Cara Belajar yang Efektif dan Efisien untuk Menghadapi Ujian

Diposting pada

Hal penting yang harus dipersiapkan ketika akan menghadapi ujian adalah belajar. Namun banyak orang yang tidak mengetahui belajar seperti apa yang seharusnya dilakukan. Akhirnya tak jarang banyak orang yang belajar memakai sistem kebut semalam atau sks untuk menghadapi ujian. Tentu hal ini bukan sesuatu yang baik, melihat banyak orang yang rela begadang atau menahan kantuk hanya untuk belajar hanya dalam satu malam. Padahal selain materi pembelajaran yang harus dipersiapkan, kita juga harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima saat ujian berlangsung. Akan menjadi hal yang percuma ketika kita sudah belajar namun kondisi tubuh tiba-tiba sakit karena cara belajar kita yang tidak baik.

Maka dari itu idealnya, persiapan ujian itu dilakukan pada jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar kita tidak belajar mati-matian begitu akan diadakan ujian besok. Terdapat pola pikir keliru yang terjadi pada orang kebanyakan, yaitu menganggap persiapan ujian hanya terbatas pada waktu beberapa hari sebelum ujian. Padahal sebenarnya persiapan ujian seharusnya sudah dipersiapkan sejak awal masuk sekolah. Dengan begitu kita akan mempelajari materi secara bertahap dan berkesinambungan.

Ketika menghadapi ujian, target atau pun tujuannya adalah untuk lulus ujian. Dengan begitu, tujuan kita dalam belajar pun akan jelas dan juga terarah. Selain itu, kita juga akan lebih serius dalam belajar. Berikut adalah beberapa cara belajar yang efektif dan efisien untuk menghadapi ujian.

 

  1. Belajar dengan efektif dan juga efisien setiap hari

Apa yang dimaksud dengan belajar yang efektif? Belajar efektif adalah proses belajar yang menggunakan sebuah metode yang tepat sehingga dengan begitu tujuan belajar akan tercapai. Tujuan tersebut tidak lain adalah untuk memahami materi pembelajaran sehingga dengan begitu kita memperoleh ilmu pengetahuan. Begitu pun dengan belajar secara efisien. Dalam artian kita harus belajar setiap hari, tidak hanya saat akan ujian saja.

 

  1. Buatlah daftar kumpulan rumus-rumus penting

Salah satu cara yang paling efektif untuk mensiasati pelajaran-pelajaran yang banyak menggunakan rumus adalah dengan membuat daftar kumpulan-kumpulan rumus penting.  Bisa dengan membuatnya di buku catatan atau di selembar kertas lalu di tempel di dinding. Gunakan buku catatan yang kecil agar lebih praktis untuk dibawa. Atau kita juga bisa membeli kamus saku yang lebih lengkap. Pilih kamus saku yang dilengkapi dengan  contoh dan keterangan, agar tidak bingung pada saat menggunakannya. Selain itu, untuk menempel selembar kertas yang berisi rumus-rumus, kita bisa menempelnya di dinding yang sering kita lihat.

 

  1. Gunakan peta konsep atau mind map untuk menguasai materi

Soal ujian diambil dari sejumlah topik atau bab untuk setiap pelajaran. Dengan artian, kita harus menguasai banyak topik dari setiap pelajaran agar bisa menghadapi ujian dengan baik. Banyaknya pelajaran dengan setiap topik yang berbeda tentu akan sangat merepotkan sekali bagi kita saat mempelajarinya. Namun untuk mensiasati hal tersebut dan agar efektif sekaligus efisien bagi kita untuk mengingatnya, kita dapat membuat sebuah peta konsep atau mind map. Buat sebuah peta konsep pada setiap bab atau topik sesuai dengan pemahaman kita agar mudah untuk diingat. Dengan begitu, kita akan dapat menguasai materi berdasarkan mind map buatan kita sendiri.

 

  1. Ulangi pelajaran di saat kita lupa

Seperti yang kita ketahui bahwa daya ingat seseorang itu berbeda-beda. Di sini lah pentingnya bagi kita untuk mengulang kembali pelajaran demi pelajaran. Semakin sering kita mengulang pelajaran maka akan semakin meningkat pula ingatan kita terhadap pelajaran tersebut.

 

  1. Rajinlah untuk mengerjakan latihan soal-soal ujian

Salah satu cara paling efektif dalam mengingat pelajaran adalah dengan mengerjakan latihan soal-soal ujian. Selain membantu kita untuk mengingat materi, mengerjakan latihan soal ujian pun akan membantu kita untuk terbiasa mengerjakan soal. Dengan begitu, ketika kita menghadapi soal ujian sungguhan sedikitnya kita memiliki gambaran bagaimana harus mengerjakannya.

Tidak ada kata terlambat untuk berusaha lebih baik lagi. Tetap semangat dalam belajar untuk mencapai tujuan yang sebenarnya. Selamat berjuang!

Beri Nilai Artikel ini : 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Loading...

Artikel Serupa:

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *