Penyebab Artikel Blog Sulit Terindex Google dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Sobat pembaca pasti pernah merasakan bagaimana rasanya kita sudah bersusah payah membuat artikel sebaik mungkin, namun setelah di publish sulit sekali terindex google. Apalagi jika yang berada di page one adalah situs web orang lain yang bila kita baca isi artikelnya bisa dibilang tidak jauh lebih baik dari artikel yang sudah kita buat. Cukup menjengkelkan bukan? Nah karena itu pada artikel kali ini saya akan coba beri sobat solusi dari beberapa penyebab artikel blog yang sulit terindex oleh google. Semoga dengan adanya artikel ini sobat bisa mengatasi artikel blog yang sulit terindex oleh search engine seperti google, bing, yahoo dan yang lainnya. Silahkan disimak.

Penyebab Artikel / Postingan Halaman Website Susah / Tidak di Index Google

Berikut ini ada beberapa faktor yang menghambat postingan susah dan lama atau bahkan tidak terindek sama sekali.

1. Web atau Blog terkena Penalty Google

Situs yang terkena penalti atau penalize biasanya sangat susah untuk terindek kembali. Karena isi dari blog tersebut tidak sesuai dengan kebijakan dan ketentuan google.

2. Postingan Artikel di Anggap Spam

Jangan terlalu banyak membuat artikel dengan judul yang sama karena akan di anggap spam oleh google.
Selain itu juga submit url secara berulang ulang atau terlalu banyak postingan yang di fetch us google pada satu hari yang sama juga bisa menjadi penyebab utama halaman sulit di index mesin pencarian.

3. Kesalahan Pada Settingan Perayapan Robot.txt

Google bot akan merayapi semua isi artikel yang di kehendaki pemilik blog. Salah satu penyebab utama postingan susah di indek adalah pengaturan robot.txt yang salah atau bahakan belum di setting pengaturannya.
Hal tersebut bisa berakibat menghambat atau bahkan bisa menghalangi perayapan google boot sehingga web kita tidak bisa ditemukan di pencarian.

4. Menggunakan Aged Domain/Expired Domain

Biasanya pemilihan expired domain yang kurang tepat akan membuat blog kita susah terindex. Karena kita kurang teliti dalam menyortir domain expired sehingga kita mendapatkan domain kadaluarsa yang pernah dijadikan spam oleh pemilik sebelumnya. Biasanya berhubungan dengan penyebab pertama di atas bahwa web tersebut pernah terkena penalti atau sandbox.
Artikel diatas merupakan beberapa penyebab yang sering menjadi masalah yang menyebabkan blog tidak kunjung terindek google.
Namun bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut apabila sudah terlanjur terjadi? Bagaimana mau bisa page one atau muncul di halaman pertama jika blog saja tidak terindex?
Mau nulis artikel berapapun juga akan percuma apabila tidak bisa di deteksi oleh google. Oleh karena itu pengindekan artikel sangatlah penting untuk membuat blog kita dikenal oleh bot atau perayap oleh mesin penelusuran.

Cara Mengatasi Postingan Artikel dan Halaman Homepage Blog yang Tidak TerIndex Google dengan Cepat

Dibawah ini terdapat beberapa artikel yang bisa dicoba oleh temen temen yang sedang memiliki masalah pengindekan postingan. Semoga bisa membantu agar bisa lebih cepat di index google.

1. Untuk Blog atau Website baru

  • Jangan lupa selalu mendaftarkan situs temen temen ke google webmasters tools.
  • Daftarkan semua blog baik dengan www. maupun tanpa www.
  • Setelah didaftarkan bisa dilanjutkan ke tahap verifikasi kepemilikan.
  • Bisa menggunakan tambahkan tag meta yang bisa di copy paste langsung ke edit template dan di letakan diantara kode <head> dan </head>.
  • Jika sudah berhasil verifikasi pada salah satu metode yang ada pada menu webmaster bisa mencoba ke perayapan/crawl dengan fetch us google.
  • Bisa dipilih ambil sebagai google, coba lakukan hal tersebut apakah sudah bisa dirayapi bot google atau belum?
  • Jika berhasil temen temen bisa langsung cek di pencarian google dengan memasukan site:namabloganda.blogspot.com.
  • Coba lihat apakah homepage atau halan utama nya sudah terindek google atau belum?
  • Apa yang harus dilakukan apabila terjadi kesalahan pada saat fetch us google?
  • Jika terjadi kesalahan halaman tidak bisa terindek bisa di cek pada bagian perayapan penguji robot.txt.
  • Apakah bisa di rayapi oleh penguji robot.txt atau google bot?
  • jika masih kosong dan tidak bisa ditemukan oleh robot.txt tersebut temen temen bisa copy kode html standard yang biasa dipakai untuk membantu google bot agar bisa membaca web temen temen.
  • Temen temen bisa memasukan manual ke penguji robot.txt. Copy pastekan kode di bawah ini di pengujian robot.txt di webmaster.User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:
    User-agent: *
    Disallow:
    Allow: /
    Sitemap: http://www.namawebanda.com/sitemap.xml
  • Setelah dicopy code diatas bisa langsung di kirim dan dipilih yang nomor 3 yaitu minta google untuk memperbaharui dan klik kirim.
  • Selanjutnya bisa kembali fetch us google untuk merender halaman utama atau homepage temen temen yang belum terindek. Setelah berhasil bisa di cek kembali pada pencarian google dengan mengetik site:namabloganda.com.
  • Apakah sudah terindek dan muncul di mesin pencarian google?
  • Seharusnya sih sudah di index jika sudah melakukan semua hal di atas. Selamat blog anda sudah bisa cepat dan mudah ditempukan pada mesin pencarian google.
  • Namun apabila ada yang masih belum bisa terindek dan tidak bisa di temukan di mesin pencarian apa yang harus dilakukan?
  • Jangan khawatir jika blog anda masih susah di index google. Masih ada satu cara lagi untuk mempercepat agar web mudah di index mesin pencarian.
  • Coba membuat satu postingan artikel terlebih dahulu dan jangan lupa di publish. Setelah itu anda bisa kembali ke webmaster dan membuat peta situs atau sitemap.
  • Klik sitemap pada bagian perayapan/crawl webmaster kemudian pilih tambahkan atau uji peta situs.
  • Lalu tambahkan sitemap.xml dan kirim selanjutnya refresh halaman anda. Setelah berhasil membuat sitemap bisa mencoba submit url di google.
  • Buka google.com dan ketikan keyword submit url setelah itu klik alamat yang ada tulisannya submit url.
  • Masukan secara bertahap alamat url situs anda dari link home page halaman utama dan juga masukan url postingan yang baru anda buat tadi. Setelah berhasil di input satu persatu anda bisa mengecek di mesin pencarian google.
  • Ketikan alamat web anda di kotak pencarian dan lihatlah hasilnya. ┬áSelamat web anda sekarang sudah bisa di indek dan di temukan di penelusuran google dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Nah, demikian sudah saya jelaskan semuanya secara rinci. Semoga sekarang sobat blogger bisa paham mengapa artikel blog sobat sulit sekali terindeks oleh google. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat!

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *