Arti dari Motto Paskibra "Tidak Takut Salah, Tidak Takut Kalah, Tidak Takut Mati..."

Hai akang dan teteh, ketemu lagi nih sama artikel seciko hehe, pada artikel kali ini saya akan share Arti dari Moto Paskibra atau Janji Suci Anak Paskibra. Untuk anak Paskibra sendiri atau siswa yang mengikuti ekskul Paskibra di sekolahnya seharusnya sudah tau Isi dari moto Paskibra itu sendiri. Namun tak jarang dari siswa-siswa tersebut yang sampai saat ini masih belum mengetahuinya, padahal motto ini bisa dijadikan sebagai dasar atau acuan anak atau siswa tersebut dalam bertingkah dan berperilaku layaknya anak paskibra pada umumnya.

Sebelum masuk ke Arti dari Motto Paskibra sendiri, ada baiknya kita ingat kembali apa isi dari Motto Paskibra sendiri, Nah apabila Akang/Teteh yang sedang membaca artikel inipun masih belum mengetahui Motto Paskibra, berikut saya tuliskan motto Paskibra atau Janji Paskibra di bawah ini.

Paskibra itu...
Tidak Takut Salah!
Tidak Takut Kalah!
Tidak Takut Jatuh!
Tidak Takut Mati!
Takut Mati Jangan Hidup!

Takut Hidup? Mati Sekalian!

Jika Ada Seribu, Kami Adalah Satu!
Jika Ada Seratus, Kami Tetap Satu!
Jika Ada Sepuluh, Kami Yakin Tetap Satu!
Jika Ada Satu, Ya! Itulah kami!

Nah sekarang sudah ingat kan isi dari moto Paskibra? Moto di atas hanyalah sebuah tulisan yang tidak bermakna apabila kita sebagai Anak Paskibra tidak tahu arti dan maksud dari tiap kalimat yang tertulis di Moto Tersebut, nah karena itu Saya akan coba mengartikan Kalimat demi Kalimat yang tercantum dalam Moto Paskibra di atas, Pengertian ini murni menurut pendapat saya sendiri, apabila menurut Akang dan Teteh ada yang perlu dikoreksi atau perlu ditambahkan jangan ragu untuk Berdiskusi di kolom komentar ya, agar Adik-adik Paskibra kita kelak tahu arti dan maksud dari tiap-tiap Kalimat yang ada di Moto Paskibra Tersebut. Baiklah, silahkan Akang dan Teteh simak Arti dari Motto Paskibra menurut pendapat saya sendiri di bawah ini.

Paskibra itu...
1. Tidak Takut Salah!

Arti dari kalimat ini maksudnya Bukan berarti anak paskibra tidak takut melakukan kesalahan. Jutstru, kalimat ini berarti kita sebagai Anak Paskibra harus berani bertindak dan berani mengambil resiko. Contoh yang bisa kita ambil misalnya pada saat pelajaran dikelas, guru bertanya sebuah pertanyaan kepada seorang siswa, nah apabila siswa tersebut mengingat dan mengaplikasikan motto paskibra dalam dirinya, seharusnya tanpa ragu siswa tersebut berani menjawab pertanyaan Sang Guru  sesuai pendapatnya dan alasannya mengapa memilih jawaban tersebut. Saya sengaja menggaris bawahi kalimat 'sesuai pendapatnya dan alasannnya'. Mengapa? Karena yang dimaksud dari Tidak Takut Salah adalah, kita harus berani bertindak dan melakukan sesuatu yang menurut kita itu adalah hal yang Benar! Dan tentu saja harus beralasan, mengapa kita bisa mengganggap sesuatu itu Benar. Lain halnya ketika kita menganggap suatu hal yang menurut kita benar namun kita tidak memiliki alasan mengapa kita menganggap hal itu benar. Hal tersebut sama saja seperti kita membernarkan sesuatu yang salah, dan hal tersebut bukan Arti dari Kata Tidak Takut Salah yang dimaksud dalam Motto Paskibra!

