Cara Instal SSL Gratis
Cara Instal SSL Gratis

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis Untuk WordPress Hosting

Diposting pada

Cara Mendapatkan SSL Gratis di Website yang dibangun oleh WordPress Hosting ternyata tidaklah sulit. Pada artikel kali ini, saya akan berikan panduan langkah demi langkah Cara Mendapatkan SSL Gratis khusus untuk WordPress Hosting atau Website yang bukan dihost oleh Blogger. Karena seperti yang kita ketahui, sekarang blogger sudah menyediakan fitur SSL Gratis bagi para penggunanya.

Sertifikat SSL Gratis yang bisa kamu dapatkan kali ini adalah sertifikat SSL yang disediakan oleh website https://www.sslforfree.com. Saya pilih website ini karena selama pengalaman saya, sertifikat SSL yang didapatkan dari sini tidak pernah bermasalah dan cara installnya pun sangat mudah.

Berikut, saya tuliskan tutorial Cara Menginstall Sertifikat SSL Gratis di WordPress Hosting. Kali ini saya menggunakan CPanel yang digunakan di Hostinger karena web saya di hosting oleh Hostinger.

  1. Buka https://www.sslforfree.com/ . Tulis domain website sobat diawali dengan www.
    Cara Instal SSL Gratis
    Isi dengan nama website kamu di awali dengan www.

    Jika sudah, klik “Create Free SSL Certificate”.

  2. Anda akan ditujukan ke halaman ini dan diminta untuk memilih metode Verifikasi mana yang Anda inginkan. Saya sarankan untuk memilih metode verifikasi “Manual”. Maka klik tombol yang ditengah bertuliskan “Manual Verification
    Cara Instal SSL Gratis
    Pilih Manual Verification

    Jika sudah klik Manual Verification, scroll lagi ke bawah sedikit. Dan klik tulisan “Manually Verify Domain” yang berwarna hijau.

  3. Jika sudah, Anda akan ditujukan ke halaman di bawah ini.
    Upload Verification Files
    Upload Verification Files

    Disitu, sobat diminta untuk mengupload file verifikasi yang telah disediakan. Langkah yang harus dilakukan adalah download kedua File yang ada di nomor 1 di atas yang bertuliskan “Download File #1” dan “Download File #2“. Cara Mendownloadnya hanya tinggal mengklik kedua Tulisan tersebut.

  4. Berikut contoh file yang telah saya download.

    download sertifikat ssl gratis
    Download File SSL
  5. Jika sudah, sekarang silahkan sobat baca langkah yang kedua di website SSL For Free. Disitu sobat diminta untuk membuat dua folder yang nantinya file yang telah kita download tersebut akan diupload ke dalam folder yang akan kita buat.
  6. Cara Membuat foldernya tentu kita harus masuk ke CPanel Website kita, dan klik “File Manager”.
  7. Jika sudah masuk ke File Manager, sekarang masuk ke dalam folder dimana kita menginstall wordpress kita. Contohnya adalah folder Public.html .
  8. Di folder Public html, buat folder baru bernama “.well known” (Tanpa tanda Petik).
  9. Jika sudah, masuk ke dalam folder “.well known” yang sudah dibuat tadi, di dalam folder “.well known”, sobat buat folder baru lagi bernama “acme-challenge” caranya sama seperti membuat folder yang pertama tadi.
  10. Nah, sekarang sobat masuk ke folder “acme-challenge”. Dan upload kedua file yang sudah didownload tadi pada folder “acme-challenge” tersebut. Contohnya seperti di bawah ini.

    Upload di dalam folder acme-challenge
  11. Langkah selanjutnya adalah pastikan apakah file yang kita upload sudah sesuai atau belum. Cara memastikannya adalah dengan cara mengklik 2 Link yang ada pada langkah ke 5 di website SSL For Free. Jika ketika diklik tidak menunjukkan error, maka Sertifikat SSL sobat sudah bisa digunakan.
  12. Jika sudah selesai, sekarang sobat klik Tombol “Download Certificate” di bawah yang berwarna hijau.
  13. Setelah mengklik Tombol tadi, sobat akan ditujukan ke halaman di bawah ini.
     Sertifikat SSL Gratis wordpress

    Sertifikat SSL Gratis wordpress

    Kode – kode di atas adalah Sertifkat SSL yang sobat milikki. Sobat juga bisa download Sertifikat tersebut dengan cara klik tombol yang berwarna hijau. Hal itu berguna apabila sewaktu-waktu sobat ingin pindah hosting, maka ketika ingin menginstall SSL, sobat bisa gunakan kode SSL yang sudah sobat download tadi.

  14. Sampai disini, sekarang sobat sudah berhasil mendapatkan setifikat SSL Gratis!

Keren bukan? Sekarang bagaimana cara menginstall Sertifikat SSL yang sudah sobat dapatkan di atas? Artikel selengkapnya akan saya bahas di Cara Menginstall Sertifikat SSL Gratis dari SSL For Free. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.