Cara Memilih Domain Blog yang Baik untuk SEO

Diposting pada

Kembali pada hari itu, jauh kembali, domain situs web Anda dapat berdampak besar pada peringkat situs Anda. Itu berubah beberapa tahun yang lalu (2012 tepatnya) ketika Google ingin menyingkirkan situs web yang mungkin memiliki nama domain yang bagus tetapi sangat sedikit “substansi”.

Exact Match Domains (EMD) adalah tempat masalah dimulai. Bisnis pada dasarnya akan membeli domain kata kunci untuk peringkat untuk kata kunci tertentu. Dan EMD sudah cukup bagi mereka untuk peringkat: mereka hampir tidak fokus pada konten berkualitas dan relevansi (dua hal yang sangat penting untuk SEO saat ini). Strategi itu tidak lagi berfungsi.

Itu tidak berarti bahwa nama domain tidak lagi memengaruhi SEO. Mereka masih melakukannya (dan penelitian telah membuktikan hal itu), tetapi bagaimana caranya?

Mari kita cari tahu.

Bagaimana Nama Domain Mempengaruhi SEO

Ada banyak perubahan pada SEO, terutama dari mesin pencari terbesar: Google. Namun satu hal yang belum berubah, tetapi lebih ditekankan adalah konten berkualitas asli, relevansi, dan selalu selaras dengan praktik terbaik mesin telusur. Komponen ini adalah nama domain Anda – ini unik, hanya Anda yang bisa memilikinya.

Meskipun mungkin tidak langsung memengaruhi peringkat Anda lagi, nama domain yang bagus akan memberi Anda lebih banyak pengenalan merek, kepercayaan, dan rasio klik-tayang (RKT) yang lebih tinggi.

Namun, definisi nama domain yang bagus telah berubah, setidaknya menurut Google. Kami melihat ini dalam cara mesin telusur memperlakukan jenis domain tertentu.

Exact Match Domains (EMD)

EMD adalah nama domain yang menyertakan frase kata kunci. Misalnya, katakanlah Anda menjual produk-produk rambut dan ingin mendapat peringkat untuk “produk-produk rambut berkualitas.” EMD yang kemungkinan besar akan Anda gunakan adalah qualityhairproducts.com. Hanya membeli domain itu akan memberi Anda peringkat halaman pertama beberapa waktu lalu.

Ya! Anda tidak akan membutuhkan konten asli atau tautan balik. Anda hanya akan peringkat untuk itu dengan nama domain Anda. Itu semua berubah setelah Google merilis Pembaruan Domain Sesuai Tepat.

Pembaruan pada dasarnya membuat EMD usang dalam peringkat mesin pencari. Bahkan, sebuah studi oleh High Position menunjukkan bahwa rata-rata peringkat EMD pergi dari posisi 13,4 hingga 26,6 (yikes!) Setelah pembaruan Google. Rata-rata 10 EMD teratas juga turun dalam peringkat: dari 3,2 menjadi 11,9. Jadi sekarang kita tahu bahwa memilih domain pencocokan tepat di 2017 cukup tidak berarti, bahkan ide yang buruk.

Jadi bagaimana seharusnya Anda memutuskan nama domain untuk memaksimalkan SEO? Anda hanya perlu melakukan dua hal: pilih nama merek yang mudah diingat (untuk membuat nama domain Anda) dan pilih ekstensi .com.

Mari kita bahas lebih detail.

Nama Merek Anda Harus Nama Domain Anda

Kita semua bisa sepakat bahwa merek Anda penting. Nama merek Anda adalah cara pelanggan mengenali dan menemukan Anda di mesin telusur dan platform media sosial. Jadi pikirkan nama domain Anda sebagai pijakan merek online Anda.

Bahkan, semakin banyak pelanggan yang menggunakan nama merek Anda untuk mencari Anda secara online, semakin SEO dan peringkat Anda akan meningkat. Ini disebut sebagai pensinyalan merek (referensi apa pun dari bisnis Anda secara online). Matt Cutts, mantan Kepala Spam Web di Google, mengklaim bahwa Google “benar-benar datang dengan seorang pengklasifikasi untuk mengatakan, oke, IRS atau Wikipedia atau New York Times berakhir di sisi ini, dan situs berkualitas rendah sudah berakhir di sisi ini. . ”

Itu benar, Google sekarang lebih peduli tentang merek untuk SEO daripada tentang kata kunci dan tautan. Karena itu, menggunakan nama merek Anda lebih penting daripada kata kunci. Anda mungkin sedang menggaruk kepala pada titik ini, bertanya-tanya bagaimana Google akan mengaitkan merek Anda dengan kata kunci tertentu …

Nah, Google akan mengaitkan kata kunci dengan merek Anda saat merek Anda menjadi lebih populer; dan saat Anda memproduksi konten yang lebih relevan dan berkualitas tinggi. Mari kita lihat Bitly sebagai contoh. Ini adalah penyingkat URL dan platform manajemen tautan namun nama merek mereka tidak cocok dengan kata kunci tersebut. Namun peringkat di bagian atas untuk kata kunci tersebut di Google.

Itu karena popularitasnya. Selama orang-orang mengenalinya dan mencarinya, Google akan mengukur sinyal merek tersebut dan memberi peringkat sesuai dengan itu. Untuk alasan ini, penting untuk memiliki nama merek yang mudah diingat dan akibatnya, nama domain yang mudah diingat.

Jangan khawatir jika nama merek Anda mengandung kata kunci, atau dengan kata lain, adalah PMD (domain pencocokan parsial). Itu karena Google hanya mencari situs spam dengan EMD dan PMD – masalah sebenarnya bukan kata kunci, melainkan konten dan kualitas situs. PMD atau EMD dengan pengalaman pengguna yang buruk dan konten berkualitas rendah akan mengalami penurunan peringkat yang curam. Padahal, PMD atau EMD dengan pengalaman dan konten pengguna yang luar biasa tidak akan terlalu terpengaruh.

Namun, jika Anda baru memulai, Anda harus pergi dengan domain nama merek yang mudah diingat dan menghindari penggunaan kata kunci.

Pilih untuk ekstensi .com

Anda mungkin sudah tahu bahwa .com adalah ekstensi domain paling populer. Itu karena sebagian besar ekstensi domain lain seperti .biz dan .us dilihat sebagai spam. Meskipun memilihnya mungkin tidak berdampak langsung pada peringkat Anda, Anda dapat dilihat sebagai situs berpangkat rendah yang dapat memengaruhi SEO Anda.

.com adalah pilihan yang paling nyaman dan paling aman untuk digunakan. Jika ragu, lakukan dengan itu.

Tips Memilih Nama Domain Sempurna

Sekarang mari kita rangkum dan membahas kiat tentang memilih nama domain terbaik:

  •     Gunakan nama merek Anda
  •     Jangan gunakan domain kecocokan tepat. Domain pertandingan parsial OK tapi nama merek selalu lebih efektif
  •     Pilih ekstensi .com
  •     Buat itu mudah diingat sehingga pengguna dapat dengan mudah mengingatnya
  •     Singkatnya, paling banyak 15 karakter
  •     Hindari angka, tanda hubung, dan karakter khusus
  •     Hindari kata-kata yang salah eja dengan sengaja. Itu tidak boleh untuk pencitraan merek
  •     Buat mudah dieja

Penutup

Kami harap Anda sekarang memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana nama domain memengaruhi SEO di tahun 2017. Jika Anda memulai bisnis baru atau mengubah ke nama domain yang lebih baik, kiat di atas akan membantu Anda memilih yang terbaik untuk bisnis Anda.

Ingat: Selama Anda memiliki konten hebat dan strategi SEO yang bagus, nama domain yang kuat dan unik dapat memberi peringkat lebih tinggi. Pilih satu dengan bijak, gunakan dengan benar dan mulai menuai nilainya.

Beri Nilai Artikel ini : 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Loading...

Artikel Serupa:

Share This :
Gambar Gravatar
Blogging isn't about Publishing as much as you can, It's about Publishing as smart as you can.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *