Penyebab Dan Cara Mengatasi Fingerprint Error Pada Android

Diposting pada

Masalah fingerprint error / sensor sidik jari yang error pasti pernah dialami oleh pemilik smartphone model terbaru sekarang ini, dibalik kemudahannya ternyata sistem fingerprint ini memiliki beberapa kekuranga. Tak heran, jika banyak pengguna yang mencari penyebab dan cara memperbaiki fingerprint error pada smartphone, sebetulnya penyebab fingerprint error ini tidak jauh-jauh karena pemakaiannya yang kurang hati-hati ataupun kecerobohan si pemilik. Namun, adapula beberapa kasus yang memang terjadi karena sistem smartphone yang kurang baik. Cara memperbaiki fingerprint error pada smartphone dapat dilakukan sendiri dirumah atau jika kerusakannya sudah parah, barulah membawanya ke service center terdekat.

Dibawah ini ada beberapa poin yang disinyalir menjadi penyebab mengapa fingerprint (sistem sidik jari) pada smartphone mengalami error, berikut adalah poin-poinnya:

  1. Jari tangan kotor

Penyebab utama yang paling banyak ditemui adalah kondisi jari yang kotor, banyak pengguna yang melakukan scan fingerprint dengan keadaan jari yang sangat kotor. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, dalam jangka waktu tertentu sistem tersebut akan mengalami kerusakan atau yang biasa disebut mengalami hang.

  1. Scanner pada smartphone tergores

Penyebab kedua adalah, sistem scanner dari smartphone yang mengalami goresan. Apabila scanner mengalami goresan sedikit saja maka kemampuan melakukan deteksi sidik jari akan berkurang dan tidak sesensitif semula. Banyak faktor yang dapat menyebabkan scanner tergores, seperti benda tajam jarum, peniti atau bahkan kunci, kartu dan lain sebagainya,

  1. Tangan yang basah/terkena air hujan

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa sistem smartphone perlu dihindari dari air. Pada bagian-bagian smartphone terdapat lubang-lubang kecil tak kasat mata yang ternyata dapat ditembus oleh air hujan. Apabila air hujan/air lainnya masuk ke dalam scanner, maka scanner akan mengalami error bahkan kerusakan yang lebih parah. Jika seperti itu, tidak menutup kemungkinan bahwa smartphone yang bersangkutanpun akan mengalami kerusakan.

  1. Terlalu banyak riwayat sidik jari yang didaftarkan pada sistem

Fitur fingerprint ini memang sudah dirancang dapat memuat beberapa sidik jari bahkan sampai lima sidik jari, yakni ibu jari, telunjuk, jari tengan, jari manis sampai dengan kelingking. Namun, tahukah Anda bahwa dibalik itu semua, ternyata apabila mendaftarkan terlalu banyak sidik jari pada smartphone dapat menyebabkan sistem menjadi error.

Setelah mengetahui keempat penyebab fingerprint smartphone mengalami error, ada baiknya jika Anda juga mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Simaklah uraian dibawah ini tentang bagaimana cara memperbaiki sistem fingerprint yang error:

  1. Melakukan reboot, cobalah untuk melakukan restart ulang pada sistem fingerprint anda, dengan begitu sistem akan kembali fresh dan file crash pada smartphone akan menghilang.
  2. Menghapus semua data fingerprint yang sudah terdaftarkan, cara selanjutnya adalah dengan menghapus semua data sidik jari. Nantinya, Anda akan mengalami pendaftaran ulang sidik jari.
  3. Factory mode, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengembalikan sistem smartphone ke dalam pengaturan pabrik atau yang biasa disebut factoy mode, sebelum melakukan cara ini pastikan semua data Anda sudah terbackup dengan sempurna terutama data-data penting.

Itulah sejumlah informasi tentang apa saja penyebab fingerprint error dan bagaimana cara mengatasinya, tetap berhati-hatilah dalam menggunakan fitur yang satu ini. Sensor sidik jari memang membutuhkan sistem sensitivitas yang tinggi, keempat poin penyebab fingerprint error yang sudah disebutkan di atas menjadi empat penyebab yang paling banyak terjadi, jadi untuk berjaga-jaga lebih baik hindari keempat kebiasaan buruk tersebut.

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *