Cara Mudah Membuat Sinyal 4G Kuat dan Stabil di Android

Diposting pada

Bagi sebagian besar orang keberadaan jaringan internet adalah hal yang sangat penting bagi kebutuhannya untuk berselancar di dunia maya. Ditambah dengan sinyalnya yang stabil dan juga kuat, tentu akan membuat semua orang merasa nyaman ketika browsing di internet. Namun adakalanya yang terjadi justru sebaliknya. Sinyal tidak stabil, lemot, bahkan cenderung sering menghilang tanpa sebab. Meskipun sudah memenuhi sinyal 4G sekalipun, namun kemungkinan itu sering sekali dialami oleh banyak orang.

Padahal hidup di lingkungan yang seperti sekarang ini di mana semua hal selalu bergantung pada internet, membuat keberadaan jaringan internet yang kuat dan juga stabil sangat didambakan oleh semua orang. Apalagi pada saat ini kebanyakan smartphone sudah memenuhi sinyal 4G yang pada kenyataannya jaringan ini masih susah didapatkan pada daerah-daerah terpencil. Saat ini jaringan 4G dapat mudah didapatkan di wilayah kota-kota besar yang ada di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya.

Sebagai informasi, untuk operator jaringan saat ini sinyal internet 4G bisa didapatkan dengan memakai kartu SIM seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan Tri. Namun seperti pada umunya, sinyal internet seringkali mengalami berbagai masalah seperti sinyal yang tidak stabil, lemot, tidak lancar dan lain sebagainya. Tak terkecuali bagi sinyal internet 4G.  Lalu bagaimana caranya agar sinyal 4G tetap stabil dan juga kuat? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinyal 4G yang buruk.

  1. Pilih Preferensi Jaringan yang 4G LTE

Salah satu cara untuk mengatasi sinyal 4G yang buruk adalah dengan memilih preferensi jaringan yang 4G LTE. Pada Android ada beberapa pilihan jaringan prioritas seperti GSM, WCDMA/3G dan juga 4G LTE. Maka dari itu agar mendapatkan sinyal 4G yang stabil dan juga kuat, Anda harus menyetel atau memilih jaringan prioriyas yaitu 4G LTE. Untuk mengatur peraturan ini, Anda bisa masuk ke “Pengaturan/Setelan” kemudian pilih “Jartu SIM & Jaringan Seluler” lalu pilih kartu SIM dan pilih prioritas 4G.

  1. Refresh Sambungan Data dengan Mode Air Plane

Untuk cara yang satu ini, mungkin sebagian besar orang tidak pernah mengetahuinya. Padahal tahukah Anda, bahwa dengan merefresh sambungan data dengan air plane, koneksi internet pada smartphone Anda yang sebelumnya terhambat menjadi lancar kembali. Cara mengaplikasikannya pun mudah sekali, Anda hanya perlu menghidupkan mode air plane atau pesawat jika sudah mati tunggulah beberapa saat kemudian hidupkan kembali dan lihat perbedaannya dari sebelum di refresh.

  1. Restart Android

Cara mengaplikasiannya hampir sama dengan merefresh sambungan dta dengan mode air plane. Namun jika hal itu masih belum berhasil, Anda juga bisa mencoba untuk merestart android atau mulai ulang. Biasanya jaringan internet akan dapat normal kembali.

  1. Mode Pengaturan Jaringan dari Panggilan Telepon

Terakhir, cara untuk mengatasi sinyal 4G yang buruk adalah dengan mengatur jaringan dengan mode panggilan yang dimaksud adalah dengan memanggil .#.#4636#.# (ganti “titik” dengan “bintang”)

Hal ini dilakukan jika Anda sudah melakukan tindakan dari poin 1-3 di atas namun sinyal jaringan 4G tetap tidak muncul. Lalu Anda akan diberikan memilih untuk setting jaringan, pilih saja kartu SIM yang Anda sambungkan ke internet. Lalu akan muncullah sebuah tampilan. Dari tampilan itu akan terlihat tulisan yang bertuliskan “TD-SCDMA, GSM/WCDMA, 4G LTE” klik saja kolom itu dan carilah “4G LTE ONLY”. Nantinya sinyal jaringan smartphone Anda akan otomatis melakukan pencarian jaringan yang Anda minta sebelumnya dan lihat hasilnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar sinyal 4G membaik. Apabila keempat poin diatas sudah dilakukan namun koneksi sinyal jaringan 4G tetap saja buruk, cobalah untuk selidiki penyebabnya seperti dari segi wilayah, SIM dan juga perangkat android. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.