Tips Menambah Uang Saku Tambahan (Freelance) Untuk Mahasiswa

Diposting pada

Semua orang sepakat bahwa seorang mahasiswa memiliki pengeluaran yang sangat banyak. Mulai dari membeli buku acuan, berbagai modul ini dan itu sampai pada kegiatan refreshing seperti jalan-jalan dan nonton. Meski poin terakhir tidak begitu penting, namun hal itu pun tidak bisa dikesampingkan. Jadwal kuliah yang padat membuat mahasiswa cenderung merasa jenuh dan lelah, maka hal ini membuktikan bahwa seorang mahasiswa membutuhkan waktu untuk refreshing. Meski seharusnya hal itu bisa diminimalisir, melihat tujuan seseorang berkuliah adalah untuk menuntut ilmu.

Sebagai seorang mahasiswa yang masih menerima uang bulanan dari orang tua, hal ini jelas membuat kebingungan tersendiri. Apalagi ketika kita tidak bisa mengatur uang dengan baik dan terlalu berlebihan dalam kegiatan refreshing. Maka akan lebih baik jika kita memiliki penghasilan sendiri, untuk menutupi kekurangan tiap bulannya. Lalu bagaimana caranya untuk memiliki penghasilan sendiri? Inilah beberapa tips untuk menambah uang saku bagi mahasiswa.

  1. Jadi Reseller

Di era digital seperti ini, semua orang akan lebih mudah mengakses kebutuhannya melalui internet. Hal ini yang memicu banyaknya online shop yang menawarkan berbagai barang dan makanan. Tidak jarang pemilik online shop itu membuka lowongan pekerjaan sebagai seorang reseller. Pekerjaannnya pun cukup mudah, hanya bermodalkan kuota internet, kita bisa langsung mempromosikan berbagai barang dari online shop yang terkait. Dengan jam kerja yang fleksibel, pekerjaan menjadi seorang reseller ini tidak akan mengganggu kuliah. Penghasilan dari reseller pun akan menambah uang saku kita.

 

  1. Jadi Guru Privat

Pekerjaan ini cocok untuk seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengajar atau seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu. Selain sharing ilmu dengan orang lain, kita juga akan mendapatkan penghasilan sebagai guru. Sesuaikan jam kerja mengajar dengan jadwal kuliah agar tidak saling bertabrakan.

 

  1. Berwirausaha

Kita bisa memanfaatkan keahlian dalam memasak untuk berjualan di lingkungan kampus. Seperti menjual makanan ringan, sarapan, kue-kue kecil dan lain sebagainya. Selain menambah penghasilan, pekerjaan ini bisa melatih kita untuk berwirausaha.

 

Itulah beberapa tips untuk menambah uang saku bagi mahasiswa. Jangan lihat nominalnya karena sesuatu yang besar di mulai dari sesuatu yang kecil. Anggap saja hal ini sebagai latihan bagi kita untuk menjadi seseorang yang mandiri. Selamat berjuang!

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.