Wednesday, September 6, 2017

Cara Mengatasi Situs Terdeteksi Pengalihan Seluler Tersembunyi (Pengalaman Pribadi)


Kaget sekali rasanya ketika blog kita tiba-tiba hilang di hasil pencarian google. Hal tersebut terjadi ketika Blog Anda tiba-tiba terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi padahal Anda yakin bahwa blog Anda tidak melanggar kebijakan google web master sedikitpun. Itulah yang baru saya alami beberapa minggu ini. Blog ini tiba-tiba menghilang dari hasil pencarian google dikarenakan terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi, padahal saya yakin blog saya tidak melanggar sedikitpun kebijakan google web master.

Hal tersebut sangat mengganggu blog saya yang sedang berkembang, pasalnya sebelum hal itu terjadi, blog saya baru saja memiliki Site Links di google untuk pertama kalinya setelah kurang lebih mengurus blog selama 10 bulan. Hal yang membanggakan tersebut lenyap begitu saja ketika situs saya terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi.

Sama seperti blogger lainnya, ketika mendapatkan masalah yang cukup rumit saya langsung mengandalkan google dan mencari penyebab serta cara mengatasi Pengalihan Seluler Tersembunyi. Hasil pencarian mengatakan bahwa blog yang terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:
  1. Menambah / Membuat Kode Pengalihan Seluler Tersembunyi dengan Sengaja.
  2. Menggunakan script terutama script iklan yang mengalihkan pengguna seluler ke situs yang tidak diinginkan. (Saya sebelumnya menggunakan script iklan yllix dan langsung dihapus karena terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi)
  3. Seorang Peretas menambahkan script ke blog Anda dan membuat pengalihan seluler tersembunyi ke situs yang tidak diinginkan.
Ketiga hal tersebutlah yang pada umumnya membuat sebuah situs terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi.

Hasil pencarian pula mengatakan bahwa cara mengatasi blog yang terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi adalah sebagai berikut:
  1. Hapus seluruh script iklan / script yang menurut Anda menjadi penyebab terdeteksinya pengalihan seluler tersembunyi di blog Anda.
  2. Perbaiki laman error yang terdeteksi pada Google Web Master Anda baik versi desktop maupun Smartphone.

    jika yang terdeteksi adalah Error 404, yang saya lakukan adalah mengalihkan link yang terdeteksi laman error 404 ke laman feeds blog saya sendiri. Jika sudah, hapus satu persatu link tersebut di menu google indeks pada laman Google Web Master, dan tandai sebagai sudah diperbaiki
  3. Jika kedua hal di atas telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah pada menu google web master, klik "Perayapan" lalu klik "Ambil sebagai Google" pada Desktop. Lalu klik Ambil dan Render lalu lanjutkan dengan klik "Minta Pengindeksan".
  4. Langkah yang terakhir adalah dengam Meminta Tinjauan kembali, caranya silahkan klik "Lalu Lintas Penelusuran" dan klik "Tindakan Manual", akan ada tulisan berwarna merah yang bertuliskan "Meminta Tinjauan". Setelah mengklik "Meminta Tinjauan", Anda diharuskan mengisi sebuah form mengenai langkah-langkah yang telah Anda lakukan untuk mengatasi pengalihan seluler tersembunyi di blog Anda, tuliskan secara rinci sesuai langkah-langkah yang Anda lakukan.

    Jika sudah, klik "Meminta Tinjauan". Dan selesai, Anda tinggal menunggu balasan dari Google mengenai tindakan yang telah Anda lakukan, permintaan meminta tinjauan Anda bisa saja ditolak ataupun diterima, sesuai kebijakan google.
Untuk situs saya sendiri pun sebenarnya saya kurang tahu kenapa situs saya bisa terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi, dan jujur saja saat mengatasinya tidak se simpel cara di atas, saya telah berkali-kali mengajukan Permintaan Peninjauan kembali namun selalu ditolak bahkan lebih dari 5 kali.

Segala cara telah saya lakukan bahkan berulang-ulang kembali namun hasilnya tetap sama yaitu ditolak. Sampai akhirnya saya mencoba lagi melakukan hal yang sama dan saat mengisi form mengenai tindakan yang saya lakukan, saya tulis se rinci-rinci nya dan alhamdulillah, sekarang permintaan peninjauan kembali situs saya telah diterima dan sekarang situs saya tidak lagi terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi.

Berikut beberapa foto saat proses permintaan tinjauan saya dari pertama kali ada peringatan pengalihan seluler tersembunyi yang terdeteksi, lalu permintaan tinjauan kembali yang ditolak, sampai permintaan tinjauan kembali yang disetujui.






Permintaan yang disetujui


Kunci utama dari cara Mengatasi Situs yang Terdeteksi Pengalihan Seluler Tersembunyi adalah kesabaran, bisa Anda lihat bahwa situs saya hilang di laman pencarian google selama 2 minggu lebih dan saya terus - terusan meminta tinjauan kepada google sampai beberapa kali dan akhirnya disetujui, jadi jika Anda mengalami masalah yang sama seperti saya, kuncinya adalah kesabaran. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon