Cara Menambah atau Menghilangkan WWW di URL / Alamat Blogspot melalui Webmaster Tools

blogger seo short code tutorial


Sebenarnya tak ada yang spesial dari WWW pada sebuah blog atau situs. Itu hanya tergantung pada selera pengguna blog saja. Pengguna blog bisa mengganti situsnya menjadi www ataupun tanpa www dalam hal ini saya menyebutnya www dan non-www. Keduanya tidak ada yang lebih baik dari segi SEO, sekali lagi itu hanya selera dari pengguna blog.

Nah sebelum masuk ke tutorial cara menambah atau menghilangkan WWW di sebuah blog, ada baiknya sobat memahami dulu apa sih maksunya www dan non-www itu? Maksud dari www dan non-www adalah Anda harus menentukan domain pilihan Anda yang nantinya akan digunakan untuk mengindeks laman dari situs Anda. Link dapat mengarah dengan baik ke situs Anda dengan menggunakan www maupun non-www (contoh: http://www.seciko.id dan http://seciko.id). Domain pilihan tersebut nantinya akan digunakan untuk situs Anda dan akan ditampilkan dalam hasil penelusuran.


Setelah Anda memilih domain pilihan Anda, Pihak google akan menggunakan informasi tersebut untuk menggapai situs Anda dan untuk semua penyegaran indeks di masa mendatang. Contohnya, jika Anda menentukan bahwa domain pilihan Anda adalah http://www.seciko.id dan Google menemukan tautan ke situs Anda dengan format http://seciko.id, Google akan mengikuti tautan tersebut sebagai http://www.seciko.id. Selain itu, Google pun akan mempertimbangkan preferensi Anda saat menampilkan URL. Jika Anda tidak menentukan domain pilihan, Google akan dapat memperlakukan versi domain www dan non-www sebagai referensi yang terpisah untuk laman yang terpisah.
Anda harus memverifikasi kepemilikan versi domain www dan non-www Anda. Karena menyetel domain pilihan memengaruhi perayapan dan pengindeksan, Google perlu memastikan bahwa Anda memiliki kedua versi tersebut. Biasanya, kedua versi itu menunjukkan lokasi fisik yang sama, namun tidak selalu demikian. Umumnya, begitu Anda memverifikasi satu versi domain, Google dapat memverifikasi yang lain dengan mudah menggunakan metode verifikasi asli. Akan tetapi, jika Anda telah menghapus file, meta tag, atau rekam DNS, Anda perlu mengulangi langkah verifikasi. Sumber : https://support.google.com/webmasters/answer/44231?hl=id
Nah sekarang kita akan masuk ke tutorial cara Menambah atau Menghilangkan WWW di URL / Alamat Blogspot Melalui Webmaster Tools. Simak tutorialnya di bawah ini dengan teliti.
  1. Kunjungin Halaman Beranda Search Console atau bisa klik di sini
  2. Sekarang klik Tambahkan Properti dan Masukan kedua URL blog Anda (dalam versi www maupun non-www) Saat diminta untuk Verifikasi, pilih gunakan Verifikasi menggunakan Meta Tag agar mudah, Anda tinggal salin kode verifikasi meta tag yang telah disediakan, lalu tempel di bagian Edit Html blog Anda. tepatnya setelah <head> atau sebelum </head>.

  3. Jika sudah terverifikasi, sekarang masuk ke Dashboard dari situs yang non www dulu saja. Pada gambar di atas, saya tandai dengan no 2. Klik situs tersebut. sehingga tampilannya akan jadi seperti di bawah ini. Klik icon bergerigi, lalu klik Setelan Situs.
  4. Nah inilah tahap terakhir, sekarang Anda bisa memilih situs Anda akan ditampilkan sebagai www atau non-www di hasil penelusuran nanti dengan cara ceklis pada tautan pilihan yang Anda inginkan.
Nah itu dia cara Menambah atau Menghilangkan www di Url / Alamat Blogspot Melalui Webmaster Tools. Mudah bukan? Sekali lagi saya tegaskan bahwa tak ada yang spesial pada kedua pilihan tersebut baik www ataupun non-www, itu hanya pilihan Anda saja. Hanya saja google menyarankan pada Anda untuk tidak terlalu sering mengganti pilihan tersebut karena akan berpengaruh pada perindeksan yang dilakukan oleh google.

Sekian Artikel Cara Menambah atau Menghilangkan WWW di Url / Alamat Blogspot melalui Webmaster Tools kali ini, semoga bermanfaat dan jangan sungkan bertanya jika ada yang kurang jelas. Kritik dan saran akan selalu saya terima dengan baik. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *