Sleeping disorder or insomnia concept, selective focus of vintage clock in bedroom and out of focus male person trying to fall asleep in bed

Cara Mengobati dan Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Diposting pada

Tidur adalah kebutuhan mendasar bagi manusia yang harus dicukupi. Namun tidak sedikit orang justru mengalami genjala kesulitan untuk tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Jika terus dibiarkan tentu hal ini akan membahayakan bagi tubuh kita sendiri. Mengingat tidur adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi manusia.

Gejala umum insomnia biasanya berupa susah tidur, memiliki kualitas tidur yang kurang baik seperti ketika bangun ditengah malam lalu tidak bisa tidur kembali, merasa lelah dan tidak bisa berkonsentrasi pada saat beraktivitas karena tidak bisa tidur dengan baik serta uring-uringan dan meskipun merasa lelah, tetap tidak bisa tidur siang.

Sleeping disorder or insomnia concept, selective focus of vintage clock in bedroom and out of focus male person trying to fall asleep in bed

Sebelum mengobati insomnia, kita perlu tahu apa penyebab dari insomnia itu sendiri. Faktor penyebab insomnia bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup yang kurang baik, gangguang psikologi, masalah kesehatan fisik dan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi sebelumnya.

Lalu bagaimana cara mengobati insomnia? Berikut beberapa tips untuk mengoba insomnia:

  1. Ubah Gaya Hidup yang Kurang Baik

Merokok merupakan salah satu gaya hidup yang tidak baik dan dapat menyebabkan insomnia. Hal ini karena kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat membuat susah tidur. Jadi, salah satu cara untuk mengobati insomnia adalah dengan berhenti merokok.

 

  1. Aturlah Pola Tidur yang Teratur

Waktu tidur yang berubah-ubah menjadi pemicu insomnia, hal ini karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi untuk mengatur metobolisme tubuh, siklus tidur dan bangun tidur. Biasanya hal ini terjadi pada seseorang yang jam kerjanya sering berubah-ubah, mereka sangat rentan terkena insomnia. Cara mengatasinya adalah dengan mengatur pola tidur agar tetap teratur, serta bangun dan tidur pada waktu yang sudah ditetapkan. Biasakanlah tidur ketika sudah merasa lelah dan hindari tidur siang terlalu lama, hal ini juga bisa membantu mengembalikan pola tidur kita agar tetap teratur.

 

  1. Tidurlah Senyaman Mungkin

Suasana kamar yang sehat dengan kasur yang rapi, bersih, tidak ada sampah berserakan, tidak ada aroma yang tidak sedap akan membuat kita lebih mudah tidur dengan nyaman. Mengatur penerangan agar tidak mengganggu ketika tidur dan mengatur suhu kamar pun bisa membuat kita nyaman untuk tidur.

 

  1. Hentikan Mengonsumsi Makanan yang Kurang Baik

Dianjurkan untuk tidak mengonsumi makanan atau minuman yang mengandung kafein, karena menurut suatu studi, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 mg kafein enam jam sebelum tidur akan memengaruhi kualitas tidur. Hal ini disampaikan dalam Journal of Clinical Sleep Medecine.

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.