Cara Membuat Artikel Blog dengan Lebih dari 300 Kata agar SEO


Menulis sebuah artikel adalah modal dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Blogger awam atau pemula. Namun harus diketahui, ternyata membuat Artikel tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pada saat membuat artikel kita harus bisa fokus pada satu Judul atau Tema artikel yang sedang kita buat, dan seharusnya kita harus sudah paham benar akan apa yang sedang kita bahas di artikel tersebut.

Dalam dunia blogger, menulis artikel adalah hal yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun harus diakui, membuat sebuah artikel di blog bisa terbilang cukup sulit, apalagi sekarang telah diketahui bahwa Artikel yang direkomendasikan untuk mendaftar Google Adsense harus setidaknya berisi 300 kata atau lebih. Hal ini menjadi masalah tersendiri untuk beberapa blogger pemula karena tidak mudah untuk menulis artikel sepanjang itu.

Contohnya ketika kita ingin menulis Artikel tentang sebuah "Tutorial" atau sebuah "Cara" untuk melakukan sesuatu seharusnya bisa kita tulis dalam waktu yang singkat karena Tutorial tersebut biasanya hanya berisi beberapa Step atau langkah saja (Bila langsung dituliskan langkah-langkahnya). Namun para blogger harus bisa membuka pikirannya agar bisa membuat artikel tersebut menjadi terisi dengan lebih banyak kata agar tidak melanggar kebijakan Google Adsense.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan coba share bagaimana cara membuat Artikel Blog dengan Banyak Kata dan Lebih dari 300 kata. Ini adalah cara saya sendiri, dan mungkin para blogger lainnya punya caranya masing-masing, jadi jangan lupa saling berbagi ya...

Cara Membuat Artikel Secara Umum:
  1. Tentukan Tema
  2. Tetapkan Tujuan Penulisan
  3. Rumuskan ide Pokok
  4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan isi artikel
  5. Buat kesimpulan
Ke 5 hal di atas adalah Langkah-langkah Membuat Artikel Secara Umum, dan para blogger setidaknya harus bisa melakukan ke 5 hal di atas saat akan membuat sebuah artikel. Namun sayangnya, apabila hanya mengandalkan ke 5 hal di atas, biasanya artikel yang kita buat hanya akan berisi beberapa paragraf saja, nah kali ini saya akan coba share beberapa tips yang saya miliki saat akan Membuat Artikel di Blog, silahkan disimak.

Tips Tambahan Membuat Artikel untuk Blog
  1. Awali dengan Kalimat Pembuka
    Maksudnya, Anda harus bisa membuat kalimat atau sebuah paragraf yang isinya full tentang sebuah pembukaan. Tidak selalu harus berupa Paragraf Utama, tapi bisa juga diisi oleh ucapan Selamat Datang kepada pembaca dan sebagainya. Contoh kalimat pembuka yang saya tulis di artikel ini ada pada paragraf pertama di artikel ini.
  2. Jangan terburu-buru masuk ke dalam inti pembahasan
    Jangan terlalu cepat masuk ke dalam inti pembahasan artikel yang sedang Anda buat. Contohnya apabila Anda ingin membuat Artikel tentang "Cara Membuat Blog" Jangan langsung masuk ke dalam inti pembahasan yaitu "Cara Membuat Blog", tapi cobalah dengan menambahkan bumbu-bumbu artikel lainnya seperti membahas "Apa itu blog?" dan sebagainya, sehingga artikel yang Anda buat akan semakin panjang.
  3. Ajak Pembicara Berdialog dengan Anda.
    Anda harus bisa berdialog dengan para Pembaca, ajak pembaca larut dengan obrolan yang Anda sajikan pada Artikel yang sedang Anda buat. Sama sepertinya hal yang sedang saya lakukan sekarang, Tanpa Anda sadari, sekarang Anda telah membaca kata yang ke 482 pada artikel ini (Lewat 300 kata). Padahal Cara Pembahasan Artikel Blog dengan Banyak Kata dan Lebih dari 300 Kata yang saya beri hanya berisi beberapa langkah saja hehe...
  4. Buatlah Kesimpulan
    Sama seperti cara membuata Artikel secara umum, Anda harus bisa membuat sebuah kesimpulan setelah membuat artikel panjang lebar, setidaknya pada kalimat kesimpulan tersebut, para pembaca bisa memahami maksud dan tujuan dari Artikel yang sedang Anda buat, dan jangan lupa juga sampaikan Kata-kata penutup.
Nah ke empat tips di atas adalah cara yang saya lakukan saat sedang membuat Artikel di blog saya. Mungkin agan-agan blogger yang lain punya caranya sendiri, silahkan share di kolom komentar agar kita bisa berdiskusi bareng-bareng. Terimakasih, Semoga bermanfaat! Salam newbie!
Disqus Comments