Setelah Ujian Nasional, Lakukan Beberapa Kegiatan Positif Berikut Ini

Diposting pada

Setelah mengikuti ujian nasional (UN) terutama Kamu yang duduk dibangku SMA dan sederajatnya pasti sangat lega dan menganggap masa setelah UN adalah saat untuk liburan. Benar begitu? Banyak aktivitas yang dapat Kamu lakukan setelah ujian nasional, mulai dari acara sekolah seperti farewell party sampai dengan acara luar sekolah seperti touring, traveling dan masih banyak lagi.

Disamping keseruan tersebut, cepat atau lambat Kamu pasti merasakan kejenuhan. Untuk mengatasi kejenuhan yang muncul, Kamu bisa loh melakukan berbagai hal positif untuk mengisi waktu luang setelah ujian nasional.

Penasaran apa saja kegiatan yang dapat dilakukan? Simaklah poin-poin berikut ini:

Mengikuti Bimbel
Bimbel atau bimbingan belajar dapat Kamu ikuti setelah ujian nasional, terutama jika ingin melanjutkan ke universitas. Ketika mengikuti bimbel, Kamu akan kembali seperti sekolah, pelajaran yang dibahas hanya seputar pelajaran yang muncul di SBMPTN nanti.

Selain mendapatkan pelajaran tambahan, dengan mengikuti bimbel Kamu juga akan berlatih soal-soal SBMPTN tentu saja soal-soal SBMPTN tersebut berbeda dari sal UN. Mulai dari cara pengerjaan, waktu sampai dengan perhitungan nilai semuanya berbeda.

Kamu juga akan diajarkan yang namanya psikotest, psikotest ini tidak Kamu dapatkan di sekolah akan tetapi psikotest adalah test ujian yang paling penting dalam menentukan nilai Kamu saat seleksi masuk perguruan tinggi.

Kursus Bahasa Asing
Selain bimbel, Kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa asing. Sangat direkomendasikan setelah ujian nasional selesai Kamu mengikuti kursus bahasa inggris. Jika ingin mempelajari bahasa lain juga dipersilahkan, mengikuti kursus bahasa asing akan menambah wawasan dan skill Kamu ketika amsuk ke universitas ataupun ke dunia kerja.

Mencari Part Time
Mungkin Kamu belum bisa melamar pekerjaan karena belum memiliki ijazah yang sah, akan tetapi Kamu bisa kok melamar sebagai pegawai part time. Pegawai part time ini dapat berupa apa saja, baik itu pelayan restoran, penulis artikel ataupun berjualan sesuatu.

Melakukan pekerjaan part time dapat menambah pengalaman kerja Kamu loh, Kamu akan lebih tahu bagaimana rasanya mencari uang dan mednapatkan penghasilan sendiri walaupun jumlahnya tidak seberapa paling tidak hal tersebut dapat menumbuhkan rasa kepuasan tersendiri dalam hati.

Menyalurkan Hobi
Jika sebelumnya Kamu terlalu sibuk belajar untuk mengikuti ujian nasional, maka sekarang adalah waktunya untuk menyalurkan hobi. Kamu yang hobi bermusik bisa mulai mengasah kembali kemampuan bermusik baik berlatih sendiri maupun mengikuti kursus.

Begitupun Kamu yang hobi membuat kerajinan dapat mulai melakukan hobi itu lagi dan menjual hasilnya, selain mengisi waktu liburan yang bermanfaat sekaligus juga dapat menghasilkan.

Mempersiapkan Pakaian Untuk Kuliah
Mempersiapkan pakaian untuk kuliah nanti juga merupakan hal penting, Kamu bisa mulai menyicil membeli baju yang sesuai dengan jurusan yang akan dipilih. Berbeda dengan sewaktu di SMA pada saat kuliah Kamu menggunakan baju bebas, sehingga memerlukan stok baju yang banyak untuk dipakai kuliah sehari-hari.

Walaupun mengenakan baju bebas, pastikan Kamu memilih baju atau pakaian yang sopan dan jangan terlalu terbuka.
Itu dia beberapa hal yang dapat Kamu lakukan setelah Ujian Nasional, pastikan semua aktivitas yang dilakukan adalah aktivitas yang positif dan sangat bermanfaat.

Waktu luang setelah ujian nasional juga dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan studi lanjut atau mencari pekerjaan, bagi Kamu yang ingin langsung melamar kerja lebih baik manfaatkan waktu ini untuk melengkapi berkas-berkas yang dipelukan dan mengikuti berbagai pelatihan softskill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.