Cara Mengatasi Android yang Sering Lemot / Lambat

Diposting pada

Memiliki android yang lemot pastinya sangat menjengkelkan. Walaupun spek android yang kita miliki kelihatannya sudah sangat baik, namun masalah lemot atau lambat kerap kali terjadi pada android yang kita miliki tersebut. Android yang lemot / lambat sendiri sebenarnya bisa saja terjadi dikarenakan kelalaian penggunanya sendiri, bisa karena menyimpan data berlebihan maupun memasang aplikasi yang sangat banyak. Tahukah sobat walaupun ram android yang kita miliki cukup besar, jika aplikasi yang terpasang di android kita banyak, maka situasi android yang lemot pun tidak akan bisa kita hindarkan.

Android (/ˈæn.drɔɪd/; AN-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Berikut step step atau cara mempercepat kinerja Hp Android mu:

  1. Hapus aplikasi yang tidak perlu

    Kalian mungkin mempunyai banyak aplikasi di smartphone. Mungkin kalian mendownload aplikasi tanpa memikirkan besarnya memori yang diperlukan aplikasi tersebut. Atau mungkin juga kalian mempunyai aplikasi yang sudah tidak pernah atau jarang sekali kalian pakai dan membiarkanya tetap bersarang di HP kalian.

    Ini bisa dianggap wajar jika kalian memiliki banyak memori, tetapi tidak semua android memiliki kapasitas memori yang besar. Oleh karena itu kita harus menyimpan memori yang berharga itu. Memori yang besar lama kelamaan jika banyak aplikasi yang diinstall maka akan melambat juga. Ada juga aplikasi yang berjalan di background walaupun kita tidak memakainya. Jadi, daripada tidak dipakai lebih baik di uninstall saja.

  2. Hapus data cache

    Apa kalian tahu apa itu cache ? cache adalah komponen software yang menyimpan data yang telah kita gunakan sehingga ketika kita ingin menggunakan data itu lagi cache akan memberikanya. Oleh karena itu ketika kita menggunakan lagi data tersebut proses pembacaan oleh sistem akan lebih cepat.

    Setiap aplikasi yang terinstall memiliki cache nya masing-masing. Cache juga disimpan di memori internal HP android kalian. Jika kalian tidak pernah menghapus data cache dari sebuah aplikasi maka cache akan menumpuk dan mengisi memori internal. Oleh karena itu lebih baik kita menghapus cache secara berkala dan dengan melihat prioritas aplikasi. Kalian bisa melihat besarnya cache tiap aplikasi dengan cara melihatnya di app manager. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi penghapus cache otomatis yang tersedia di Google Play.

  3. Hapus file yang tidak berguna

    Semakin banyak file yang terdapat di memori internal mu maka semakin lama juga kinerja sistem android kalian karena membutuhkan waktu lebih untuk membaca semua file di memori internal. Jadi hapuslah file yang sudah tidak terpakai lagi seperti music, video, atau file lainya.

  4. Gunakan widget seperlunya

    Widget merupakan fitur keren yang ditawarkan oleh OS Android. Widget memang sangat keren tetapi itu juga menggunakan memori untuk menjalankanya. Widget yang di taruh di layar utama akan terus memperbaharui datanya. Jadi batasilah penggunaan widget pada HP Android mu, gunakan widget yang menurut kalian sangat penting dan sering kalian gunakan.

  5. Jangan gunakan live wallpaper

    Live Wallpaper merupakan wallpaper yang dapat bergerak seperti animasi atau video. Live wallpaper ini juga merupakan fitur yang sangat keren yang terdapat pada OS android. Tetapi Live wallpaper juga mempengaruhi pada kinerja android dan dapat mempercepat habisnya baterai. Jadi mimin sarankan gunakan static wallpaper saja.

  6. Pastikan software selalu up to date

    Memastikan software kalian selalu up to date sangatlah penting. Para developer biasanya mengupdate aplikasinya dikarenakan beberapa alasan biasanya adalah bug, kecepatan, fitur baru. Jadi update software tidak selalu terdapat fitur baru, bisa juga peningkatan kecepatan dan menghilangkan bug. Tidak hanya software yang up to date, kalian juga harus memastikan bahwa OS android kalian juga up to date, biasanya para vendor akan melakukan OTA uprgrade pada tiap produk androidnya.

 

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *