9 Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Diposting pada

Apapun profesi anda, public speaking wajib di miliki oleh setiap orang. Kita tidak tau jika sewaktu-waktu nanti jadi orang hebat kemudian diundang untuk acara seminar atau training. pastinya kita nanti akan dituntut untuk berbicara di depan umum. Materi mungkin sudah dikuasai secara matang, namun bukan berarti saat berbicara di depan umum bisa menyampaikannya dengan baik. Nah artikel ini memberikan solusi bagi Anda tentang 9 cara meningkatkan kemampuan Publik Speaking.

Presentasi dan public speaking sangat erat satu sama lain. Misal jika power point yang sudah anda tampilkan menarik namun penyampainnya kurang, audiens tentu merasa bosan dan tidak ada antusias untuk menderngar. Oleh sebab itu ada trik-trik khusus agar audiens bisa menjadi semakin penasaran, semangat dan tergugah dengan apa yang anda sampaikan, diantaranya:

  1. Anda perlu untuk meyakinkan diri sendiri
    Yah, sebelum memulai menginjakkan kaki di atas panggung atau didepan audiens anda perlu untuk meyakinkan diri sendiri.  Ini adalah poin pertama yang harus anda miliki. Meyakinkan dalam hati bahwa anda pasti bisa. cara yang bisa anda lakukan adalah dengan cara berfikir positif.
  1. Percaya Diri
    Meyakinkan dan percaya diri itu tidak jauh berbeda. Semua orang juga pernah gugup saat presentasi namun buktinya mereka dapat menyelesaikannya dengan baik. Sebab semua waktu pasti akan berlalu dan manfaatkan waktu tersebut dengan baik.
  1. Menghadap cermin dan berbicara kepada diri sendiri
    Tujuannya menghadap cermin adalah agar anda bisa menjadi lebih tenang saat mau bertemu dengan banyak audiens. Menghadap cermin tak perlu berlama-lama. Anda cukup tersenyum dan mengatakan bahwa anda pasti bisa.
  1. Tenang dan minumlah segelas air
    Gugup untuk pertama kali memang semua pernah merasakan. Jika anda gugup cobalah minum segelas air. Pekerjaan yang menuntut berbicara banyak, juga membutuhkan banyak energi. Ingat ya lebih baik minum air putih ketimbang meminum minuman manis.
  1. Kontak mata
    Kontak mata membantu meyakinkan para audiens, anda bisa berlatih dengan menghadirkan dua sahabat dan itu takkan membutuhkan waktu lama. Ketika anda bisa merasa nyaman dengan teman atau sahabat, maka anda juga harus bisa nyaman dengan penonton atau audiens. Ditambah senyuman manisa dan memukau.
  1. Mempersiapkan catatan kecil
    Pertama anda perlu menyiapkan ini untuk mencatat catatan-catatan penting saja. Jika dengan cara itu anda lebih mudah menjelaskan materi secara runtut dan baik maka anda dipastikan mudah dalam menyampaikan didepan umum nantinya.
  1. Fokus
    Tidak hanya fokus pada materi yang akan dijelaskan namun juga fokus kepada para penonton maupun audiens. Ini tidak jauh beda dengan kontak mata tadi.  Anda perlu mempertahankan kontak mata kepada penonton yang mampu membuat anda merasa nyaman. Hal yang berkaitan dengan fokus adalah dengan konsentrasi.
  1. Tidur yang cukup
    Waktu tidur dalam sehari dibutuhkan 7 jam. Jika anda ingin badan sehat minimal anda harus tidur dengan cukup. Tidak hanya cukup tapi juga nyaman dan tenang. Tidur yang cukup berhubungan dengan selalu berfikir positif.
  1. Dilarang membandingkan
    Anda punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda tidak perlu membandingkan dengan teman anda soal ini. Yang perlu anda lakukan anda bisa belajar ilmunya dan minta bantuan kepada dia untuk membantu menyelesaikan urusanmu. Setiap orang memiliki kepribadian masing-masing.  Anda termasuk yang introvert, ekstrovet dan ambivert?

Bagaimana penjelasa diatas? Apakah cukup membantu bagi anda semua? Aku juga pernah mengalami hal tersebut, bahkan pembimbing saya yang sudah berpengalaman membantu saya untuk mengatasi rasa gugup saat presentasi. Dan diantara beberapa cara diatas merupakan saran dari pembimbing saya. Silahkan mungkin anda bisa mencobanya.

Demikian informasi mengenai cara meningkatkan kemampuan public speaking. Pastinya ke sembilan cara tersebut dilakukan secara berulang-ulang dan tetap terus berlatih. Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *