Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Ketika Melamar dan Interview Kerja

Uncategorized

Dewasa kini, perusahaan-perusahaan besar semakin selektif dalam menerima karyawan-karyawan barunya. Salah satu cara Perusahaan-perusahaan tersebut dalam menyeleksi karyawannya ada beberapa macam, mulai dari Psikotes, Kesehatan hingga yang terakhir adalah tes interview atau wawancara. Tes ini bertujuan agar pihak perusahaan tau bagaimana sifat, kejujuran dan kemampuan menjawab ataupun berbicara para calon karyawannya.

Biasanya, para siswa SMK/SMA ataupun para Mahasiswa yang baru lulus masih kebingungan dan belum tau apa saja yang biasa ditanyakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut saat wawancara/interview, karena itu, kali ini ciko bakal kasih tau temen-temen semua tentang Pertanyaan yang sering ditanyakan ketika melamar dan interview kerja berdasarkan pengalaman pribadi ciko.
1. Identitas
Ketika ditanya siapa nama kamu, lahir dimana dan tinggal dimana, jawab dengan lantang dan jujur, usahakan ketika menjawab nama, sertakan nama panggilan juga agar yang mewawancara enak memanggil nya.
2. Kondisi keluarga
Kondisi keluarga yang dimaksud disini biasanya adalah ekonomi, pekerjaan orang tua dan saudara. Jawab semuanya dengan sejujur-jujurnya
3. Hobi
Kamu juga akan ditanyakan hobi, usahakan ketika menjawab hobi, cari hobi yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang sedan kamu tuju, contoh jika kamu melamar menjadi seorang Penulis, maka kamu bisa bilang hobi kamu adalah blogger. Berbohong sedikit gapapa lah ya, asalkan kamu bisa meyakinkan sang penanya bahwa itu adalah benar-benar hobi kamu.
4. Cita-cita
Ketika ditanya akan cita-cita, jawab dengan sejujur-jujurnya, tapi buktikan bahwa cita-cita yang sedang kamu rencanakan tidak akan mengganggu pekerjaan yang akan kamu dapatkan bila diterima di perusahaan tersebut nantinya.
5. Alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut?
Banyak yang bingung ketika ditanyakan pertanyaan ini, sebenarnya mudah. Saran ciko, gunakan alasan yang masuk akal, jangan hanya karena ingin mencari pengalaman apalagi coba-coba karena pihak perusahaan akan berfikir bahwa Anda tidak serius. Coba beri alasan dengam menyelipkan keunggulan-keunggulan perusahaan tersebut. Contohnya kamu bilang bahwa perusahaan yang sedang kamu lamar adalah perusahaan besar dan sudah terkenal, pasti banyak pegawai yang ini bekerja ditempat itu, termasuk kamu.
6. Kelebihan dan kekurangan kamu
Sebutkan semua kelebihan  dan kekurangan kamu, tentu sangat banyak bukan? triknya adalah, sebutkanlah hanya kelebihan kamu yang bersangkutan dengan posisi kerja yang akan kamu lamar, jangan menyebutkan kamu jago bermain bola jika posisi yang kamu lamar adalah seorang penulis, ngerti kan? Kalian bisa sebutkan kelebihan kalian sebanyak mungkin asal ada kaitannya dengan pekerjaan yang kalian lamar. Bagaimana dengan kekurangan? Tentu sangat banyak bukan? Saran ciko, jangan sebutkan semua kekurangan kalian yang nantinya akan merusak kepercayaan sang pewawanara. Kalian boleh menyebutkan kekurangan kalian, namun usahakan kekurangan kalian tersebut disebutkan dengan sebuah alasan yang wajar, agar pihak pewawancara pun memakluminya, contohnya kamu bilang bahwa akhir-akhir ini kamu sedang malas bangun pagi, dan kamu menyebutkan bahwa alasan kamu bangun pagi adalah karena kamu baru saja cuti panjang, tentunya hal tersebut adalah hal yang manusiawi dan hampir banyak orang seperti itu, sehingga pihak pewawancara dapat memakluminya.
Itulah dia beberapa pertanyaan yang biasanya sering ditanyakan ketika melamar dan interview kerja. Saran dari ciko, ketika kalian di wawancara atau di interview, Jawab pertanyaan tersebut dengan cepat singkat dan tepat. Jangan sampai suasan menjadi “Hening” hanya karena kamu kesulitan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Karena hal tersebut akan menjadi minus dalam sesi interview yang sedang kamu lakukan. Jangan menampilkan wajah gugup dan kaku, enjoy saja dan buktikan bahwa kamu mudah bersosialisasi, jangan malu untuk tersenyum ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan, Karena pihak pewawancara sebenarnya tidak pernah meminta untuk dihormati, namun hanya ingin dihargai. Semoga bermanfaat dan semoga sukses Interviewnya temen-temen semua. Salam Sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *