Kuliah Sambil Kerja

Tips Sukses Berani Kuliah Sambil Kerja

Diposting pada

Pendidikan adalah manifestasi besar bagi sebuah bangsa, di pundak generasi yang berpendidikanlah sebuah bangsa dapat dipertaruhkan. Bukan hanya penting bagi sebuah bangsa, pendidikan pun menjadi sebuah pondasi bagi setiap individu, karena dengan ilmu kita bisa mengetahui kehidupan yang sebenarnya. Namun yang terjadi adalah banyak rintangan menghadang ketika akan melanjutkan pendidikan. Salah satunya adalah masalah ekonomi yang memaksa seseorang harus lebih memilih untuk bekerja terlebih dahulu.

Inilah yang sering membuat siswa-siswi SMA yang akan lulus menjadi kebingungan. Tidak melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, melainkan langsung memasuki dunia kerja disebabkan karena masalah ekonomi.

Namun istilah pendidikan itu penting tidak bisa dikesampingkan. Meskipun sudah bekerja sekalipun, pendidikan tetap yang utama. Itu bukan berarti kita dipaksa harus memilih satu diantara keduanya. Jika kita bisa melakukan keduanya, kenapa tidak? Dan kelas karyawan adalah jawabannya.

Meskipun begitu itu bukan berarti akan terjadi dengan mudah. Jika biasanya kita hanya perlu berpikir bagaimana menyelesaikan tugas di pekerjaan dengan baik, namun ketika memutuskan untuk kuliah, kita tentu akan membagi pikiran antara menyelesaikan tugas di pekerjaan dengan tugas kuliah. Keduanya harus diselesaikan dengan sebaikmungkin. Berikut adalah beberapa tips untuk sukses kuliah sambil bekerja.

  1. Pastikan Bahwa Pihak Perusahaan Tahu Bahwa Kita Sedang Kuliah

Ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Walau bagaimana pun kita masih terikat kontrak pada sebuah perusahaan sebelum memutuskan untuk kuliah. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengkomunikasikan semuanya pada perusahaan. Dengan mengkomunikasikan hal ini pada atasan atau langsung ke bagian kepegawaian (HRD), ada keuntungan tersendiri. Kita akan mendapatkan dukungan dari perusahaan dan bisa jadi dukungan itu dalam bentuk pembiayaan kuliah atau semisalnya.

 

Perusahaan akan mengeluarkan kompensasi, kebanyakan dalam bentuk penambahan kontrak kerja atau semisalnya. Hal ini pada dasarnya sangat wajar sebagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.

 

  1. Atur Waktu Semaksimal Mungkin

Atur waktu semaksimal mungkin agar jadwal kuliah dan jam kerja tidak saling bertabrakan, karena kita harus bisa menyelaraskan keduanya dan jangan sampai mengacaukan semuanya atau satu diantara keduanya. Pilihlah kampus yang bisa menyesuaikan dengan jadwal kerja, seperti misalnya pembelajaran kuliah dilakukan pada malam hari atau semisalnya. Jika memang ada jadwal yang bertabrakan, segera komunikasikan pada pihak yang terkait.

 

  1. Pertimbangkan Biaya Kuliah

Selain dua hal di atas, biaya kuliah pun menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan. Atur pengeluaran sebaikmungkin, jangan terlalu banyak membeli hal yang tidak terlalu penting. Hal itu kemungkinan besar akan menyebabkan kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah jadi terbengkalai. Ada pun baiknya jika kita mendapatkan beasiswa dari perusahaan atau dukungan finansial.

 

  1. Pilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Profesi

Hal ini menjadi kemungkinan besar bagi kita untuk mendapatkan dukungan dari perusahaan ketika kita memilih jurusan yang linear dengan profesi saat ini. Apalagi jika perusahaan melihat potensi yang dimiliki oleh diri kita, hal ini bisa menjadi dukungan dalam pengembangan karier.

 

  1. Pastikan Diri Benar-benar Siap

Setelah mengetahui tantangan kuliah sambil bekerja itu seperti apa, seharusnya kita mempunyai pandangan lebih tentang apa yang seharusnya dilakukan. Salah satu yang paling penting adalah memastikan diri agar benar-benar siap dengan segala hal. Menjaga performa kerja agar tetap stabil, menjaga kesehatan agar dapat mengerjakan seluruh aktivitas dan menyelesaikan tugas-tugas kuliah dengan baik. Hal ini ada kaitannya dengan pengaturan waktu kita selama kuliah sambil bekerja.

 

Itulah beberapa tips untuk sukses kuliah sambil bekerja. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita bisa berusaha. Jangan terlalu memfokuskan diri pada hasil tapi berusahalah semaksimal mungkin. Selamat berjuang!

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.