Cara Mudah Mengatasi Kulit Kusam dengan Bahan Alami

Diposting pada

Memiliki kulit yang sehat dan tampak cerah adalah hal yang paling didambakan oleh semua orang, terutama bagi seorang wanita yang begitu mementingkan penampilannya tak terkecuali masalah kulit. Terlebih bagi wania yang berada di wilayah perkotaan yang penuh dengan polusi, namun tentunya kamu tidak bisa menghindari beraktivitas di luar ruangan sehingga polusi dan paparan sinar matahari sudah menjadi santapan sehari-hari. Hal ini juga yang mengakibatkan kulit menjadi mudah terlihat kusam dan kasar.

Selain untuk mengantisipasinya dengan menggunakan produk tabir surya secara rutin, tentunya kamu juga perlu melakukan beberapa perawatan untuk menjaga kulit agar tetap terlihat sehat dan tidak terlihat kusam. Meski di pasaran tersebar berbagai produk perawatan kulit, sebaiknya kamu menggunakan bahan alami untuk merawat kulit. Selain bebas dari kandungan kimia yang mungkin bisa memberikan efek iritasi pada kulit, bahan alami juga termasuk bahan yang aman untuk digunakan oleh berbagai jenis kulit dan kaya akan manfaat yang bisa langsung dirasakan oleh kulitmu.

Penasaran apa sajakah bahan alami yang bisa mengatasi kulit kusam? Berikut kita simak ulasannya.

Campuran Gula Putih dan Gula Jawa

Meski gula dapat memberikan efek yang kurang baik jika dikonsumsi secara langsung dalam takaran yang berlebihan, namun bahan alami ini ternyata bisa memberikan manfaat yang baik jika kamu gunakan sebagai ekfoliasi wajah. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan gula jawa dan gula putih, lalu tambahkan sedikit air. Setelah teksturnya menjadi lebih lembut, segera oleskan secara merata pada wajah dengan gerakan memutar, kemudian setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan ini rutin seminggu sekali. Hal ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, yang menjadi penyebab utama masalah dari kulit kusam.

 

Madu

Selain sangat bermanfaat jika dikonsumsi, madu juga bisa sangat efektif untuk digunakan sebagai perawatan kulit agar tidak terlihat kusam. Kamu bisa memanfaatnya sebagai masker. Dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 3 sendok oatmeal, kemudian oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah teksturnya mengering, kamu bisa membilasnya dengan air hangat sampai bersih. Oatmeal yang dicampurkan pada madu juga bersifat sebagai anti-oksidan dan anti-imflasi yang bekerja secara efektif untuk mengembalikan kecerahan pada wajah.

 

Aloe Vera

Ada berabagai macam pemanfaatan aloe vera diantaraya adalah sampo, jus hingga masker wajah. Menggunakan aloe vera sebagai masker pun sangat efektif agar kulit tidak terlihat kusam. Caranya pun cukup mudah,  dengan membersihkan terlebih dahulu lidah buaya dari duri, kemudian masukkan ke dalam air selama 10 menit guna menghilangkan lendirnya. Setelah itu angkat dan hancurkan potongan-potogan lidah buaya itu kemudian campurkan dengan madu secukupnya. Oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Agar mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu bisa  melakukannya secara rutin seminggu sekali perawatan kulit menggunakan aloe vera ini.

 

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi kulit kusam dengan bahan alami. Selain bahan-bahan diatas mudah didapat, tentunya dengan bahan alami kamu juga tidak perlu khawatir dengan kandungan-kandungan di dalamnya. Perawatan kulit ini akan sangat efektif bila dilakukan secara rutin, jika sebaliknya maka tidak ada yang tidak mungkin kulit tidak mengalami perubahan. Selain perawatan kulit di atas, kamu juga perlu untuk rutin berolahraga. Dari tubuh yang sehat akan memancarkan kulit yang sehat juga. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.