Tempat Wisata Menarik, Edukatif dan Bersejarah Di Kota Cirebon

Tempat Wisata Menarik, Edukatif dan Bersejarah Di Kota Cirebon



Selamat datang di Kota Cirebon. Kota ini biasa disebut dengan Kota Udang ataupun Kota Wali. Disebut kota udang karena Cirebon terkenal dengan pantai utaranya (pantura) dan populer dengan olahan udangnya. Disebut kota wali karena dikota ini menjadi tempat bersejarah datangnya Sunan Gunung Djati yang menyebarkan Ajaran Islam, sehingga Islam semakin berkembang dikota ini. Selain dua hal di Atas, ternyata Cirebon juga menyimpan banyak tempat wisata yang edukatif dan bersejarah. Apa saja ? inilah tempat wisata edukatif dan bersejarah yang ada di Kota Cirebon.

1. Gua Sunyaragi
Jika kamu datang ke Kota Cirebon kamu wajib datang ke tempat ini. Gua sunyaragi merupakan konsep akulturasi budaya Indonesia dan China. Kata Sunyaragi memiliki arti sunya= sunyi, dan ragi= raga, yang artinya tempat mensunyikan raga (meditasi). Jika, kamu memiliki masalah, mungkin tempat ini dapat menjadi solusi untuk menenangkan  pikiran. Harga tiket masuknya Rp. 10.000 buka dari Jam 08.00-16.00 WIB.

2. Masjid Sang Cipta Rasa
kurang lengkap rasanya jika kamu tidak datang ke tempat ini. Selain menjadi destinasi wisata religi, masjid ini pun penuh dengan pendidikan moralnya. Masjid ini menjadi saksi sejarah tempat berkumpulnya ulama untuk mendiskusikan masalah umat. Masjid ini juga memiliki 9 Pintu, yang menandakan hadirnya wali songo di Tanah Jawa. Jika, kamu masuk melalui pintu-pintu tersebut, kamu harus membungkuk sebagai bentuk penghormatan kepada rumah Allah.

3. Keraton Kanoman
Keraton kanoman menjadi keraton cikal bakalnya peradaban kesultanan Cirebon, sebelum akhirnya pecah menjadi keraton kasepuhan, kacirebonan dan keprabon. Keraton ini menjadi saksi sejarah berkembangnya Islam ditanah Cirebon. Disini kamu bisa melihat benda-benda bersejarah seperti Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana. Semuanya masih terawatt dan terjaga dengan baik.

4. Keraton Kasepuhan
Banyak orang bilang, keratin ini menjadi keratin termegah yang ada di Kota Cirebon. Selain terawat, tempat ini juga tidak pernah sepi dari pengunjung. Didalamnya terdapat benda-benda pusaka dan lukisan-lukisan milik kerajaan yang berdiri sejak tahun 1500.an.

Itulah tempat wisata edukatif dan bersejarah yang wajib kamu kunjungi, jika kamu berada di Kota Cirebon. Silahkan dishare jika bermanfaat dan selamat liburan!

Cari juga : taman wisata siwalk cirebon, cirebon tempat menarik, tempat wisata cirebon dan kuningan, waterboom siwalk cirebon, wisata pantai kejawanan kota cirebon jawa barat, taman wisata goa sunyaragi cirebon kota cirebon, jawa barat 45132, bukit gronggong cirebon, wisata kuningan terbaru, peta wisata kuningan, wisata bukit panembongan,


Penulis : Rachma Wibowo

Share Artikel:

Artikel Pilihan:

Disqus Comments