Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya. Blog ini berbagi Tutorial Blogger, Tutorial VSCO, Tutorial Game, Informasi Pendidikan, Prediksi Soal dan hal menarik lainnya.

Cara Memilih Pergururan Tinggi – Negeri atau Swasta?

0 12

Kini waktu ujian sudah di depan mata, pun selanjutnya akan berlangusung hari kelulusan. Banyak siswa-siswi SMA bersorak riang penuh haru dengan kelulusan yang didapatkan. Mereka kira semuanya telah berakhir, beban sebagai seorang siswa tak lagi mereka pikul. Namun sebenarnya inilah awal dari segalanya. Sebuah gerbang menuju kehidupan yang selanjutnya telah dibuka. Ada banyak pilihan yang harus diambil. Sebagian dari mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan. Namun di mana mereka harus melanjutkan menuntut ilmu?

Banyak siswa-siswi SMA yang telah lulus mempermasalahkan perihal ini. Tentang Perguruan Tinggi mana yang harus dipilih. Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta?

Inilah beberapa cara agar kamu lebih mudah untuk menentukkan pilihan Perguruan Tinggi, Negeri atau Swasta?

Perhitungkan Masalah Biaya

Jika disandingkan, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang lebih mudah dari segi ekonomisnya. Melihat sekarang ini PTN sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), dengan artian kamu cukup membayar satu kali pada awal semester. Sedangkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masih menggunakan sistem pembayaran berbasis satuan SKS. Dengan kisaran SKS yang berbeda-beda di tiap kampusnya.

Cari Info Tetang Kualitas Kampus

Mengenai kualitas mana yang lebih baik diantara PTS atau pun PTN perlu mencari info yang lebih untuk membandingkan keduanya. Namun secara garis besar, hal ini bergantung pada Perguruan Tingginya masing-masing. Meski PTN mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk infrastruktur, kini banyak PTS yang memiliki infrastruktur yang baik juga.

Sesuaikan dengan Bakat dan Minat

Selain memilih PTN atau PTS, kiranya kamu juga harus mempertimbangkan jurusan apa yang harus dipilih. Jangan sampai kamu ikut-ikutan dan akhirnya merasa salah jurusan lalu menyesal. Walaupun kamu masuk ke PTN atau PTS yang bagus, tapi dengan jurusan yang tidak sesuai dengan bakat dan minat semuanya akan percuma.

 

Pikirkan secara matang tentang hal yang menyangkut masa depanmu. Pertimbangkan segala hal dan putuskan kemana kamu akan melangkah. Yakinkan diri dengan pilihan yang diambil, mintalah doa kedua orang tua agar segala halnya bisa dihadapi dengan lancar. Tak lupa, tetaplah berusaha untuk menggapai cita-cita. Selamat berjuang!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.