Cara Mengatasi Sinyal 4G Yang Hilang Pada Android

Diposting pada

Salah satu masalah dalam menggunakan android yang paling menjengkelkan adalah jaringan 4G yang hilang. Sedang asyik berchat ria ataupun sedang bermain sosial media, tiba-tiba aktivitas terhenti karena masalah jaringan merupakan satu momen yang sangat menyebalkan. Banyak pengguna android yang tidak mengetahui, bahwa permasalahan tersebut bukan berasal dari kuota mereka yang habis, melainkan dari sistem pengaturan android mereka. Jika Anda adalah salah satu pengguna android yang tengah mengalami masalah demikian, langkah awal yang dapat dilakukan adalah menunggu beberapa saat sampai jaringan tersebut kembali normal, tetapi tentu saja cara ini akan memakan waktu yang cukup lama. Biasanya jaringan 4G akan kembali normal dengan sendirinya dalam kurun waktu 3-6 jam, dalam situasi tertentu memakan waktu 1 malam.

Kali ini, Anda tidak perlu khawatir karena berikut kami paparkan khusus cara mudah bagaimana memulihkan jaringan 4G yang hilang pada android:

  1. Mengaktifkan mode pesawat

Cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat atau Airplane mode pada sistem android. Cara ini bertujuan untuk merestrat jaringan 4G yang ada pada Android .

  1. Mengganti mode jaringan

Jika jaringan 4G dalam android mengalami masalah, Anda dapat mencoba menggantinya menggunakan mode jaringan H+ atau menggunakan jaringan 3G terlebih dahulu untuk sementara waktu, jika setelah mode jaringan diganti dan berhasil, berarti akar permasalahannya terdapat pada jaringan 4G pusat bukan pada android Anda.

  1. Melepas kartu sim

Jika mode jaringan sudah diganti, namun belum ada perubahan sama sekali cara selanjutnya cobalah untuk melepas kartu sim dan memasangkannya kembali beberapa saat kemudian, pada beberapa kasus jaringan 4G hilang karena pemasangan kartu SIM yang longgar atau tidak pas, bisa juga akibat adanya guncangan sehingga letak kartu sim tidak pas.

  1. Melakkan restart pablik

Cara ini disebut juga sebagai cara paling akhir yang dilakukan, pastikan sebelum menggunakan cara ini Anda melakukan backup semua data-data yang ada pada android. Dengan melakukan restart pabrik, berarti Anda merubah sistem android kembali seperti semula dengan kata lain semua aplikasi yang tersisa nantinya hanya aplikasi-aplikasi bawaan dari android tersebut.

 

Itulah keempat tips sekaligus cara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah apabila sistem jaringan 4G android mengalami gangguan. Jangan buru-buru membeli kuota baru, pastikan anda menunggu setidaknya minimal satu hari. Jika dalam waktu satu hari tidak terjadi perubahan sama sekali pada sistem jaringan dan sudah melakukan keempat cara di atas, barulah anda boleh mengganti kartu sim atau mengganti kuota. Tetapi, berdasarkan beberapa pengalaman mereka yang memiliki masalah serupa, jaringan 4G akan kembali pulih setelah menunggu selama satu hari dan sudah melakukan beberapa tips di atas, jika Anda tidak berani melakukan restrart pabrik, lebih baik jangan dilakukan.

 

Adapun alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mengembalikan jaringan 4G yang hilang pada sistem android adalah, mendatangi kembali konter tempat semula Anda membeli kartu ataupun kuota. Pihak konter akan merubah sedikit pengaturan pada sistem jaringan anda dan dalam hitungan menit, jaringan 4G akan kembali pulih. Namun, semua itu kembali lagi apakah masalah hilangnya jaringan 4G akibat dari sistem Android ataukah jaringan pusat yang memang sedang mengalami gangguan. Tidak perlu cemas, jika amsalah terletak pada jaringan pusat dalam waktu 1-2 hari akan kembali pulih seperti sedia kala.

Beri Nilai Artikel ini : 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Loading...

Artikel Serupa:

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

2 thoughts on “Cara Mengatasi Sinyal 4G Yang Hilang Pada Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *