Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Cara Membatalkan Transaksi / Cancel Pesanan di Tokopedia

Diposting pada

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Cara Membatalkan Pesanan dan Cancel Transaksi di Tokopedia yang Sudah terlanjur dibayar

Stok yang tidak tersedia, Barang tidak sesuai dengan deskripsi ataupun berubah pikiran adalah contoh dari beberapa alasan Pembeli untuk mebatalkan pesanan atau cancel transaksi di Tokopedia. Termasuk saya, baru saja saya berhasil membatalkan pesanan transaksi saya di tokopedia setelah saya melakukan pembayaran. Hal tersebut bukan tanpa alasan, saya hendak membeli sebuah jaket.

Namun karena keteledoran saya yang tidak bertanya terlebih dahulu kepada penjual apakah stoknya masih tersedia atau tidak, saya jadi harus mencari cara untuk membatalkan transaksi tersebut. Salahnya saya, saya baru bertanya kepada penjual setelah saya melakukan transfer uang melalui Indomart. Dan ketika transaksi berhasil, saya baru bertanya pada penjual apakah barang tersebut tersedia atau tidak? Penjual pun menjawab barang tersedia namun dengan warna yang berbeda.

Alhasil saya pun mengajukan pembatalan kepada Penjual (Pedagang) di Tokopedia tersebut. Untungnya sang pedagang berniat baik mau membatalkan pesanan saya. Kebayang kalo pedagangnya punya atitude yang baru bisa saja pertanyaan saya tidak dijawab dan penjual mengirim barang dengan warna yang berbeda dengan warna yang saya pesanan. Hal tersebut sering saya temui di ulasan-ulasan produk lain yang dijual di Toko Online. Banyak pembeli yang dirugikan karena pedagang memaksakan untuk mengirim barang jualan walaupun tidak sesuai dengan keinginan pembeli.

Kembali ke inti pembahasan, jika sobat sudah terlanjur membeli barang pesanan dan sudah melakukan transaksi (Pembayaran), saya akan coba bantu sobat untuk bisa membatalkan transaksi tersebut. Namun perlu diketahui bahwa Pedagang di Tokopedia mempunyai hak untuk menolak pembatalan transaksi dengan alasan apapun. Jadi saran saya sebelum sobat mengajukan Pembatalan transaksi, sobat coba chat dulu ke penjual atau ke pedagang tersebut dan bilang baik-baik ingin membatalkan transaksi barang yang sudah sobat pesan.

 

Perlu diketahui, pengajuan pembatalan di tokopedia baru tersedia setelah 6 jam terhitung dari waktu sobat melakukan transaksi pembayaran untuk produk yang sebelumnya ingin sobat beli. Tombol Pengajuan pembatalan tersebut akan hilang apabila pedagang sudah memproses barang yang sobat pesan atau jika sobat telah mengajukan pembatalan.

Berikut Cara Membatalkan Transaksi / Cancel Pesanan di Tokopedia :

Cara Membatalkan Transaksi / Cancel Pesanan di Tokopedia melalui PC

  1. Klik Icon Icon Pesan Tokopedia di bagian atas halaman Beranda Tokopedia
  2. Pilih Tab Status Pemesanan.
  3. Klik Ajukan Pembatalan pada item Icon Pesan Tokopedia yang ingin sobat batalkan transaksinya.
  4. Selanjutnya, tuliskan alasan pembatalan sobat, contohnya : “Stok Tidak Tersedia“, dsb.
  5. Jika sudah, klik Ajukan.
  6. Setelah itu, pengajuan sobat akan dikirimkan ke pedagang, dan apabila pedagang setuju dengan alasan pembatalan yang sobat ajukan maka Pesanan sobat berhasil dibatalkan dan Uang yang sudah sobat transfer akan dikirim ke Toko Cash di akun Tokopedia sobat.

Cara Membatalkan Transaksi / Cancel Pesanan di Tokopedia melalui Aplikasi Mobile

  1. Klik Icon Icon Menu Tokopedia di bagian kiri atas Aplikasi Tokopedia.
  2. Scroll ke bawah, klik Pembelian dan pilih Status Pemesanan.
  3. Klik Ajukan Pembatalan pada Barang yang ingin sobat cancel transaksinya.
  4. Seperti biasa, isi alasan sobat mengapa ingin membatalkan transaksi tersebut lalu klik Ajukan.
  5. Setelah itu, pengajuan sobat akan dikirimkan ke pedagang, dan apabila pedagang setuju dengan alasan pembatalan yang sobat ajukan maka Pesanan sobat berhasil dibatalkan dan Uang yang sudah sobat transfer akan dikirim ke Toko Cash di akun Tokopedia sobat.

Saya kira cukup sampai disini. Sampai saat ini saya belum pernah mencoba membatalkan transaksi barang yang sudah terlanjur diproses oleh Pedagang di Tokopedia. Karena biasanya apabila barang pesanan sudah diproses, barang tersebut sudah siap dikirim ke alamat pembeli sehingga kecil kemungkinan untuk dapat dicancel oleh pembeli.

Semoga bermanfaat sobat!

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.