Cara Jitu Mengatasi Lelah Berlebih Saat Bekerja di Kantor

Diposting pada

Pada dasarnya rasa lelah adalah hal yang sangat wajar dialami seseorang jika sudah seharian fokus dalam melakukan pekerjaan. Namun jika itu terjadi pada saat berada di kantor, hal ini bisa saja mengganggu produktivitas kerja. Selain itu, rasa lelah juga secara fisik dan mental bisa membuat kita tidak bisa menikmati kehidupan sehari-hari. Tentu saja hal ini seharusnya bisa kita hindari, jika benar terjadi pekerjaan kita tidak akan pernah selesai karena kurang fokus dan tidak bersemangat saat bekerja.

Seperti yang dilansir dari Bustle, berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lelah berlebih saat bekerja di kantor, yaitu:

Makan siang dengan mengonsumsi makanan berlemak sehat

Salah seorang doker praktisi fungsional bernama Will Cole mengungkapkan agar kita mendapatkan cukup banyak lemak sehat setiap hari. Sesuai dengan apa yang dingkapkan Will Cole, bahwa  hampir 60% otak kita terdiri dari lemak, maka masuk akal jika kita memberi asupan lemak untuk otak. Cole juga menambahkan asupan lemak sehat yang baik untuk otak dapat mencegah energi yang menurun di sepanjang hari. Beberapa sumber lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan, kelapa, alpukat, bayam, kubis, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, yogurt, cokelat hitam yang mengandung 70% kokoa dan masih banyak lagi.

Minum air es

Meminum air es yang dingin akan membuat tubuh menerima perubahan suhu, sehingga akan terjadi sentakan dan keterkejutan pada tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh dalam posisi lebih waspada. Menurut Health, saat tubuh mengalami dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan. Maka dengan meminum air es dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Namun pastikan jika akan meminum air es, kondisi perut tidak sedang lapar atau bermasalah. Karena jika kita meminum es dalam keadaan lapar atau perut sedang bermasalah, maka khawatir akan timbul masalah baru yang menganggu kesehatan tubuh.

Istirahatkan fisik dan mental sejenak

Hal wajib yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan beristirahat. Selain mengistirahatkan fisik, penting juga mengistirahatkan mental dengan cara yang paling produktif. Jangan terlalu memforsir tenaga. Hal ini berkaitan dengan cara kita mengatur waktu, antara waktu bekerja dan waktu istirahat. Menurut Shilpi Agarwal, seorang dokter dan juga penulis yang bersertifikat, beliau mengatakan bahwa ketika kita mencoba untuk melawan kelelahan, produktivitas justru akan hilang dan pada akhirnya kita akan merasa memiliki lebih banyak masalah.

Cobalah untuk bersosialisasi

Menurut Shilpi Agarwal, dengan kita membicarakan kelelahan tersebut dapat membantu mengurangi dari rasa lelah itu sendiri. Seorang dokter dan penulis bersertifikat ini juga menambahkan bahwa cobalah untuk mengobrol dengan rekan kerja karena interaksi sosial dapat membantu kita untuk meningkatkan energy.

Mengonsumsi adaptogen

Adaptogen adalah sebuah tanaman herbal yang berguna untuk membantu meningkatkan energi pada tubuh, bereaksi terhadap stres, hormon dan sistem kekebalan pada tubuh. Menurut Will Cole, rhodiola, kemangi suci dan gingseng yang ditambahkan pada air atau the memiliki efek penyeimbang pada kortisol atau hormon untuk meningkatkan kadar gula darah dan metabolisme pada tubuh. Meski pun belum banyak studi ilmiah yang dilakukan pada tanaman ini, namun beberapa penelitian justru menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap peningkatan energi tubuh.

Lakukan olahraga-olahraga kecil

Selanjutnya kita juga bisa melakukan olahraga-olahraga kecil yang bisa membuat kita aktif bergerak. Seperti berjalan-jalan kecil atau sekadar beranjak dari kursi kerja dan melakukan sedikit gerakan peregangan akan membantu mengatasi kelelahan. Perubahan posisi tubuh akan membuat datangnya dorongan energi yang bisa meningkatkan detak jantung. Maka dengan meningkatnya detak jantung, hal ini akan membuat kelelahan sedikit berkurang.  Selain itu, Will Cole juga menambahkan bahwa dengan berjalan akan melepaskan endorphin yang member kita dorongan energi agar merasa lebih baik dari sebelumnya.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lelah berlebih saat bekerja. Profesionalitas dalam bekerja memang penting, namun jangan sampai kita mengabaikan kesehatan tubuh. Berikan hak istirahat pada tubuh dan bekerjalah dengan bersemangat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.