Perguruan Tinggi Negeri yang Menyediakan Pendaftaran Melalui Jalur Prestasi Tanpa Tes

Diposting pada

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi sebuah incaran bagi para calon mahasiswa baru (camaba). Ditambah dengan statusnya sebagai sebuah PTN favorit membuat banyak camaba begitu antusias untuk mendaftar. Namun hal ini juga yang menjadi tantangan tersendiri bagi para camaba, melihat persaingan yang sangat ketat saat melalui SNMPTN, SBMPTN atau pun jalur masuk PTN lainnya membuat banyak orang menjadi pesimis untuk bisa masuk ke PTN favorit tersebut. Padahal perlu kamu ketahui, ada banyak PTN bergengsi yang menyediakan jalur prestasi untuk para camaba yang selama sekolahnya aktif dalam mengikuti berbagai kejuaraan atau pernah menjuarai perlombaan.

Dengan bermodalkan sertifikat prestasi selama SMA/Sederajat tentunya kamu bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ini melalui jalur mandiri prestasi tanpa melalui tes terlebih dahulu. Apa sajakah Perguruan Tinggi Negeri itu? Simak ulasannya berikut ini.

 

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta menyediakan jalur mandiri prestasi bagi para camaba yang memiliki pretasi di bidang akademik mau pun non akademik bagi lulusan tahun 2016-2018. Selain itu, bagi kamu yang memiliki hapalan Al-Qur’an juga bisa mendaftar di universitas ini, pun tanpa melalui tes terlebih dahulu. Pendaftaran dibuka mulai pada tanggal 2 Juni – 29 Juni 2018.

 

  1. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Saat ini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyediakan jalur mandiri prestasi untuk para camaba lulusan tahun 2017-2018 yang memiliki prestasi di bidang akademik mau pun non akademik. Pendafaran dibuka mulai pada tanggal 18 April – 13 Juli 2018.

 

  1. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang menyedikan jalur mandiri prestasi untuk para camaba yang memiliki prestasi serendah-rendahnya juara 1 ditingkat kabupaten/kota, juara 1, 2 dan 3 ditingkat nasional dalam bidang seni, olahraga, olimpiade dan lain sebagainya. Atau bagi kamu yang memiliki kemampuan khusus seperti tahfidz (hapalan Al-Qur’an) atau penemuan teknologi juga bisa ikut serta dalam jalur mandiri prestasi di UNNES. Pendafataran dibuka mulai pada tanggal 1 Februari – April 2018

 

  1. Universitas Negeri Malang

Bagi kamu yang memiliki prestasi di bidang olahraga, MTQ, kesenian hingga penalaran, Universitas Negeri Malang membuka peluang yang seluas-luasnya melalui jalur mandiri prestasi yang dibukanya. Tentunya dengan menyertakan sertifikat juara serendah-rendanya tingkat sekolah. Selain itu untuk kamu yang berprestasi di bidang akademik bisa juga dengan menyertakan nilai raport dan surat keterangan bukti peraih peringkat 1, 2 dan 3 di sekolah.

Camaba bisa memilih berbagai jurusan di program vokasi (diploma) yang sesuai dengan minat dan asal jurusan saat SMA/Sederajat. Pendafatran sudah mulai dibuka dan akan berakhir pada tanggal 20 April 2018.

 

  1. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta menyediakan jalur mandiri prestasi bagi para camaba yang memiliki prestasi minimal juara 3 tingkat nasional di bidang olahraga, seni, sastra, saintek, sosial humaniora. Selain itu, bagi para camaba yang memiliki hapalan Al-Qur’an 15 Juz juga bisa mendaftar di jalur mandiri prestasi Universitas Negeri Jakarta ini. Pendaftaran dibuka mulai pada tanggal 17 April – 30 Mei 2018.

Itulah beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang menyediakan pendaftaran melalui jalur prestasi tanpa tes. Jangan lupa untuk mencatat tanggal pendaftarannya, ya. Ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki segudang prestasi di bidang akademik mau pun non akademik. Selain itu, hal ini juga akan membuat kamu lebih optimis untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri karena tidak perlu melalui serangkaian tes. Selamat berjuang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.