Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya. Blog ini berbagi Tutorial Blogger, Tutorial VSCO, Tutorial Game, Informasi Pendidikan, Prediksi Soal dan hal menarik lainnya.

Cara Menghilangkan Bau Badan yang Tidak Sedap Secara Alami

0 16

Bau badan menjadi hal yang sangat menyusahkan bagi kebanyakan orang. Hal ini juga yang dapat menggangu kepercayaan diri seseorang, karena merasa terganggu dengan adanya bau badan yang timbul. Bau badan atau dalam istilah medis bromhidrosis, adalah bau bakteri yang terdapat pada tubuh. Bertambahnya jumlah bakteri disebabkan oleh keluarnya keringat dari tubuh kita dan bakteri-bakteri itu menempel pada bagian tubuh atau badan kita yang sedang berkeringat. Meski keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau. Biasanya bau badan terletak pada anggota tubuh seperti kaki, kulit, ketiak, rambut, mulut dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa bau badan sebenarnya bukanlah sebuah penyakit yang berbahaya atau pun serius. Namun hal ini sangat mengganggu kepercayaan diri pada seseorang mau pun mengganggu orang yang berada di sekitarnya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau badan secara alami? Dan apa penyebab dari timbulnya bau badan? Simak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab Bau Badan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bau badan, yaitu:

  1. Asam isovalerik

Asam ini diproduksi oleh kuman atau bakteri yang dapat berkembang biak pada daerah kulit yang lembab.

  1. Asam propionat

Asam propionat mengandung bau asam seperi yang ada pada cuka. Asam ini berasal dari hasil uraian keringat oleh propionibachteria, yaitu salah satu jenis bakteri atau kuman yang dapat hidup pada saluran kelenjar sebasea manusia di usia remaja dan usia dewasa.

  1. Stres berlebih

Stres berlebih dapat mengakibatkan hormon tubuh yang memproduksi keringat menjadi meningkat.

  1. Perubahan hormon

Hal ini dapat terjadi pada seseorang saat menginjak usia kanak-kanak menuju usia remaja. Salah satu dari perubahan hormon tersebut adalah hormon androgen.

  1. Minuman alkohol

Sebanyak 10 persen kandungan alkohol akan dikeluarkan melalui kelenjar keringat. Oleh sebab itu orang yang sering meminum alkohol akan cepat mengeluarkan keringat dan juga dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

  1. Bawang putih

Selain itu dapat menyebabkan bau badan, bawang putih juga dapat menyebabkan bau mulut yang tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Beberapa bahan alami di bawah ini dapat membantu menghilangkan bau badan, yaitu:

  1. Air rebusan daun sirih

Daun sirih sudah sejak lama digunakan dan dipercaya dapat menghilangkan bau, seperti bau organ intim wanita sampai bau badan seseorang. Cara menggunakannya pun mudah sekali, yaitu dengan merebus beberapa daun sirih sampai mendidih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi air rebusan daun sirih secara rutin setiap hari.

 

  1. Perasan jeruk nipis dan kapur sirih

Selain daun sirih, kita juga dapat menggunakan perasan jeruk nipis dan kapur sirih untuk menghilangkan bau badan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dan kapur sirih lalu gosokkan campuran keduanya ke daerah ketiak. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Mengonsumsi daun kemangi

Dengan sering mengonsumsi daun kemangi akan membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap pada tubuh.

 

  1. Meminum minuman jahe

Selain diminum, kita juga dapat menggosok-gosokkan jahe yang sudah dipotong pada ketiak.

 

  1. Cengkih

Cara penggunannya tidak sulit, yaitu dengan merendam beberapa cengkih dengan air sampai mengembang, lalu tambahkan gula dan tunggu beberapa saat untuk dapat diminum.

 

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan yang tidak sedap secara alami. Selain bahan-bahannya mudah didapat, cara penggunaannya pun tidak sulit. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin setiap untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.