5 Tips dan Cara yang Bisa dilakukan Untuk Menarik Perhatian Audiens saat Presentasi

5 Tips dan Cara yang Bisa dilakukan Untuk Menarik Perhatian Audiens saat Presentasi


Selama ini kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki rasa percaya diri saat melakukan presentasi, baik itu dihadapan kolega, mahasiswa, masyarakat maupun dosen. Alhasil, presentasi yang diberikan menjadi kurang menarik perhatian audiens karena cara penyamapaian yang salah, jika sudah seperti ini maka anda sendirilah yang akan mengalami kerugian.

Agar presentasi anda berjalan dengan sukses, maka dibawah ini ada 5 kunci rahasia yang sengaja kami kupas dan berikan untuk anda agar bisa menarik perhatian audiens saat presentasi :

Penampilan Fisik harus meyakinkan
Kesan awal atau biasa disebut fresh impression sangatlah penting. Orang menilai dariapa yang terlihat dan menempel pada kita. Baju, celana, sepatu, jas bahkan potongan rambut akan audiens nilai. Mengapa? karena, jika pakaian kita tidak meyakinkan (kotor, lusuh), sepatu kita dekil dan potongan rambut kita berantakan akan menyebkan audiens ilfeel. Jika sudah seperti itu, pasti audiens tidak ingin melihat kamu, bahkan mereka ingin segera keluar dari tempat kamu presentasi. Menyedihkan bukan?. Tapi jika kamu tampil sebaliknya, audiens akan segan dan ingin berlama-lama mendengarkan Anda.

Senyum, Salam, dan Sapa Audiens
Senyum, Salam, dan Sapa atau biasa disebut 3S Merupakan sebuah cara agar audiens welcome kepada kita. Hal tersebut mencerminkan diri yang ramah dan penuh kasih. Dengan seperti itu audiens semakin yakin bahwa anda adalah pembicara yang sangat luar biasa.

Puji Audiens
Pujian merupakan kebutuhan setiap manusia. Manusia yang normal sangat senang jika dipuji. Begitupun audiens. Oleh sebab itu, pujilah audiens. Misalnya: kalian luar biasa, kalian hebat, saya senang bias bertemu dengan kalian.

Materi presentasi harus sesuai dengan kebutuhan audiens
Materi yang baik adalah yang menyesuaikan dengan kebutuhan audiens. Materi yang tidak dibutuhkan audiens cenderung akan ditolak mentah-mentah, maka sia-sialah kita. Jika audiens nya anak muda maka materinya pun harus sesuai dengan passion mereka, begitupun anak-anak dan orang tua.

Jangan Diam Tapi bergeraklah.
Kebanyakan pembicara yang jam terbangnya kurang akan gugup, bahkan kikuk saat berhadapan dengan audiens. Biasanya dia akan diam disatu tempat, yang menurutnya aman untuk menutupi rasa malunya tersebut. Kaku, tak bergerak. Padahal itu sikap yang salah. Walaupun kita gugup, kita harus berani melawan rasa gugup tersebut. Caranya adalah kamu harus mulai bergerak mendekat ke audiens, kesisikanan, kiri, dan tengah. Hal tersebut dilakukan agar audiens pun merasa diperhatikan oleh pembicara.

Itulah 5 Kunci rahasia Agar presentasi mu lebih menarik, dan tentunya disukai oleh audiens. Teruslah upgrade dirimu, karena keberhsilan sebuah presentasi berbanding lurus dengan jam terbang, semakin banyak jam terbang, maka semakin hebatlah dirimu.

Penulis : Rachma Wibowo

Share Artikel:

Artikel Pilihan:

Disqus Comments