Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya. Blog ini berbagi Tutorial Blogger, Tutorial VSCO, Tutorial Game, Informasi Pendidikan, Prediksi Soal dan hal menarik lainnya.

Penyebab Karang Gigi dan Cara Membersihkannya dengan Bahan Alami

0 14

Merawat kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap orang. Selain menunjang penampilan, kesehatan gigi juga akan menghindari kita terkena penyakit-penyakit gigi. Warnanya yang kuning dan juga berkarang akan membuat seseorang menjadi minder dan takut untuk berbicara dengan orang lain. Diantara dampaknya seperti dapat memicu terjadinya gigi berlubang. Lalu apa sebenarnya penyebab dari munculnya karang gigi yang membuat seseorang menjadi bau mulut? Berikut penjelasannya.

Penyebab Munculnya Karang Gigi

  1. Tidak menyikat gigi setelah makan

Selain dianjurkan untuk menyikat gigi sebelum tidur, ternyata menyikat gigi setelah makan juga sangat penting untuk memelihara kesehatan gigi dan menghindari munculnya karang gigi. Menyikat gigi setelah makan bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada celah-celah gigi, sehingga kesehatan mulut akan terjaga dengan baik lagi.

  1. Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu juga dapat memicu munculnya karang gigi. Diantaranya adalah mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, merokok dan mengonsumsi makanan manis berlebih seperti permen dan coklat.

  1. Cara menyikat gigi yang tidak benar

Meski sudah rutin menyikat gigi, jika cara menyikatnya tidak benar maka akan percuma. Karang gigi pasti masih saja ada. Hal ini karena menyikat gigi dengan asal-asalan tidak akan bisa membersihkan sisa-sisa makanan secara tuntas. Sikatlah ke seluruh bagian gigi. Lakukan gerakan vertikal atau melingkar dari atas ke bawah hingga pada bagian tepi gusi. Bersihkan juga lidah menggunakan pembersih lidah, guna untuk menghilangkan kuman dari sisa makanan yang menempel di lidah. Kemudian, berkumur dengan air hingga bersih.

  1. Plak yang tidak dibersihkan

Jika melihat ada sedikit plak yang kekuningan maka segera bersihkan dengan berkumur. Plak yang masih tipis biasanya dapat dihilangkan dengan menyikat gigi. Namun untuk plak yang sudah lama terbentuk, dianjurkan untuk membersihkannya ke klinik gigi. Plak yang tidak dibersihkan juga memicu munculnya karang gigi.

Itulah diantara penyebab dari munculnya karang gigi. Hal-hal seperti ini seharusnya tidak disepelekan, mengingat akan memunculnya permasalahan yang tidak kecil, yaitu karang gigi. Karang gigi juga mempunyai efek dan bahaya jika tidak dibersihkan, yaitu seperti bau mulut, radang gusi, periodontitis, gigi berlubang serta gangguan kesehatan lainnya. Maka dari itu penting bagi kita untuk membersihkan karang gigi.

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan  Bahan Alami

  1. Jambu biji

Journal of Applied Microbiology memaparkan bahwa buah jambu biji memiliki potensi untuk dijadikan obat bagi penyakit periodontal atau penyakit yang berhubungan dengan gusi serta ampuh untuk membunuh bakteri Streptococcus muntans yaitu jenis bakteri yang menyebabkan terbentuknya plak gigi. Maka dengan begitu, jambu biji sangat diajurkan sekali untuk menghilangkan plak dan juga karang gigi.

Dalam mengonsumsinya pun cukup mudah, dengan langsung mengunyah jambu biji yang sudah dipotong-potong. Pastikan untuk mengunyahnya tepat di bagian gigi yang berkarang atau terdapat plak dan taburkan sedikit garam. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini 1 sampai 2 kali sehari.

  1. Cengkeh

Sebuah penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology menyatakan bahwa cengkeh dapat mengatasi sakit gigi dan menghilangkan karang atau plak. Hal ini karena terdapat senyawa yang berfungsi sebagai anti plak dan anti peradangan gusi.

Untuk penggunaannya pun cukup mudah, pertama haluskan terlebih dahulu cengkeh. Lalu ambil 1 sendok teh cengkeh yang bubuk, tuangkan ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan 5 tetes minyak zaitun. Aduk rata. Setelah itu, gunakan campuran ini untuk menyikat gigi.

  1. Teh hijau

Teh dari golongan Camellia sinentesis ini juga memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, diantaranya dapat menghilangkan karang gigi dan mencegah radang gusi. Selain itu, teh hijau juga dapat memperlambat pertumbuhan bakteri pembentuk plak hanya dalam hitungan menit.

Untuk mengonsumsinya, cukup dengan menggunakan air rebusan teh hijau untuk berkumur. Bahan ini sangat aman dan juga tidak memicu efek samping apapun.

  1. Lidah buaya

Para ilmuan menemukan bahwa dalam lidah buaya terkandung anti bakteri dan anti mikroba. Hal ini yang menyebabkan banyak masyarakat yang menggunakannya untuk mengatasi radang gusi, menghilangkan plak dan juga karang gigi.

Cara penggunannya pun mudah, cukup oleskan lendir atau gelnya pada gigi dengan menggunakan jari atau sikat gigi. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian berkumurlah hingga bersih. Gunakan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

  1. Kulit jeruk

Selain buahnya, kulit jeruk juga memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah berguna untuk menghilangkan karang gigi dan dapa memutihkan gigi. Hal ini karena kulit jeruk mengandung limonene didalamnya. Selain itu juga vitamin C yang berperan sebagai antibakteri.

orange

Dalam penggunannya, cukup usapkan kulit jeruk pada bagian gigi yang berkarang. Lakukan ini saat akan tidur di malam hari, karena memerlukan waktu selama 7 jam. Keesokan paginya berkumurlah hingga bersih.

Itulah diantara cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami yang bisa kita lakukan. Selain bahan-bahannya mudah tidak dapat, kita juga tidak perlu khawatir dengan efek samping, karena bahan alami sangat aman bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.