Pengalaman Berawal dari “How to Make Money From Internet” Sampai Menjadi Blogger

Diposting pada

Sebenarnya, saya sudah dari dari dulu ingin menulis artikel ini. Yap, artikel ini akan menceritakan pengalaman saya sebelum dan setelah menjadi Blogger. Sebagai blogger pemula, sampai saat ini saya masih mencari ilmu yang lebih dalam lagi mengenai Blogger.

Awal mulanya saya menjadi blogger adalah pada saat saya masih duduk di bangku kelas 3 SMK. Namun perlu diketahui, saya tidak langsung begitu saja turun ke dunia blogger. Ada berbagai tahapan yang harus saya lalui sampai akhirnya saya bertemu dengan hobi yang sekarang ini menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar saya yaitu menjadi seorang ‘Blogger’. Semua tahapan-tahapan itu akan saya ceritakan lengkap di artikel kali ini. Dan semoga bisa menginspirasi sobat pembaca semua. Selamat Menyimak!

Berawal dari “How to Make Money From Internet”

Saya berasal dari keluarga yang bisa dibilang serba kecukupan. Hal tersebut lah yang menuntut saya untuk mencari pekerjaan sampingan walaupun saya masih duduk di Bangku SMK. Maklum lah, namanya juga cowo. Sebelum saya masuk ke dunia blogger, saya terlebih dahulu menjadi seorang Reseller Online. Saya menjual Accesories Handphone secara online di sosial media. Dan sampingan tersebut bisa dikatakan cukup membantu saya dalam kebutuhan saya sehari-hari. Paling tidak, saya tidak meminta bekal lagi ke orang tua walaupun Uang yang saya miliki dari hasil menjual Accesories handphone tersebut tidaklah banyak.

Sampai suatu saat, saya mendapatkan rezeki yang bisa dikatakan cukup lumayan. Sedari dulu, saya ingin sekali memiliki sebuah komputer. Dan uang yang saya miliki tersebut terus-terusan saya tabung sampai akhirnya terbelilah sebuah Komputer. Nah, disinilah sebenarnya perjalanan saya menuju dunia blogging semakin dekat. Saya sempat membaca Buku dan Menonton film dari orang-orang yang sukses di dunia Internet, seperti Mark dan Bill Gates. Hal tersebut lah yang meyakinkan saya bahwa setiap orang bisa menghasilkan uang dari Internet.

“How to Make Money From Internet”

Saya menulis kalimat itu di penelusuran Google. Saya masih ingat, saat itu saya hanya bermodalkan Hotspot dari Handphone yang koneksinya sangat lambat, hehehe… Hasil penelusuran pun muncul, dan disitulah saya bertemu dengan yang namanya Situs PTC. Mungkin sobat disini belum mengetahui apa itu Situs PTC. Situs PTC adalah Situs yang membayar penggunanya setiap melakukan Klik pada iklan yang disediakan di situs mereka. PTC = Paid To Click. Jadi, saat mendaftar sebagai Member PTC. Sobat bisa mendapatkan dollar dengan rutin mengklik iklan yang telah disediakan oleh situs tersebut. Biasanya sobat akan dibayar rata-rata sebesar 0.002$ / Klik nya. Jadi sobat perlu mengklik iklan sebanyak 1000 kali untuk mendapatkan 2$ saja hehehe.

Karena disitu pikiran saya masih pikiran anak SMK. Saya coba dalami hal tersebut, sampai lama-kelamaan saya sendiri yang bosan. Karena setelah 1 bulan. Saya baru mendapatkan 1$ saja. Pahit memang. Namun hal tersebut tidak mengurungkan niat saya untuk kembali mengetikan keyword “How to Make Money From Internet” di Penelusuran Google.

Bertemu dengan Dunia Blogging

Sebenarnya, saya sudah mengenal dunia blogging sejak saya masih SMP. Saya memiliki sebuah blog yang berisi curhatan dan cerpen yang saya tulis. Namun disitu saya tidak mengetahui bahwa blog ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Sehingga blog yang pernah saya buat tersebut tidak berdiri lama dan sekarang saya sendiri lupa email yang terkait dengan blog tersebut.

Saya membuat blog baru saya pada tanggal 16 Oktober 2016 menggunakan Platform Blogspot. Domain blog tersebut adalah seorangciko.blogspot.com (Sekarang seciko.id). Awalnya blog saya membahas tentang niche Game dan Paskibra, karena kebetulan saya seorang siswa yang aktif di ekskul Paskibra saat itu dan saya lihat info-info paskibra di google pun jarang sekali dishare oleh blog-blog yang lainnya.

Sedikit demi sedikit saya mulai menambah niche yang lainnya pada blog saya yang masih berdomainkan blogspot.com sembari mendalami dunia blogging termasuk mengedit template yang berhubungan dengan Kode HTML secara langsung. Perlu diketahui, saya tidak memiliki basic sedikitpun tentang HTML. Saya benar-benar belajar dari nol dan otodidak, mengandalkan Google dan Koneksi internet, saya belajar disana mengenai seluk beluknya dunia blogging. Tentu bila diceritakan seluruhnya mungkin akan menghabiskan banyak kata dan kalimat. Karena saya yakin, pengalaman yang sobat pembaca milikki pun akan sangat panjang jika diceritakan secara rinci. Jadi saya hanya ceritakan yang penting-pentingnya saja hehehe.

Oh ya, saya juga sangat berterimakasih kepada Mas Sugeng, walaupun beliau tidak mengenali saya secara langsung. Tapi beliaulah yang menjadi motivasi saya dan meyakinkan saya bahwa saya bisa sukses di dunia blogging. Saya pernah membaca pengalaman Mas Sugeng diblognya sugeng.id sebelumnya, hal tersebut pun ikut meyakinkan saya agar saya tidak mudah menyerah di dalam dunia blogging.

Pengalaman Mendapatkan 10$ Pertama dari Blog (Lebih lengkap Baca DISINI)

10$ Pertama saya dihasilkan dari Affilist. Affilist baru berdiri sejak tahun 2015, dan menurut saya Affilist adalah solusi terbaik ketika ditolak Adsense terus menerus.

Baca : Affilist Solusi terbaik Ketika ditolak Adsense

10$ Pertama saya ini berhasil saya raih dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan. Mungkin sekitar 1 bulan setengah. Saya sangat bersyukur atas hal ini, karena akhirnya saya bisa mulai merasakan hasil dari jerih payah saya membuat blog sejauh ini.

Baca : Cara Mendaftar Sebagai Publisher Iklan Affilist

Dengan hasil itu, saya tidak akan terlena dan akan terus mencoba untuk meningkatkan kualitas blog saya. Agar nantinya para pengunjung nyaman berada di blog saya. Selain itu saya akan terus coba melakukan Pengajuan kepada Google Adsense sampai diterima dan semoga bisa menghasilkan lebih dari 10$.

Diterima Full Approve Google Adsense Setelah ditolak Ratusan Kali (Baca Lebih Lengkap Disini)

Diluar dugaan, ternyata blog yang saya buat hanya untuk iseng berhasil di Full Aprove oleh Google Adsense. Dengan konten yang sangat minim, tanpa laman Peta Situs, Privacy Policy dan lain-lain. Dengan visitor sangat minim dengan Page Views perhari 7. Akun adsense saya menjadi Full Approve. Hal ini sangat membuat saya bingung sekaligu senang. Bingungnya karena, situs yang saya dirikan selama satu tahun dan sudah memiliki banyak Visitors selalu ditolak oleh Google Adsense, tapi situs saya yang awalnya dibuat untuk iseng-iseng saja bisa diterima oleh Google Adsense. Tapi ya sudahlah, setiap blogger pasti punya jalan dan caranya masing-masing untuk diterima oleh Google Adsense, dan mungkin ini adalah jalan yang harus saya lalui. Jadi saya tetap bersyukur karena diterima oleh Google Adsense, dan saya juga ucapkan terus semangat buat agan-agan yang belum di approve oleh Adsense.

Pundi-Pundi Uang dari Google Adsense Semakin Membaik

Alhamdulillah, setelah di approve Google Adsense, Pundi-pundi uang mulai mengalir deras. Pendapatan yang saya dapatkan sangat lebih dari apa yang saya perkirakan. Saya sangat bersyukur atas hal tersebut. Mengingat masih banyak blogger lain yang masih memiliki pendapatan yang minim walaupun sudah diterima Google Adsense. Tentu hal ini tidak mungkin saya dapatkan jika pada prosesnya saya tidak melakukan kerja keras dan yakin bahwa usaha keras akan membuahkan hasil yang maksimal.

Harapan yang Ingin dicapai di Tahun 2018

Saya sendiri tidak akan puas begitu saja, saya masih jauh dari kata sukses. Masih banyak impian yang belum saya capai. Karena mimpi itu gratis, saya harap blog saya di tahun 2018 ini akan semakin maju dan bisa menmbus rank Alexa sampai 30K. Dengan pegunjung perhari minimal 50rb pengunjung. Hehehe. Oh ya, selain itu saya juga berharap saya bisa masuk kuliah Tahun ini. Sebenarnya setelah lulus SMK Tahun kemarin saya sangat ingin melanjutkan kuliah di bidang komputer, namun kondisi ekonomi keluarga saya tidak memungkinkan saya untuk melanjutkan kuliah.

Namun sekarang, saya yakin saya bisa kuliah dengan biaya sendiri. Dengan biaya dari ‘Ngeblog’. Tugas saya sekarang hanyalah meyakinkan orang tua. Agar menyetujui saya untuk berkuliah di Perguruan Tinggi yang saya inginkan. Oh ya, saya sekarang adalah lulusan SMK yang bekerja di salah satu perusahaan yang berkantor pusat di Bandung sebagai IT Support. Sarya suka pekerjaan ini. Dan semoga ketika saya kuliah nanti, saya bisa membagi waktu antara bekerja, kuliah dan ngeblog hehehe.

Oh ya, saya juga memiliki target di tahun 2018 ini. Saya ingin pendapatan dari blog saya bisa tembus 1juta/Hari. Tak ada yang tidak mungkin, mimpi itu gratis. Saya yakin saya bisa mencapainya.

 

Demikian untuk artikel kali ini, semoga bisa menjadi Inspirasi bagi sobat pembaca semua. Jika sobat mempunya pengalaman yang ingin dishare, silahkan acak-acak kolom komentarnya ya. Hahaha. Terimakasih…

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

2 thoughts on “Pengalaman Berawal dari “How to Make Money From Internet” Sampai Menjadi Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *