Tips Cara Sukses Lulus SNMPTN 2018 Ala Seciko.id

Diposting pada

Tadinya sih saya ingin memberikan Judul “Tips Cara Mudah Sukses Lulus SNMPTN 2018” pada artikel kali ini, tapi saya sadar gaada satupun di dunia ini yang bisa kita dapetin secara instan dan mudah tanpa perjuangan. Bahkan, jika benar-benar ada artikel di situs web lain yang membuat Artikel yang Berjudul “Tips Mudah…. bla…bla…bla…”, hal tersebut sudah bisa dipastikan bohong. Karena pada kenyataannya, apabila hal tersebut bisa dikatakan mudah mungkin para pengunjung blog pun tidak harus mencari-cari artikelnya di Google dengan susah payah hehehe…

Baiklah sekarang kita langsung ke intinya, tips cara sukses lulus snmptn 2018 ini saya berikan untuk sobat yang sebentar lagi akan menghadapi SNMPTN 2018. Jangan sampai terlewat satu katapun ya sobat, karena kata demi kata di artikel ini telah disusun sedemikian rupa agar berkaitan satu sama lain. Sehingga apabila sobat melewatkan 1 kata dari artikel kali ini, sobat mungkin akan sulit memahami kata-kata selanjutnya hehehe.

Bagi kalian yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas atau sederajat, pastinya punya keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Untuk masuk perguruan tinggi negeri sendiri umumnya ada tiga cara yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Dan cara paling mudah menurut saya melalui SNMPTN karena tanpa Tes dan hanya mengumpulkan nilai raport serta piagam pengharagaan jika ada.
Namun, untuk berhasil lolos SNMPTN bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisa lolos SNMPTN. Maka dari itu, sedari sekarang harus dipersiapkan matang matang jangan hanya mengandalkan faktor keberuntungan. Karena jumalh pesaing di SNMPTN sangatlah banyak sampai puluhan ribu dari berbagai daerah dengan kemampuan dan keunggulan sendiri sendiri. Dan perlu diketahui, bahwa yang diambil dari puluhan ribu pendaftar SNMPTN paling hanya 10% yang diterima dan lainnya ikut SBMPTN atau Seleksi Mandiri
Oleh karena itu , saya akan membagikan tips agar kita bisa lolos SNMPTN dan mengalahkan puluhan ribu pendaftar lainnya. Langsung aja berikut ini tips nya :

1. Perhatikan Nilai Rapor dan Sertifikat yang Anda Miliki Sebelum Menentukan Jurusan

Apabila anda ingin lolos SNMPTN perhatikan nilai rapor anda, khususnya di nilai rapor masing masing jurusan kalian. Dan usahakan nilai rapor kalian tidak ada penurunan yang terlalu lebih dari satu digit atau tidak boleh labil nilainya tapi harus stabil atau ada peningkatan.
Sebenarnya tidak semua nilai menjadi pertimbangan lolos atau tidaknya SNMPTN, hanya beberapa nilai tertentu yang akan jadi pertimbangan sesuai jurusanmu. Jadi, jangan heran jika ada orang yang lebih rendah nilai nya dari nilai mu tapi malah dia yang diterima SNMPTN. Bisa jadi nilai nya sesuai dengan kriteria lolos SNMPTN. Yang penting menurut saya nilai rapor harus stabil dan kalau bisa ada peningkatan setiapi semester.
Berikut ini terdapat beberapa nilai khusus yang dipertimbangkan dalam kelolosan SNMPTN :
  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Kimia
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, Sosiologi
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kompetensi Keahlian
Dalam masuk PTN melalui SNMPTN diperlukan rapor dari semester satu sampai lima berseeta piagam penghargaan atau prestasi jika ada. Nilai rapor akan dilihat beberapa nilai khusus saja sesuai jurusan anda. Sedangkan , piagam perhargaan akan menjadi nilai plus dalam pertimbangan diterima nya SNMPTN.

2. Ketahui Pasti Jadwal SNMPTN

Dengan mengetahui jadwal pelaksanaan SNMPTN, maka kalian bisa mempersiapkan berkas berkas yang diperlukan untuk mendaftar SNMPTN., memikirkan plan prodi dan PTN mana yang akan dipilih, mengetahui langkah daftar snmptn dll. Jadi anda jangan kurang update jadwal SNMPTN, pastikan anda sering sering lah buka web snmptn agar tidak ketinggalan info snmptn.
Untuk SNMPTN tahun 2018 belum keluar jadwal snmptn nya tapi biasanya sih melihat dari tahun tahun sebelumnya, SNMPTN dilaksanakan awal tahun sekitar bulan januari – februari.

3. Pahamilah Ketentuan dan Persyaratan SNMPTN

Secara umum , ketentuan SNMPTN yaitu mengumpulkan nilai rapor dari semester satu sampai semester lima dan piagam penghatgaan jika ada. Selain itu, sekolah asal harus punya NPSN , peserta juga harus memiliki NISN dan beprestasi unggul.
Sedangkan untuk persyaratan hampir sama dengan ketentuan tapi hal penting yang harus diperhatikan adalah prestasi unggul peserta yang bisa dipertimbangkan berdasarkan akreditasi sekolah asal.
Berikut ini persyaratan sekolah berdasarkan akredirasi sekolah tersebut :
  • a. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
  • b. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
  • c.akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
  • d. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.

4. Gali Informasi Tentang Prodi, Jurusan, dan PTN Incaran Anda

Sebelum anda mendaftar SNMPTN anda harus mencari informasi mengemai prodi, jurusan, dan PTN yang jadi incaran anda. Maka anda perlu mengunjungi website PTN yang anda tuju, dapatlan informasi lebih banyak tentang pilihan prodi anda.
Beberapa hal ketentuan yang harus dipehatikan dalam memilih PTN antara lain :
  • a. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Apabila memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • b. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi.
  • c. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • d. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • e. Jika ada, lampirkan sertifikat atau bukti penghargaan pendukung yang relevan dengan program studi yang akan kamu ambil. Misalkan mendaftar program studi Akuntansi, lampirkan sertifikat ikut serta olimpiade atau lomba tingkat regional bahkan nasional. Jika mengambil program studi olahraga, lampirkan sertifikat kejuaraan lomba olahraga. Begitu juga program studi Seni.
  • f. Pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN 1 maka akan diseleksi di PTN 2 berdasar urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.
Kalau saran saya dalam memilih prodi, jurusan, dan PTN harus diperhatikan akreditasi nya , pilih yang akreditasi A. Dan berdasarkan pengalaman saya memilih prodi hatus lah sesuai dengan jurusan anda sewaktu SMA sederajat dan tentunya berdasarkan mapel yang nilai nya stabil atau selalu ada peningkatan
 Disamping itu , anda juga harus mengetahui kuota dan riwauat alumni sekolah anda di PTN incaran anda. Jikalau ada alumni sekolah anda yang bermasalah dengan SNMPTN pada PTN tersebut maka akan membuat sekolah anda di black list oleh PTN  tersebut. Artinya, kemungkinan anda untuk bisa lolos SNMPTN di PTN tersebut sangatlah kecil

5. Ingatlah Bahwa Sobat Memiliki Banyak Sekali Saingan

Kita harus bisa mengukur diri, dan sadar diri. Apabila ada siswa satu angkatan dengan kita pilihan SNMPTN di prodi, jurusan , dan PTN yang sama serta dia lebih baik nilai nya daripada kita sebaiknya kita mundur dan cari prodi, jurusan, dan PTN lainnya. Karena tentunya kita akan tergeser dan gagal SNMPTN jika tetap nekad, maka kita harus bisa melihat saingan kita satu sekolah.

6. Tanya Ke Senior Dan Konsultasi ke Guru Anda

Hal ini penting dilakukan, khususnya tanya kepada senior dari sekolah anda yang diterima SNMPTN. Selain itu, juga bisa kepada guru yang sudah berpengalaman membimbing siswanya agar bisa lolos SNMPTN. Anda bisa mendapatkan informasi tips dan trik untuk bisa lolos SNMPTN
 

7. Bedoa

Setelah semua usaha telah dilakukan , maka kita hanyalah bisa berdoa semoga bisa lolos SNMPTN. Dengan berdoa ini bisa jadi kita menjadi orang beruntung yang ditetima SNMPTN. Maka dati itu , tetaplah optimis dan semangat pasti bisa diteri SNMPTN.
Semangat mengikuti SNMPTN 2018
Semoga anda salah satu siswa dan siswi yang diterima di SNMPTN 2018.
GOOD LUCK dan Semangat juga buat devi yulistiani hehehe…
Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *