Kelebihan WordPress dibandingkan Blogger – Waktunya Migrasi!

Diposting pada

Saya berani memastikan hampir kurang lebih 70% Blogger pemula yang baru saja membuat blog pasti menggunakan Platform Blogger pada awalnya. Dan saya juga berani memastikan 70% Blogger yang sukses membangun blog di Blogger akan segera bermigrasi ke WordPress pada akhirnya. Pertanyaannya sekarang, mengapa para blogger pemula lebih memilih menggunakan Blogger dibandingkan WordPress dan mengapa para blogger sukses lebih memilih WordPress dibandingkan Blogger?

Blogspot atau WordPress

Menurut saya hal ini adalah hal yang cukup unik untuk dibahas. Sebelum masuk lebih jauh kedalam inti artikel ini, saya akan coba bahas menurut pendapat saya sendiri mengapa hal ini bisa terjadi. Tentunya bukan tanpa alasan seorang blogger pemula lebih memilih blogger dibandingkan wordpress. Beberapa alasan tersebut akan coba saya sebutkan di bawah ini :

Kelebihan Blogspot (Blogger.com)

  1. Blogspot dikelola langsung oleh Google

    Blogger.com atau yang lebih akrab dibandingkan blogspot dikelola langsung oleh Google yang merupakan mesin pencari nomor satu di dunia. Tentunya hal tersebut merupakan alasan utama mengapa para blogger pemula lebih memilih blogspot dibandingkan wordpress. Para blogger pemula mungkin berfikir, dikarenakan blogspot “anak bawang” google mungkin saja blognya bisa lebih sering muncul di halaman pencarian google, walaupun sebenarnya kenyataannya tidaklah seperti itu.

  2. Blogspot itu Mudah dan Praktis (User Friendly)

    Mengapa saya menyebut blogspot itu mudah dan praktis? Sekarang ini, blogspot sudah disupport oleh Bahasa Indonesia, selain itu, dengan blogspot kita bisa mengatur tampilan, layout, template, dan lain sebagainya dengan menggunakan kode HTML dan CSS. Namun tentunya untuk mengatur itu pengguna harus punya pengetahuan di bidang HTML dan CSS terlebih dahulu. Tapi saya bisa pastikan bila sobat fokus di dunia blog dengan menggunakan blogspot, lama-kelamaan sobat akan mengerti dan memiliki keterampilan di bidang HTML dan juga CSS.

  3. Blogspot Bisa di Monetisasi dengan Cara Apapun

    Dengan blogspot, seorang blogger awal pun bisa menghasilkan uang dari blog yang dikelolanya. Hal tersebut dikarenakan adanya fitur monetisasi / penghasilan pada dashboard blogspot. Fitur monetisasi tersebut nantinya akan dihubungkan dengan Google Adsense yang merupakan situs periklanan di Internet yang diselenggarakan oleh Google. Fitur monetisasi ini tidak akan bisa kita temukan di WordPress walaupun sebenarnya kita tetap bisa daftar ke Google Adsense dengan cara manual melalui WordPress. Namun menurut pengalaman saya sendiri, mendaftar adsense lebih mudah menggunakan Blogspot dibandingkan wordpress. Ntah karena Blogspot ‘Anak Bawang’ WordPress ataupun diluar itu hehehe…

Sebenarnya masih banyak alasan lain mengapa para blogger pemula lebih memilih blogspot ketimbang wordpress. Namun menurut saya, ke 3 alasan diatas merupakan alasan utama untuk sebagian besar blogger pemula yang lebih memilih blogspot dibandingkan wordpress.

Saya sendiri pun pada awalnya menggunakan Blogspot dan harus saya akui ke 3 alasan di atas lah yang membuat saya lebih memilih blogspot ketimbang wordpress pada saat itu. Namun setelah satu tahun ngeblog menggunakan blogspot, saya mulai penasaran mengapa website-website besar dan para blogger-blogger yang sukses menggunakan wordpress dan bukan blogspot? Saya sempat mengira mungkin memang pada awalnya mereka membuat blog di wordpress sehingga sampai sekarangpun mereka tetap menggunakan wordpress. Namun ternyata tidak begitu, para blogger-blogger sukses pada awalnya juga sebagian besar menggunakan blogspot untuk membangun blog mereka. Namun setelah blog mereka besar, barulah mereka memilih untuk berpindah ke wordpress. Mengapa demikian?

Migrasi ke WordPress

Menurut pengalaman saya sendiri, sebagai blogger pemula saya hanya berfikir bagaimana caranya saya bisa membangun blog saya, mempercantik tampilannya dan membuat artikel saya ada di halaman pencarian google. Dengan blogspot saya dan Sobat semua pasti bisa melakukan ketiga hal tersebut. Namun setelah satu tahun ngeblog saya tahu bahwa ngeblog itu bukan hanya tentang ketiga hal yang tadi saya sebutkan di atas. Saya menyadari bahwa dengan blogspot saya tidak bisa bebas mengubah, mengatur serta bereksperimen dengan media seperti media gambar, musik dan video. Mengatur permalink, mengatur url artikel, mengatur category artikel dan hal-hal lainnya yang ada pada blog yang kita milikki. Hal tersebut dikarenakan Hosting yang kita gunakan di blogspot tidak bisa dengan bebas kita kelola.

Mengapa saya akhirnya memutuskan untuk bermigrasi dari blogspot ke wordpress? Sebelumnya silahkan baca artikel saya dulu yang sebelumnya.

Pengalaman Plus dan Minus Migrasi dari Blogspot ke WordPress

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog di WordPress

Kelebihan WordPress

  1. Pilihan Tema yang Sangat Banyak dan Mudah diatur

    Kalo masalah Tema yang banyak sih Blogspot juga tentunya punya tema yang banyak. Tapi dengan blogspot tema yang kita atur akan cukup ribet karena harus berhubungan langsung dengan HTML yang ada pada tema tersebut. Namun dengan wordpress kita bisa dengan mudah mengatur Bagian Menu, Widget, Sidebar dan lain sebagainya bahkan tanpa menyentuh HTML atau Koding sekalipun.

  2. Bisa Mengubah Struktur Pemalink Sesuai Keinginan

    Jujur saja, hal ini turut menjadi alasan mengapa saya ingin berpindah dari blogspot ke wordpress. Di blogspot, apabila kita membuat sebuah artikel maka permalinknya secara default akan seperti ini : www.domainanda.com/tahun/bulan/artikel-anda. Hal tersebut jujur saja cukup mengganggu bagi saya, saya ingin permalinknya lebih simpel seperti ini : www.domain.com/artikel . Dengan blogspot kita tidak akan bisa mengubahnya. Sedangkan dengan wordpress kita bisa sesuka hati mengubahnya.

  3. Fasilitas Plugin

    Ini yang paling penting, dengan wordpress kita akan dibantu dengan sebuah Plugin yang akan memanjakan kita untuk mengatur blog yang kita milikki. Contohnya, jika kita ingin sebuah widget ‘Popular Post’ . Kita bisa menggunakan plugin ‘Popular Post’. Jika kita ingin plugin ‘Sticky Widget’ Kita hanya perlu cari plugin ‘sticky widget di wordpress. Bahkan di wordpress juga ada beberapa plugin SEO yang sangat membantu blog kita agar bisa terus tampil di halaman pencarian google. Menarik bukan?

Jika sobat cukup tertarik untuk membuat blog menggunakan wordpress ataupun ingin mencoba bermigrasi dari blogspot ke wordpress, sobat bisa baca artikel tentang Cara Membuat Blog di Wordpres. Di artikel tersebut dijelaskan secara rinci dan lengkap bagaimana caranya membuat blog menggunakan wordpress dari Awal sampai Akhir.

Bagaimana? Apakah setelah membaca artikel ini sobat blogger tertarik untuk bermigrasi dari Blogspot ke WordPress seperti yang saya lakukan ini? Atau sobat malah tertarik untuk membuat blog baru menggunakan wordpress? Jika sobat ingin serius dalam dunia blogging saya sangat menyarankan sobat untuk segera bermigrasi dan menggunakan WordPress. Saya berani jamin bahwa WordPress adalah masa depan yang cerah untuk blog yang sobat milikki. Terimakasih dan Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.