Jika Anda merasa ingin meledakan amarah kepada rekan atau bawahan Anda dalam sebuah organisasi cobalah untuk menundanya sampai esok hari dan cobalah menyibukkan diri sendiri sampai akhirnya amarah tersebut hilang dengan sendirinya. Karena pada nyatanya, sebuah kemarahan hanya akan membuat Anda terlihat seperti orang tolol dan bisa dipastikan Anda akan menyesal karena amarah yang Anda ledakan tidak membuat keadaan menjadi lebih baik.
  4. Memilih Menjadi Pengalah yang baik
    Berpegang teguhlah pada diri sendiri, apabila Anda merasa ada di pihak yang benar maka tetaplah tenang. Dan apabila Anda terbukti bersalah maka harus berani menerima kesalahan tersebut. Bahkan apabila Anda memang benar-benar berada pada pihak yang benar, akan lebih mudah jika Anda memilih untuk mengalah.
  5. Jangan menganggap diri terlalu Super
    Keluarkan semua kemampuan Anda untuk tugas yang telah Anda dapatkan saat ini, walaupun Anda yakin Anda bisa menyelesaikan banyak tugas. Tetaplah fokus pada tugas pribadi Anda terlebih dahulu. Jangan percaya bahwa Anda bisa mendapatkan Kesempurnaan karena kesempurnaan hanya milik Tuhan.
  6. Bersedia memenangkan orang lain
    Jika kita bisa menerima orang lain sebagai pemanang maka sebenarnya kita telah memenangkan diri sendiri. Selain itu, orang yang kita menangkan pun tidak akan merasa terancam karena Ia telah Anda menangkan walaupun sebenarnya Ia terkapar kalah. Jika hal itu terjadi, maka Ia akan berhenti menjadi ancaman untuk kita. Karena pada dasarnya kerja sama adalah unsur mutlak yang wajib ada dalam sebuah organisasi.

Nah itulah artikel Konfilk atau Masalah yang Sering Terjadi di dalam Organisasi Ekstrakurikuler Sekolah dan Cara Mengatasinya. Ingatlah bahwa organisasi bagaikan susunan organ tubuh, apabila ada satu yang cacat maka akan menghambat banyak hal dan dapat membuat organisasi tersebut tidak berjalan. Terimakasih, semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon