Cara menjadi seorang Paskibraka

info paskibra
Seorangciko.blogspot.com – Kalau kamu lihat pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 agustus di Tv mungkin kamu akan bermimpi untuk menjadi seorang Paskibraka. Jika kamu ingin benar-benar menjadi seorang Paskibraka, kamu harus mempersiapkan dirimu jauh-jauh hari sebelum seleksi Paskibraka dimulai. Seleksi untuk menjadi Paskibraka biasanya dimulai sejak bulan Februari sampai dengan bulan Mei, dan para siswa terpilih akan melakukan latihan dari bulan Mei sampai dengan Agustus. Berikut ini Seorang ciko akan beritahu kalian tentang apa saja yang akan kalian lewati jika ingin menjadi Paskibraka, agar kalian bisa mempersiapkan jauh jauh hari sebelum seleksi dimulai.
1. Seleksi Fisik
Seleksi fisik menjadi seleksi yang paling penting untuk menjadi seorang Paskibraka. Seorang Paskibraka harus memiliki fisik yang kuat agar mampu berdiri dan berjalan dalam waktu yang lama pada saat Pengibaran 17 agustus nanti. Tak tanggung-tanggung, seleksi fisik yang dilakukan diantaranya adalah Lari 12 Menit, Sit Up, Push Up, dan Shuttle Run. Maka dari itu, kalian yang ingin menjadi seorang Paskibraka harus bisa mempersiapkan fisik kalian jauh-jauh hari sebelum Seleksi dimulai.
2. Seleksi Tes Kesehatan
Selain fisik, kesehatan pun ikut diperhatikan dalam proses seleksi Seorang Paskibraka, baik Jasmani maupun Rohani. Kriteria seorang Paskibraka biasanya memilikki badan yang tegak, tinggi putra diatas 170cm dan putri diatas 165cm, tidak berkacamata, memiliki berat badan yang ideal, dan lain-lain.

3. Seleksi Pengetahuan Umum
Seleksi Pengetahuan Umum pun tidak bisa kalian hindari, tes ini berfungsi agar nantinya para Paskibraka yang terpilih mempunyai Pengetahuan yang baik, sama halnya seperti kalian akan mendaftar ke SMA/SMK, kalian akan diberikan soal-soal seperti testing, biasanya pelajaran yang diujikan adalah Matematika, Ipa, dan Bahasa Inggris.
4. Seleksi Pengetahuan Peraturan Baris-berbaris
Selanjutnya adalah Seleksi Pengetahuan Peraturan Baris-berbaris, kalian yang ingin menjadi Paskibraka harus mengetahui setidaknya dasar dasar dari Peraturan Baris Berbaris. Untuk yang belum bisa sama sekali, kalian bisa mempelajarinya sendiri dasar-dasar nya saja, jangan khawatir karena apabila kalian lolos seleksi Paskibraka, semua akan dimulai dari nol, dalam kata lain baik siswa yang sudah jago baris berbaris maupun kurang kan disamakan dan dilatih baris berbaris dari mulai dasar-dasarnya.
5. Seleksi Wawancara
Setelah kalian melewati semua seleksi diatas, yang terakhir adalah tes wawancara, dimana disini kalian akan ditanya mengenai pengetahuan umum tempat daerah kalian berada seperti sejarah Kota kalian, nama Bupati/Walikota Daerah kalian. Selain itu, tes kebahasaan turut dipertanyakan dalam sesi wawancara ini, jadi persiapkan diri kalian untuk mengenal lebih jauh bahasa daerah kalian.
Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *