Cara yang SALAH yang Katanya Membuat Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak

Diposting pada

Pernah nggak mendengar omongan sebelum ngecas laptop baterai di copot aja dulu atau ngechasnya nunggu baterai sudah habis aja. Penulis sering mendengar omongan seperti ini. biasanya terjadi saat berada di lingkungan kampus. Apakah anda pernah mempercayai hal tersebut? Sebagai remaja yang menginjak dewasa, anda harus pintar-pintar mengelola informasi dan memilihnya mana yang hoax atau benar.

Namanya mitos adalah informasi yang tidak diketahui jelas sumbernya dimana. Untuk itu, artikel ini mengupas tuntas Cara yang SALAH yang Katanya Membuat Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak. Informasi apa saja sih yang sering dipercaya kebanyakan mahasiswa dan masyarakat? Mari di simak di bawah ini:

  1. Adapter setiap laptop tidak bisa di pakai bergantian

Perusahaan memberikan dan membuat adapter memang khusus untuk laptop pasangannya. Jadi jikalau ada teman anda yang memiliki tipe laptop dan bentuk laptop yang sama itu sebabnya anda perlu untuk mengatakan maaf.  Jika adapter laptop anda digunakan atau dipakai bergantian dengan orang lain, bisa-bisa baterai anda cepat rusak.

Kenapa bisa cepat rusak? Sebab setiap perusahaan mendesain adapter sesuai dengan arus listrik yang akan diterima masing-masing. Jika arus listrik yang ditetapkan lebih tinggi dari ketentuan laptop anda yang seharusnya, maka hal tersebut bisa memanggang hardware.

  1. Baterai kosong dulu, baru bisa diisi

Lagi-lagi sering mendengar anggapan seperti ini? hehe..pertama penulis sendiri tidak langsung menerima informasi tersebut. Karena penasaran, saya langsung membuka google tentang hal tersebut. Dan ternyata ini tidak bisa direkomendasikan.

Mungkin bisa dipercaya jika laptop anda masih menggunakan baterai jenis NiMH dan NiCd. Karena baterai ini memang memiliki kelemahan pada memory effect dimana jika baterai dices saat belum habis dayanya, menyebabkan kapasitas baterai sendiri menjadi berkurang.

  1. Lepas baterai saat melakukan pengecesan atau tersambung listrik

Dulu waktu kuliah, saya tidak mudah percaya informasi tersebut dari teman se kamar waktu itu. Setelah teman sekamar melakukan cara tersebut, dan dalam waktu sebulan justru laptop dia yang rusak. Ditambah pula kos sering terjadi padam listrik.

Selanjutnya dia meminta bantuan kepada ahli servis laptop. Tak lama ahli servis laptop mengatakan baterainya tidak bisa digunakan. Dan dia mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengganti baterai tersebut. Dengan alasan dan penyebab yang bisa diketahui langsung oleh si servis laptop. Maka dari itu jangan cepat percaya pada berita jika belum tahu asal sumbernya.

  1. Baterai penuh cepat segera cabut adaptornya

Penulis juga sering diberikan nasihat seperti ini, yah mungkin mendapatkan informasi tersebut sejak lama. Padahal di zaman yang semakin canggih saat ini, perusahaan laptop menyediakan yang namanya cycle count. Jika anda mencarger laptop saat baterai kosong justru akan berdampak pada mengurangi cycle count.

Perusahaan saat ini juga menganjurkan untuk menggunakan baterai dan charger secara bersamaan. Jadi jika baterai full, anda bisa membiarkannya tanpa harus di cabut terlebih dahulu cargernya. Saat ini baterai sudah menyediakan control baterai dimana bisa langsung stop charging saat baterai penuh.

Dari ke empat Cara yang SALAH yang Katanya Membuat Baterai Laptop Tidak Cepat Rusak. itu beredar, maka artikel ini akan memberikan tips merawat laptop dengan baik. Apa saja sih yang harus dilakukan?. Pertama pastikan bahwa anda mencarge laptop sebelum baterai habis sampai 15%. Justru ketika menunggu tanda seperti ini dan langsung itu berdampak pada rusaknya baterai.

Kedua dengan cara menjauhkan laptop diatas bantal dan sofa. Permukaan yang empuk membuat baterai yang ada dibawah laptop cepat panas karena sirkulasi udaranya tersumbat. Dengan begitu akan membuat laptop menjadi overheating dan bisa merusak komponen laiinya.

Ketiga, jika laptop jarang dipakai diwaktu yang lama sebaiknya simpan ditempat sejuk bukan lembab. Pastikan laptop tercarger dulu sampai penuh dan setelah itu mencabutnya kembali. Simpan dengan pelindung laptop seperti tas. Sesekali and bisa buka 2 kali dalam seminggu agar tidak cepat rusak.

Demikian informasi yang bisa saya jabarkan soal mitos-mitos yang terjadi saat ini. apabila anda yang ditanyakan bisa langsung isi kolom komentar di bawah ini. sekian terimakasih, sampai berjumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *