Kiat - Kiat dan Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional 2018

Kiat - Kiat dan Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional 2018



Ujian Nasional merupakan moment penentu dari kelulusan di sekolah. Ujian nasional seringkali ditakuti oleh siswa yang akan menghadapi ujian tersebut. Pendidikan yang selama ditempuh bisa dikatakan gagal atau tidak lulus jika tidak mampu menghadapi ujian nasional jika siswa tersebut tidak mempersiapkan dengan matang, sehingga dia harus mengulang ujian tersebut dengan ketentuan yang berbeda.

Berbagai cara dan usaha ditempuh seperti belajar sampai malam, kesana-kesini mencari les untuk belajar tambahan. Sehingga uang, waktu, dan tenaga ia korbankan untuk mencapai kelulusan dalam ujian nasional. Namun usaha itupun bukan penentu keberhasilan, masih banyak usaha yang dilakukan namun tetap saja gagal dikarenakan tidak efektif dalam mengelola usahanya.

Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk meraih kesuksesan tersebut? Berikut ini kiat-kiat sukses untuk menghadapi kesuksesan. Yang harus kamu lakukan adalah :

1. Tanamkan niat dan bersungguh-sungguh
Niat dan bersungguh-sungguh  merupakan modal terbesar dan langkah utama dalam meraih kesuksesan menggapai tujuan yang akan kita capai. Sering kali seseorang meraih kegagalan dikarenakan dia kurang niat dan tidak beraungguh-sungguh dalam menggapai impiannya tersebut. Sama halnya dengan mencapai kesuksesan dalam ujian nasional, menghadapi ujian nasional perlu ada niat yang kuat dan bersungguh-sungguh dalam menghadapinya.

2. Memfokuskan diri
Seringkali kita sulit memfokuskan diri untuk mempersiapkan ujian nasional, karena mungkin kita masih asik kepada aktivitas-aktivitas yang rutin kita lakukan. Namun ketidak fokusan akan menjadi penghambat kita untuk mempersiapkan diri menuju ujian nasional. Hal tersebut berdampak kita kurang maksimal mempersiapkannya. Sehingga mau tidak mau, jika kita ingin hasilnya memuaskan maka kita harus berkorban mengurangi aktivitasnya untuk memfokuskan diri dalam menghadapi ujian masional.

3. Percaya diri dan optimis
Jika pada awalnya kita tidak yakin akan kemampuan kita menggapai kesuksesan, maka kemungkinan besar kita akan mengalami kegagalan. Karena ke optimisan kita meraih kesuksesan akan mempengaruhi usaha kita, jika kita dari awal sudah tidak yakin maka usaha kita sudah tidak maksimal. Oleh karena itu mainset kita perlu dirubah, yang dari awalnya tidak yakin dan pesimis dirubah menjadi percaya diri dan optimis. Hal tersebut bisa ditimbulkan dengan cara kita yakin bahwa kita bisa dan tidak ada yang tidak mungkin didunia ini selama tuhan berkehendak.

4. Tentukan yang harus dipersiapkan
Ketika menghadapi ujian nasional, kita akan merasakan kebingungan jika belum menentukan hal apa saja yang perlu kita siapkan. Ketidakjelasan itu membuat kita terumbang-ambing oleh tindakan yang akan kita lakukan. Oleh maka itu perlu ada kejelasan hal apa saja yang perlu kita siapkan dan yang perlu kita kerjakan. Informasi ini bisa kita dapatkan dari guru yang berkaitan dengan ujian nasional seperti guru matapelajaran yang terdapat di ujian. Guru yang bersangkutkan akan mengarahkan kita apa yang perlu dipersiapkan dan apa yang harus dilakukan kedepannya.

5. Memanajemen waktu
Agar aktivitas harian dan waktu persiapan belajar ujian nasional tidak rancau, tentu perlu ada manajemen waktu yang baik. Dengan manajemen waktu, kita mampu menentukan kapan kita harus belajar dan kapan kita melakukan aktivitas lainnya. Hal itu juga membuat waktu lebih efektif dan tidak terbuang sia-sia. Setelah memanajemen waktu, kita perlu konsisten oleh waktu yang sudah kita tentukan, karena manajemen waktu akan sia-sia jika kita tidak konsisten oleh kegiatan yang akan kita lakukan sesuai dengan waktu yang relah kita tentukan.

6. Disiplin belajar dan menyusun strategi belajar
Ketidak disiplinan dalam belajar merupakan pertanda kegagalan berlajar, karena pada awalnya kesuksesan akan didapatkan seseorang dalam belajar. Begitu pula dengan ketidaksiplinan menandakan kita tidak bersungguh-sungguh, ketidakdisiplinan ini salahsatunya menunda-nunda belajar dan ketidak seriusan dalam belajar. Selain kedisiplinan belajar, kita juga perlu menentukan strategi yang tepat dalam belajar agar proses belajar menjadi baik dan efektif.

7. Berlatih dengan soal-soal
Berlatih soal mampu meningkatkan kemampuan kita memahami cara menjawab pertanyaan dan membiasakan menjawab soal-soal. Oleh maka itu dalam belajar perlu sering-sering menjawab soal-soal yang berkaitan dengan ujian nasional.

8. Berdoalah
Setelah usaha yang telah kita lakukan dan yang telah kita persiapkan, perlulah kita berusaha yang terakhir yaitu dengan berdoa. Karena apapun usaha yang kita lakukan tentu hasilnya yang menentukan adalah Tuhan, oleh maka itu kita harus berdoa agar hasil dari usaha yang kita lakukan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Apapun hal yang terjadi itu semuanya ada campur tangan Tuhan didalamnya.

Begitulah kiat-kiat kesuksesan yang bisa kita persiapkan untuk menghadapi ujian nasional 2018. Jadi kesimpulannya yaitu kita perlu mempersiapkan dengan baik untuk hasil yang baik juga, karena kesuksesan itu tergantung seberapa keras kita berusaha.

Penulis : Rachma Wibowo


Share Artikel:

Artikel Pilihan:

Disqus Comments