2. Tidak Takut Kalah!

Masih sama seperti pada nomer 1, kita sebagai anak paskibra harus berani mengambil resiko dan salah satunya adalah menerima kekalahan. Tapi ingat, jangan pernah mengaku kalah sebelum berperang. Itu bukan sifat seorang anak paskibra! Kalimat ini bisa kita aplikasikan dalam kegiatan Lomba Paskibra. Biasanya, bagi seorang siswa yang baru pertama kali mengikuti lomba sering kali down duluan atau mengeluh sebelum tampil di lapangan karena melihat pesaingnya yang lebih baik dari pasukannya. Hal ini hampir dirasakan oleh semua anak paskibra yang baru pertama kali turun lomba termasuk saya sendiri. Namun ingat, hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk berhenti atau tidak jadi tampil di lapangan! Tunjukkan dulu apa yang kita punya dan kita bisa dilapangan, setelah itu, Kalah Atau Menang tidak terlalu Penting. Karena yang Penting kita telah mencoba dan bisa mengukut berapa jauh kemampuan Pasukan kita, sehingga jika kalah, kita tinggal berlatih lebih giat lagi agar bisa menang di lomba kemudian hari!

3.Tidak Takut Jatuh!

Kalimat ini bisa diaplikasikan dalam diri sendiri maupun organisasi dan dimanapun kita berada. Kenapa? Karena penulis yakin semua orang termasuk pembaca sendiri pasti mengalami yang namanya Jatuh. Jatuh dalam artian berada dalam posisi yang tidak diharapkan seperti ditinggalkan kekasih, mendapatkan nilai jelek, gagal masuk Sekolah Favorit dan sebagainya. Nah biasanya, setelah mengalami jatuh, seseorang akan merasa dirinya sangat buruk sekali, menyesal atau bisa juga murung karena meratapi kesalahannya yang membuat dirinya sendiri terjatuh. Tapi, Anak Paskibra tidak boleh seperti itu, karena ingat, Tidak Takut Jatuh adalah salah satu motto kita, karena itu apabila kita sedang Jatuh, kita tidak boleh terlarut dalam Kesedihan. Ingat, saat Kamu Jatuh, hanya ada dua pilihan yang kamu punya. Bangkit? Atau Terus Jatuh? Anak Paskibra harus pilih Bangkit!

5. Tidak Takut Mati, Takut Mati Jangan Hidup. Takut Hidup Mati Sekalian!
Mengapa Kita harus takut mati? Kematian hanyalah proses untuk menuju kehidupan kita yang kedua. Dalam Agama Islam diejalaskan bahwa Ada kebangkitan setelah kematian. Jika Saya, Kamu dan Semua orang akan mati, kenapa kita harus takut mati? Yang membuat kita takut sebenarnya bukanlah kematian, justru kehidupan setelah kematian yang dimana disitu akan ada hari pembalasan atas amal dan dosa yang telah kita perbuat di dunia. Karena itu, sebagai anak paskibra tidak boleh fokus pada urusan duniawi. Biasakan sempatkan waktu untuk sholat saat sedang berlatih dan terapkan di kehidup sehari hari. Kita harus menyiapkan banyak amal-amalan soleh agar kelak di hari pembalasan, amal baik kita lebih banyak dari pada dosa yang telah kita perbuat.

6. Jika Ada Satu, Ya! Itulah Kami!
Kata-kata ini harus bisa menjadi acuan untuk seluruh Anak Paskibra. Sengitnya persaingan di tiap ajang perlombaan seringkali membuat sebuah jarak antar tiap satuan Paskibra. Hal ini harus kita hindarkan, Rivalitas hanya di dalam Lapangan. Diluar itu, semua Paskibra tetap satu! Karena tugas kita yang sesungguhnya bukanlah memenangkan piala pada saat Perlombaan. Tapi sesuai namanya Yaitu Pasukan Pengibar Bendera, yang berarti tugas kita semua sama yaitu harus mengibarkan bendera Merah Putih dan menurunkannya dengan selamat.


Nah itu dia Arti Motto Paskibra menurut Pendapat saya sendiri, bagaimana, Akang dan Teteh setuju dengan pendapat saya atau memiliki pendapat yang lain? hehe...
Sekian untuk artikel kali ini, jangan lupa di share jika merasa artikel ini bermanfaat. Terimakasih.
Disqus Comments