10 Cara Diet Alami yang Sehat dan Aman — Perbanyak Frekuensi Makan!

Diposting pada

Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan setiap orang. Sehingga hal ini yang kemudian menjadi dasar bagi setiap orang ingin berusaha menurunkan berat badan atau diet dengan berbagai cara. Bahkan tak jarang kebanyakan orang melakukan diet secara asal-asalan tanpa memikirkan kesehatan tubuh, akhirnya berat badan tak kunjung turun namun kondisi tubuh menjadi memburuk. Selain menginginkan bentuk tubuh yang ideal, ternyata berat badan yang berlebihan juga justru berpotensi mengundang penyakit ke dalam tubuh. Diantaranya seperti diabetes, kolesterol, penyakit jantung dan lain sebagainya. Namun walau pun begitu, kita harus tetap bisa memilah dan memilih cara diet yang seperti apa agar berat badan bisa turun tanpa mengganggu kesehatan tubuh.

Sebenarnya ada banyak cara diet alami yang sering ditawarkan oleh para ahli kesehatan. Dan idealnya pula berat badan harus turun secara bertahap bukan sekaligus apalagi secara drastis cepat. Hal ini juga sangat tidak menyehatkan karena dapat menyebabkan berbagai risiko gangguan pada kesehatan tubuh. Maka dari itu, hindarilah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang pada saat diet.

Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orang Pada Saat Diet

  • Sering mengurangi frekuensi makan berat. Idealnya, seseorang makan itu dengan frekuensi 3 kali sehari. Namun karena beralasankan diet, seseorang jadi hanya sekali untuk makan atau bahkan tidak sama sekali. Padahal hal ini bisa memancing keinginan untuk ngemil di sela-sela waktu luang.
  • Tidak memerhatikan kandungan pada setiap snack-snack yang dimakan.
  • Meminum banyak sekali minuman berkalori. Perlu kita tahu, bahwa bukan makanan saja yang mengandung kalori, namun minuman pun demikian. Seperti kopi dengan krim, minuman bersoda dan lain sebagainya.
  • Jarang meminum air mineral. Padahal air mineral sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebaiknya hindarilah kesalahan-kesalahan umum seperti diatas. Agar proses diet pun bisa berjalan dengan lancar. Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa banyak parah ahli kesehatan yang menyarankan untuk diet alami. Lalu apa sajakah diet alami yang sehat dan juga aman itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Diet Alami yang Sehat dan Aman

  1. Tentukan target diet

Seseorang akan termotivasi melakukan sesuatu jika sudah memiliki sebuah target atau pun tujuan. Begitu pun dengat diet, kita akan lebih serius dan juga termotivasi untuk melakukannya jika sudah menentukkan sebuah target. Namun perlu di garis bawahi untuk tidak berniat dan terobsesi menurunkan berat badan secara drastis dan cepat, karena hal ini akan mengganggu kesehatan tubuh. Cukup satukilogram perminggu. Idealnya, berat badan harus turun secara bertahap.

  1. Tanamkan pemikiran yang optimis

Dengan berpikiran optimis, kita akan senantiasa bersemangat untuk mencapai target. Kontrol pemikiran kita semaksimal mungkin untuk tetap positif dan optimis. Jauhkan pikiran dari makanan-makanan yang akan menggagalkan rencana diet sebelumnya.

  1. Olahraga yang teratur

Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga-olahraga kecil seperti berjalan kaki atau bersepeda juga bermanfaat untuk membuat kita aktif bergerak. Kegiatan olahraga-olahraga ini juga dapat menunjang proses diet.

  1. Perbanyak konsumsi air mineral

Seperti yang kita tahu, lebih dari 70% tubuh kita terdiri dari air. Itu artinya air berperan sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh. Selain itu, air juga dapat meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun-racun yang masuk ke dalam tubuh, membuat kulit terlihat cerah dan juga lembut, serta membantu meningkatkan kinerja otak. Air juga dapat membantu menurunkan berat badan. Diantaranya dengan meminum segelas air sebelum makan, sehingga dengan begitu porsi makan akan berkurang.

  1. Perbanyak mengonsumsi makanan kaya serat

Ada banyak manfaat dari makanan yang mengandung serat. Salah satunya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Diantara makanan yang mengandung serat adalah alpukat, beras merah, brokoli, kubis, buah pir dan masih banyak lagi.

  1. Kurangi porsi makan dan perbanyak frekuensi makan

Pola pikir yang salah dari kebanyakan orang tentang diet yaitu mengurangi frekuensi makan. Seperti hanya makan satu kali atau bahkan tidak sama sekali. Hal ini justru akan menambah masalah baru. Padahal seharusnya yang dikurangi adalah porsi makan, namun dengan frekuensi makan yang sama atau bahkan lebih sering. Seperti makan dengan 3 sendok makan nasi dan lauknya.

  1. Hindarilah makan lebih dari pukul 6

Sarapan menjadi peranan penting sebagai asupan energi kita selama seharian beraktivitas. Pun sama dengan makan siang, namun porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan.

  1. Hindari makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi

Periksalah tabel gizi pada setiap kemasan makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih memiliki risiko seperti terkena diabetes, kolestrol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang dan lain sebagainya.

  1. Minumlah air jeruk nipis di pagi hari

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis berguna untuk menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan akan turun.

  1. Hindarilah minuman yang bersoda

Seperti yang kita ketahui, bahwa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula memiliki risiko diabetes, kolestrol tinggi, obesitas dan lain sebagainya. Sebaiknya kita pun menghindari minuman yang bersoda, karena soda mengandung gula berlebih.

Demikianlah cara diet alami yang sehat dan aman. Selain tidak akan menyiksa, diet secara alami akan membuat kita sehat dan aman dari efek-efek yang membahayakan. Namun walau pun begitu, kita harus tetap memiliki komitmen yang tinggi agar target kita bisa tercapai. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.