Tahukah Anda? Mulai Hari ini, UC Browser Resmi Dihapus dari Google Play Store, Ini Penyebabnya...

Tahukah Anda? Mulai Hari ini, UC Browser Resmi Dihapus dari Google Play Store, Ini Penyebabnya...

Mengejutkan sekali, tiba-tiba saja UC Browser dihapus dari Playstore. Belum diketahui aplikasi ini akan dihapus secara permanent atau sementar. Seorang pengguna Twitter yang mengaku bekerja di UC browser dilaporkan menerima email yang mengkonfirmasikan bahwa aplikasi tersebut "dihapus dari play store selama 30 hari karena menggunakan metode promosi yang menyesatkan dan tidak aman untuk meningkatkan Instalasi aplikasi tersebut di Smartphone setiap orang.

Penghitungan ini sesuai dengan postingan Reddit sang pendiri Polisi Android Artem Russakovskii yang merinci email yang diterima beberapa hari yang lalu dari UC Union, jaringan iklan dan afiliasi UCWeb. Dalam Email tersebut, ditujukan untuk mitra periklanan, menguraikan bahwa perusahaan "melarang setiap dan semua metode periklanan yang menyesatkan / berbahaya untuk mendapatkan pengguna baru saat mempromosikan kampanye UC Browser."

Waktu email tersebut tampaknya menunjukkan bahwa afiliasi UC Web tertentu telah menggunakan iklan yang menipu untuk meningkatkan unduhan Browser UC. Mengingat pengumuman Google baru-baru ini, hal ini juga berlaku di Chrome, tidak mengherankan jika hal ini juga diterapkan ke tautan Play Store.

Baik Google dan UC Web belum mengomentari masalah ini.

Pada kenyataannya (14/11): UC Browser untuk Android nampaknya telah diturunkan dari Google Play Store. Versi mobile-friendly dari browser web tampaknya hilang tanpa jejak sebelum hari ini, hanya beberapa minggu setelah aplikasi mencapai 500 juta unduhan di Google Play Store.

Untuk Anda yang belum mengetahuinya, UC Browser dikembangkan oleh UCWeb, yang dimiliki oleh Grup Alibaba China. Selain menjadi alternatif yang sangat populer untuk Google Chrome di wilayah asalnya, Browser UC memiliki basis yang sangat besar di India.

Sementara Chrome telah mengembalikan sebagian dominasinya, kembali pada bulan Juni, UC Browser menjadi browser mobile favorit India dan pada satu titik menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar. Selain itu, ini adalah aplikasi Android keenam yang paling banyak didownload di India.

UCWeb juga mengklaim bahwa pengguna India menghasilkan 100 juta pengguna aktif bulanan dari seluruh dunia, dengan angka yang terakhir dilaporkan mencapai 420 juta, per laporan dari 2016. Akibatnya, penghapusannya merupakan langkah mengejutkan untuk sedikitnya orang . Ini juga akan menghasilkan sejumlah pertanyaan kunci, terutama: mengapa hal itu dihapus setelah sekian lama dan setelah banyak unduhan?

Hilangnya UC Browser pertama kali terlihat oleh netizen berwajah elang di Reddit, dan penggunanya memiliki teori yang menarik.

Laporan mulai berputar-putar pada bulan Agustus yang mengklaim UC Browser memiliki kebiasaan yang agak buruk untuk mencuri data pengguna sensitif yang kemudian dikirim kembali ke server jarak jauh di China tanpa izin pengguna. Sebagai bagian dari investigasi keamanan data yang meluas, pejabat pemerintah India menyatakan bahwa aplikasi UC Browser terus mengumpulkan data ini setelah dikeluarkan, menurut laporan Times of India.

UC Browser telah mendapat sorotan mengenai masalah keamanan data di masa lalu. Pada tahun 2015, periset Kanada mengklaim bahwa versi bahasa China dan bahasa Inggris dari UC Browser "dibuat dengan mudah tersedia untuk informasi pribadi pihak ketiga seperti lokasi, rincian pencarian, dan nomor pelanggan dan perangkat seluler."

Banyak poster Reddit yang menangani penghilangan tak terduga dari Browser UC tampaknya berpikir bahwa tuduhan baru-baru ini harus disalahkan, karena diperkirakan aplikasi tersebut dapat dilarang di India jika tuduhan tersebut menahan air.

Saat ini tidak ada bukti untuk mengkonfirmasi atau menolak kecurigaan ini. UCWeb sebelumnya telah membantah melakukan kesalahan, dengan menyatakan bahwa pihaknya "tidak akan melakukan apapun untuk melanggar kepercayaan pengguna kami" dan bahwa hal itu akan membawa "keamanan dan privasi dengan sangat serius."

Pasti ada lebih banyak cerita dari ini dan kami akan terus mengawasi semua kata resmi mengenai masalah ini. Sementara itu, perlu dicatat bahwa UC Browser Mini, sebuah aplikasi alternatif yang dibuat untuk perangkat yang kurang kuat, masih ada di Play Store.

Share Artikel:

Artikel Pilihan:

Disqus Comments