Cara dan Tips Agar Laptop Gaming Tetap Awet Meski Sering Dipakai

Diposting pada

Laptop tetap awet meskipun sering digunakan bermain game berat merupakan impian semua gamers, dalam bermain game seharusanya menggunakan laptop khusus namun, bagi Anda yang tidak memiliki cukup budget untuk membeli laptop khusus tersebut tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan laptop biasa yang ada di rumah, namun dengan syarat harus rutin dirawat dan dikontrol secara rutin, hal tersebut bertujuan untuk menjaga keawetan dari laptop. Dari sekian banyak komponen yang ada, masalah baterai adalah yang paling dikhawatirkan apabila laptop biasa terlalu sering digunakan bermain game berat. Jika permasalahan sudah menyinggung baterai, bukan tidak mungkin biaya yang nantinya diperlukan untuk melakukan service dan membeli baterai baru sangatlah mahal.

Sebagai upaya pencegahan agar bateraiĀ  laptop tetap awet saat digunakan bermain game berat, ada rahasia khusus yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah, pastikan Anda selalu mengisi baterai sampai full, jangan sekali-kali mencoba mencabut baterai saat proses pengisian masih sedikit hal tersebut akan semakin memperparah dan mempercepat kerusakan baterai laptop. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka baterai akan mengali masalah nge drop dan sulit untuk dipulihkan kembali, jalan satu-satunya adalah dengan mengganti menggunakan baterai baru.

selain baterai, ada banyak lagi rahasia lain yang tidak boleh Anda lewatkan dalam memperhatikan laptop, agar tidak mudah rusak dan ngehang saat digunakan bermain game, seperti:

  1. Pastikan spesifikasi laptop sesuai dengan spesifikasi game

Sebelum mengunduh game berat di laptop, anda harus mengecek dahulu apakah spesifikasi dari laptop yang dimiliki sesuai dengan spesifikasi yang ada pada game. Jangan emmaksakan laptop Anda, apabila spesifikasinya tidak cocok maka segera batalkan proses pengunduhan, jika tidak maka, laptop Anda akan kelelahan dan gampang panas.

  1. Menggunakan coolingpad/notebook fan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin 1 bahwa laptop dapat menjadi panas apabila digunakan bermain game berat, usaha dalam menjaga laptop agar tetap dingin cobalah untuk menggunakan coolingpad atau notebook fan yang diletakkan di bagian bawah laptop, menggunakan kedua alat ini dapat menjaga laptop lebih awet dibandingkan menaruhnya di lantai, keramik ataupun meja kayu biasa.

  1. Memakai hardware Eksternal

Ketika Anda bermain game pada laptop (bukan laptop khusus game) pakailah hardware eksternal seperti mouse ataupun keyboard. Jangan sekali-kali menggunakan trackpad, sebab jika trackpad mengalami kerusakan, untuk memperbaikinya akan lebih sulit. Hindari menggunakan berbagai software bawaan laptop untuk bermain game jika ingin laptop Anda tetap awet.

  1. Mengetahui batas maksimal penggunaan laptop

Ketika menggunakan laptop biasa untuk bermain game pastikan maksimal Anda hanya menggunakan selama 5 jam, itupun dalam keadaan baterai laptip yang normal, jangan menggunakan laptop lebih dari 5 jam berturut-turut, karena sangat membahayakan mesin dan baterai.

  1. Jangan memainkan game saat charger masih menancap

Saat laptop dalam posisi pengisian baterai, jangan digunakan bermain game. Tunggulah sampai baterai penuh kemudian cabut charger. Kebiasaan seperti inilah yang banyak dilakukan para gamers, dengan dalih menghemat baterai.

Bermain game memang menyenangkan, namun Anda juga tidak boleh mengabaikan keamanan laptop yang digunakan, semoga lima tips rahasia yang sudah dipaparkan di atas dapat Anda terapkan dengan maksimal, teruslah berhati-hati ketika menggunakan laptop biasa untuk bermain game, terutama game yang memakan RAM besar, selamat bermain dan keep safety laptop Anda.

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *