Perbedaan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Diposting pada

Perbedaan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Perbedaan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Di zaman sekarang ini, Perkembangan sebuah teknologi tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia, baik dalam bidang Transportasi, komunikasi, kesehatan, hiburan dan lainnya. Teknologi menjadi tolak ukur untuk kecanggihan sebuah peradaban.

Maka di zaman sekarang ini banyak perusahaan berlomba – lomba untuk membuat sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi. Dan dua penemuan yang mungkin ke depannya akan mengubah peradaban dunia hiburan bahkan dunia kemiliteran dan medis, yaitu AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality).
Dan Pada Artikel kali ini kita akan mengetahui ap asih perbedaan kedua benda tersebut selain dari namanya yang berbeda. ayooo kita coba mencari tahu..
  • AR (Augmented Reality) 

    Perbedaan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) - AR

    Augemented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungkan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti dunia maya yang sepenuhnya menggantikan dunia nyata, augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kekurangan dari dunia nyata.

    Contoh dari AR (Augmented Reality) yaitu game android Pokemon Go yang pernah booming di indonesia, itu adalah salah satu contoh dari AR ini. Yang mana memungkinkan pengguna Smartphone untuk melihat pokemon dari layar hpnya di tempat dia berada atau muncul di hadapannya.

    Untuk memunculkan itu AR membutuhkan Input camera device atau webcam dan output seperti monitor, agar benda dua dan tiga dimensi yang di simulasikan melalui alat AR  dapat muncul di dunia nyata.

  • VR (Virtual Reality)

    Perbedaan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) - VR

    Virtual Reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

    Contoh penggunaan dari VR (Virtual Reality) seperti, dalam bidang seni adanya Lukisan yang hanya bisa di lihat dari alat VR, dalam bidang Olahraga, ada belajar panjat tebing, Tinju, tenis lapangan dan banyak lagi, bahkan di gunakan dalam bidang medis dan kemiliteran seperti berlatih tembak.

Perbedaan VR dan AR

Jadi perbedaan dari VR dan AR adalah VR (Virtual Reality) hanya sebuah realitas maya yang hanya bisa di lihat menggunakan alat VR ini sedangkan AR (Augmented Reality) adalah sebuah Realitas Tertambah yang mana AR implementasinya di dunia nyata dan menggunakan alat untuk menampilan hal 2D atau 3D dan memproyeksikannya ke dunia nyata.

itulah sedikit yang bisa saya jelaskan tentang Perbedaan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality). Semoga Artikel ini bisa membantu anda dalam membedakan hal tersebut.

Beri Nilai Artikel ini : 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Loading...

Artikel Serupa:

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *