Materi yang Diujikan Pada Seleksi Calon Paskibraka

Diposting pada

Halo sobat pembaris, pada kesempatan kali ini seciko akan share artikel tentang Materi yang biasanya di ujikan pada seleksi calon Paskibraka. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa materi di seleksi Paskibraka sendiri berbeda-beda untuk setiap Kabupaten atau Provinsinya. Materi ini saya ambil dari Umumnya saja. Jadi, bila saat seleksi nanti ada yang berbeda harap dimaklumi. Oh ya, materi ini juga saya rangkum berdasarkan pengalaman saya sendiri selama mengikuti Seleksi Calon Paskibraka 2015. Silahkan disimak dengan baik.

MATERI SELEKSI

Materi seleksi ini adalah materi-materi yang diberikan pada waktu seleksi berlangsung, sehingga pada waktu kegiatan seleksi berakhir, diharapkan menghasilkan siswa-siswi yang terkualifikasi, baik secara fisik, kemampuan, intelektualitas, sikap, maupun mental, dan spiritual.

Materi seleksi terdiri dari delapan materi. Masing-masing materi mempunyai bobot berbeda, untuk 100 persen.

Materi tersebut ialah:

  1. Parade

Parade adalah suatu bentuk materi yang akan digunakan untuk menyeleksi peserta berdasarkan atas bentuk fisik/postur tubuh. Adapun bentuk seleksi yang diberikan diantaranya adalah:

o       Kesan umum tidak ditemukan kelainan yang menonjol

o       Tidak ada masalah estetika o Tinggi badan tidak kurang dan tidak lebih dari persyaratan yang ditentukan, yaitu:

–             Putra: minimal 170 cm, maksimal 180 cm

–             Putri: minimal 165 cm, maksimal 175 cm o Berat badan tidak kurang dan tidak lebih 5 kg dari berat badan minimum

o       Ekstremitas:

–             0 been (max. 5 cm)

–             X been (max. 5 cm)

–             Platefoot partial

Target yang diharapkan dari seleksi parade adalah siswa-siswi yang memiliki postur tubuh baik, sehingga dihasilkan individu atau kelompok dengan sikap tubuh yang baik.

  1. PBB (Peraturan Baris Berbaris)

Baris-berbaris adalah wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan batin yang diarahkan pada suatu pewatakan tertentu. PBB adalah suatu materi dan aktivitas di lapangan untuk menyeleksi kemampuan baris berbaris peserta seleksi, secara berkelompok maupun secara individual sesuai juklak PBB yang dikeluarkan oleh TNI, yaitu SKEP No. 611/ X/1985. Sub materi yang diberikan pada waktu seleksi PBB antara lain:

1)      Sikap sempurna;

2)      Hormat;

3)      Jalan di tempat;

4)      Sikap istirahat;

5)      Langkah biasa;

6)      Langkah tegap;

7)      Meluruskan barisan, lencang kanan/kiri, 1/lencang kanan/kiri;

8)      Melangkah (ke depan/ke belakang, ke kanan/ kiri);

9)      Hadap kiri/kanan dan serong kanan/kiri;

10)   Balik kanan; dan

11)   Suara untuk memberi aba-aba.

Target yang diharapkan dari seleksi PBB ini adalah bagi peserta calon Paskibrakamemiliki kemampuan baris-berbaris yang sesuai dengan ketentuan dan aturan, baik secara individu maupun berkelompok, sehingga dapat dihasilkan kelompok pasukan yang solid, tertib, dan rapih. Selain itu, untuk mengetahui karakter pribadinya masing-masing.

  1. Psikotest

Psikotest suatu bentuk materi yang akan digunakan untuk menyeleksi peserta berdasarkan pada psikologi yang dimiliki setiap individu peserta. Adapun bentuk seleksi yang diberikan adalah untuk mengetahui kualifikasi sikap, mental, dan kejiwaan masingmasing peserta antara lain terkait :

1)      Minat dan bakat,

2)      Konsistensi,

3)      Kepribadian,

4)      Pengambilan keputusan,

5)      Sosialisasi,

6)      Achievement,

7)      Daya tahan menghadapi tekanan situasi,

8)      Kemampuan beradaptasi, dan

9)      Kemampuan bekerja dalam kelompok

(Cooperative Liability).

Target pemberian seleksi psikotest ini adalah untuk memilih peserta calon Paskibraka yang memiliki poly kejiwaan (sesuai dengan hal-hal di atas) yang baik, sehingga diperoleh seorang individu PASKIBRAKA memiliki jiwa dan mental yang kuat, tangguh, dan mampu melaksanakan tugas secara baik.

  1. Samapta/Jasmani

Samapta/jasmani adalah suatu bentuk materi yang akan digunakan untuk menyeleksi peserta berdasarkan kekuatan fisiknya dengan memberikan berbagai macam bentuk test fisik.

Adapun test fisik yang diberikan antara lain: o Postur atau bentuk tubuh normal o Batas minimal kesamaptaan jasmani:

Jasmani A: lari 12 menit

Putra: minimal 2.000 m

Putri: minimal 1.800 m

Jasmani B: Batas minimal per 30 detik per jenis gerakan

Jenis Gerakan       PutraPutri
Sit-up 2015
Push-up        2015
Back-up         2015
Shuttle run (15m)      2015

Target pemberian seleksi kesamaptaan ini adalah siswa-siswi dengan kekuatan fisik prima secara individual, sehingga dihasilkan suatu pasukan yang memiliki kesehatan dan kebugaran jasmani sangat baik.

  1. Kesehatan dan Kebugaran

Kesehatan dan kebugaran adalah kondisi umum metabolisme organ seseorang yang mempunyai kemampuan, kekuatan, daya tahan tubuh untuk melaksanakan tugas secara efisien dan produktif tanpa kelelahan yang berarti. Materi kesehatan dan kebugaran sekurang-kurangnya memuat :

1)      Pemeriksaan fungsi hati;

2)      Pemeriksaan fungsi jantung;

3)      Pemeriksaan fungsi paru;

4)      Pemeriksaan fungsi ginjal;

5)      Pemeriksaan fungsi mata;

6)      Pemeriksaan fungsi telinga, hidung, dan tenggorokan (THT); 7) Pemeriksaan postur tubuh; dan 8) Pemeriksaan fisik.

Target pemberian seleksi kesehatan dan kebugaran ini untuk mengetahui tingkat kesehatan dan kebugaran siswa/siswi peserta seleksi  agar calon Paskibraka yang terpilih dan dinyatakan lulus mempunyai daya tahan tubuh dan kekuatan fisik yang prima sehingga mampu melaksanakan tugas secara baik, fokus, dan tanpa lelah.

  1. Wawancara

Wawancara adalah metode yang digunakan untuk menyeleksi peserta berdasarkan kemampuan, mental, dan ideologi dari calon peserta. Adapun bentuk seleksi yang diberikan antara lain:

1)      Pemeriksaan/penilaian harus dapat mencerminkan sikap mental yang positif;

2)      Memiliki motivasi menjadi anggota PASKIBRAKA yang positif dan mantap, balk sebelum maupun sesudah seleksi;

3)      Pengertian, penghayatan dan pengamalan agama/kepercayaan, dan juga budaya, baik daerah maupun nasional;

4)      Aspek intelegensi: memiliki kecerdasan minimal taraf “rata-rata”; dan

5)      Aspek Kepribadian; memiliki kepribadian, sikap, stabilitas emosi, kemampuan menyesuaikan diri yang baik & mantap.

6)      Aspek ideologi : kesetiaan terhadap Pancasila.

Target yang diharapkan dari pemberian seleksi ini adalah untuk mengetahui peserta calon Paskibraka memiliki wawasan, mental spiritual yang positif, motivasi, dedikasi, intelektualitas, dan kepribadian yang baik, sehingga dapat menjadi seorang PASKIBRAKA yang bijak dan percaya diri.

  1. Kesenian Daerah

Kesenian adalah suatu bentuk materi yang akan digunakan untuk menyeleksi peserta berdasarkan jiwa seni yang dimiliki individu tersebut. Bentuk seleksi yang diberikan adalah peserta seleksi dipersilahkan untuk menampilkan bentuk kesenian yang dikuasainya, apakah itu berupa seni musik, tari, atau yang lainnya.

Target yang diharapkan dari pemberian materi kesenian ini adalah untuk mengetahui minat, bakat, dan kreativitas peserta calon Paskibraka, selain memiliki kemampuan fisik yang tangguh dan intelektualitas yang tinggi juga memiliki jiwa seni yang baik, sehingga diharapkan PASKIBRAKA yang dibentuk juga memiliki jiwa seni yang akan memberikan sentuhan keindahan dan kesenian bagi jiwa masing-masing individu.

  1. Pengetahuan Umum

Pengetahuan umum adalah bentuk materi yang digunakan untuk menyeleksi peserta berdasarkan pengetahuan tentang kepaskibrakaan, pengetahuan nasional dan internasional. Bentuk seleksi berupa soal-soal pilihan ganda atau yang lainnya.

Target yang diharapkan dari pemberian materi Pengetahuan Umum ini adalah siswa-siswi yang memiliki intelektualitas yang tinggi, pengetahuan yang luas, baik Nasional maupun internasional, sehingga ia dapat menjadi panutan bagi para anggota-anggota lain di PASKIBRAKA maupun di daerahnya masingmasing.

 JADWAL SELEKSI

Jadwal seleksi anggota PASKIBRAKA dilakukan secara bertahap dari  tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Seleksi PASKIBRAKA tingkat Kabupaten/Kota selambat-lambatnya dilaksanakan akhir bulan April. Seleksi untuk tingkat Provinsi harus sudah selesai pada tanggal 22 Mei tahun berjalan. Nama-nama calon PASKIBRAKA Tingkat Nasional  dari Provinsi harus sudah masuk ke Panitia Tingkat Nasional. Untuk lebih lengkap mengenai Jadwal Seleksi Paskibraka, sobat bisa cek artikel yang satu ini : Tahapan Seleksi Calon Paskibraka

Sekian artikel kali ini mengenai Materi yang Diujikan Pada Seleksi Calon Paskibraka. Semoga bermanfaat, dan semoga bisa membantu sobat yang sebentar lagi akan mengikuti Seleksi Calon Paskibraka. Semoga sukses!

Beri Nilai Artikel ini : 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Loading...

Artikel Serupa:

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *